Yuk Ketahui Apa Itu Facebook Creator Studio dan Fiturnya!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Kalian mau mudah dalam mengelola content nan bakal dibagikan pada platform FB dan platform-platform lain nan terintegrasi di dalamnya? Pakai saja FB Creator Studio. Okay, tak usah pakai lama, langsung simak saja yuk tentang Yuk Ketahui Apa Itu FB Creator Studio dan Fiturnya!

Apa Itu FB Creator Studio?

Facebook Creator Studio merupakan tool nan dapat membantu agar lebih mudah dalam mengelola konten, seperti mengupload, mengecek performa konten, dan berinteraksi secara langsung dengan audiens.

Tool milik FB ini mempunyai tujuan pada pengelolaan konten video. Selain itu, memberi kemudahan bagi nan mau mengelola jenis konten lain, contohnya foto namalain tulisan.

Bingung? Gini. FB juga mempunyai tool Social Media Management (SMM) nan berjulukan FB Business Suite. Perbedaannya adalah FB Business Suite dapat digunakan untuk memasang iklan. Sedangkan Creator Studio peruntukannya untuk mengelola konten video.

Fitur Ciamik FB Creator Studio

Creator Studio FB mempunyai beragam fitur nan berfaedah nan dapat mengelola konten. Ada beberapa menu di FB nan dapat dipelajari dulu agar memudahkan dalam mengelola konten kalian, yaitu:

1. Content Library

Content library merupakan menu nan mempunyai fitur berisi kumpulan konten dari akun Facebook, baik nan sudah maupun nan belum dipublikasikan. Ada beragam info nan bisa dicek pada laman ini, seperti status konten, tanggal upload, pengupload konten sampai jumlah impresi, dan engagement. Selain itu, juga dapat memilih tanggal spesifik konten.

2. Posts dan Posts Timeline

Fitur Posts dan Posts Timeline ada di dalam menu Content Library. Posts dan Posts Timeline dapat menampilkan konten nan ada pada Halaman Facebook. Posts menyediakan konten pada tampilan administrator, sedangkan Posts Timeline menyuguhkan konten dari sisi audiens namalain user.

3. Post Testing

Salah satu langkah untuk mengukur suatu keefektifitasan postingan adalah dengan A/B Testing. Cara marketing ini telah didukung oleh Facebook, adalah dengan disediakannya fitur Post Testing. Jadi, kalian dapat memanfaatkan menu nan ada pada Content Library ini agar dapat melakukan percobaan serta menemukan rumus nan tepat agar konten dapat memancing engagement.

4. Videos You Can Crosspost

Fitur Videos You Can Crosspost membantu dalam satu video agar dapat disebar namalain digunakan ulang pada laman lain selama memang tetap dikelola pada satu pihak nan sama. Keunggulan lain adalah video nan di-crosspost juga dapat digunakan di lain waktu tanpa perlu untuk upload ulang.

Selain tidak perlu melakukan upload berulang kali, kalian juga dapat mengetahui hasil performa keseluruhan video pada setiap kali ditayangkan. Hasilnya, performa nan diperoleh hanya dari satu video. Fitur ini diluncurkan lantaran banyak pemilik FB Page nan mau mengunggah satu video pada laman berbeda.

5. Playlists dan Series

Menu playlists dan series mempunyai kegunaan nan kurang lebih sama, loh. Playlist berfaedah untuk menampung kumpulan video sejenis nan kalian miliki. Series juga dapat digunakan dalam meletakan kumpulan video nan bekerlapan namalain bersambung pada satu laman agar visitor lebih mudah untuk menemukan video sebelumnya.

6. Clips

Clips merupakan fitur nan disediakan guna membantu seorang content creator saat membikin video streaming namalain sebuah perusahaan membikin webinar, lama nan digunakan sangat panjang. Rtujuannya agar dapat memancing lebih banyak penonton dengan langkah memanfaatkan fitur Klip namalain Clips dari FB Creator Studio ini.

Menu Clips juga dapat digunakan untuk mengelola potongan-potongan highlight nan menarik dari video nan panjang. Setelah diupload, kalian dapat mengecek jumlah tayangan, shares, respon, dan komentar nan dapat digunakan sebagai bahan untuk evaluasi.

7. Instant Articles

Anyway, Instant Articles menyuguhkan tulisan nan dibuat secara singkat. Tujuannya agar pesan nan mau disampaikan oleh sebuah Page menjadi lebih mudah untuk dipahami dan juga lebih sigap oleh audiens lantaran lebih singkat dibanding satu tulisan penuh.

Selain menyampaikan pesan tertentu, kalian juga dapat monetisasi Instant Articles. Ingin lebih tahu selengkapnya? Silakan kalian bisa mempelajari lebih banyak dari laman Pusat Bantuan Facebook.

8. Insights

Insights ini mempunyai untung agar dapat membagi info menjadi empat sections (bagian), adalah Pages, Videos, Stories, dan Instant Articles agar info tidak dapat tercampur. Pada bagian Pages ini, kalian dapat memandang performa dari keseluruhan laman FB nan dikelola.

Selanjutnya, pada bagian Videos, kalian bisa mengecek info secara lebih komplit mengenai konten video nan kalian unggah, seperti performa, benchmarking (perbandingan), loyalty, serta retensi. 

Selain itu, ada info tentang perfoma konten pada bagian Stories. Terakhir, ada Instant Articles nan menampilkan  informasi, seperti CTA, performa artikel, serta Revenue Lift jika sudah mengaktifkan monetisasi.

9. Inbox+

Di Inbox+, kalian dapat berinteraksi secara langsung dengan audiens nan ada di FB dan IG sekaligus. Sebab, menu ini bisa menampilkan Direct Messages (DM) dari kedua platform. Selain itu, kalian juga bisa mendapat pemberitahuan dari komentar pada setiap konten nan diupload, baik di Halaman FB maupun di akun Instagram.

10. Monetization

Bagi nan mau mengaktifkan fitur Monetization alias Monetisasi, kalian kudu melewati beberapa proses agar dapat dianggap layak (eligible) oleh Facebook. Menu ini mempunyai beberapa bagian nan berfaedah dalam pengelolaan brand dan monetisasi Halaman Facebook, contohnya Bonus serta Brand Collabs Manager nan memuat tentang pengaturan mengenai branding FB Page kalian.

11. Live Dashboard

Menu Live Dashboard terletak di Creative Tools. Live Dashboard berfaedah jika kalian sering mengadakan streaming secara langsung (live streaming) di Facebook. Ada beberapa menu nan dapat digunakan dalam menunjang kebutuhan live streaming, seperti menentukan agenda live streaming, mencatat engagement dengan Followers alias Komunitas, dan dashboard untuk Moderator.

Oia, Live Dashboard juga bisa digunakan untuk mengelola Halaman FB bagi kreator gaming. Sebab, salah satu menu Creator Studio FB ini mempunyai fitur unik bagi para streamer, contohnya Event Tournament dan juga section Achievement. Kalem, kalian tetap bisa menggunakan menu ini jika mau berinteraksi secara langsung dengan followers melalui tayangan live.

12. Sound Collection

Di dalam fitur Creative Tools ada menu Sound Collection nan memuat lagu namalain musik nan dapat digunakan oleh para content creators. Sound Collection ini bisa menampung sekitar 10 ribu lagu dan juga pengaruh bunyi nan bisa digunakan secara gratis. Selain itu, kalian juga dimudahkan  dengan adanya filter berasas genre, mood, durasi, sampai tempo untuk memilih lagu dan pengaruh bunyi nan cocok.

13. IG Content Management

Terakhir, IG Content Management nan berfaedah saat laman pengelolaan konten unik untuk IG nan ada di laman nan sama. Kalian cukup klik logo IG nan ada pada bagian atas halaman, sebelah logo Facebook. Lalu menyambungkan FB Page dengan IG kemudian konten dapat dikelola dari kedua platform, ialah melalui FB Creator Studio.

Apakah Kalian Tertarik Untuk Menggunakan FB Creator Studio?

Facebook Creator Studio disebut mirip dengan YouTube Studio lantaran fitur-fiturnya. Hanya saja, tentunya FB Creator Studio mempunyai fitur nan lebih komplit lantaran didukung dengan pengguna nan juga aktif dalam berinteraksi. Sehingga, dapat juga mengelola brand image nan dibangun di FB Page.

Semoga berfaedah 🙂

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno kincaimedia
Kabar Tekno kincaimedia