Wartawan dijegal saat meliput pelantikan pejabat Bandung Barat, begini katanya

Sedang Trending 5 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Bandung Barat | SekitarKita.id,- Dipenghujung akhir tahun 2023, Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat, Arsan Latif melantik pejabat dilingkungan pemerintah wilayah (Pemda) Bandung Barat, pada Jumat 29 Desember 2023.

Pelantikan kali ini sedikit berbeda, pasalnya, sejumlah wartawan dilarang melakukan peliputan aktivitas pelantikan di lantai 3 Gedung Bupati, Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Awak media sedianya melakukan peliputan aktivitas pelantikan pejabat, pada pukul 13:00 WIB. Kendati itu, seluruh gerbang masuk gedung bupati dijaga ketat oleh petugas keamanan. Mereka melarang masuk puluhan wartawan dengan argumen perintah atasan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Tidak bisa (masuk) pak, ini sudah perintah atasan. Mohon maaf,” kata salah seorang petugas keamanan gedung.

 Abdul Kholilulloh)Pengamanan ketat di gedung Bupati saat pelantikan pejabat Bandung Barat, sejumlah awak media dilarang meliput (foto: Abdul Kholilulloh)

Pada pukul 16:00 WIB, beberapa wartawan mencoba memaksa masuk, namun tetap dijegal oleh petugas keamanan. Dalam kesempatan itu awak media sempat beradu argumen dan terlibat cekcok, namun sempat direlai.

Akhirnya, salah seorang petugas keamanan berjulukan Abdurrahman mendatangi awak media dan menjelaskan bahwa larangan masuk telah diinstruksikan oleh Sekpri Pj Bupati Bandung Barat.

“Ini sebagai upaya sterilisasi petunjuk pemimpin ialah Sekpri Pj Bupati, bapak Angga,” ujarnya.

Setelah melakukan negosiasi cukup alot, akhirnya awak media diizinkan masuk ke gedung bupati, namun wartawan tetap tidak diizinkan mengambil gambar ke letak pelantikan.

 Abdul Kholilulloh)Pemda Bandung Barat hanya menyediakan layar zoom metting (foto: Abdul Kholilulloh)

Pemda hanya menyediakan layar selebar 40 inci tanpa ada suara. Dengan akomodasi zoom metting dan mendengarkan Pj Bupati melantik pejabat di lantai 2.

Menanggapi perihal itu, Pj Bupati Bandung Arsan Latif membantah melakukan pelarangan liputan pada aktivitas pelantikan. Ia memberi saran agar wartawan meminta gambar dan video aktivitas pelantikan dari tim humas.

“Gak ada pelarangan peliputan, gambar kelak ambil semua. Untuk jelasnya silahkan tanya pak sekda,” papar Arsan Latif.

Disisi lain, Sekda Bandung Barat Ade Zakir mengatakan letak pelantikan sengaja tak boleh dihadiri wartawan agar ada nuansa sakral. Untuk pelarangan masuk, Ia memastikan itu hanya miskomunikasi.

“Jadi kita diarahkan BKN, untuk nuansa sakral jadi kita diarahkan seperti ini. Kalau tadi gak bisa masuk, mungkin itu salah informasi. Kita siapkan layar, gak usah diperpanjang,” tandas Ade.

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita