Ulasan Singkat Lenovo Yoga Tab 3 8″ Slate

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Lenovo Yoga 3 8″ Slate menjadi salah satu tablet unik nan mempunyai kick stand langsung. Bentuk silinder dibagian bawah memberikan pegangan nan nyaman saat dipegang pada satu sisi tablet, sekaligus memberikan ruang bagi baterai dengan kapabilitas lebih besar serta engsel nan bisa menopang layar untuk penggunaan handsfree. Berikut adalah ulasan singkat untuk Lenovo Yoga Tab 3 8″ Slate

Kamera
Lenovo telah meningkatkan Yoga Tab 3 Slate dengan terintegrasi kamera. Tentu saja bukan dua sensor kamera dibagian depan dan belakang, namun sebuah kamera dengan engsel nan bisa berputar 180 derajat. Bila tablet diposisikan horisontal, aplikasi kamera otomatis berorientasi live view maupun ketika Anda memutar dari depan kebelakang, sehingga Anda bisa langsung menggunakannya dengan langkah nan sesuai.

Selain itu, kualitas gambar menjadi jauh lebih baik dibandingkan Tablet pada umumnya kamera depan, lantaran menggunakan kamera utama dengan sensor 8-megapixel. Bahkan ketajaman gambar dan level perincian cukup baik untuk sebuah tablet dengan nilai tidak terlalu mahal, dengan menghasilkan tekstur sempurna untuk gambar nan diambil dari luar ruangan dalam kondisi cuaca cerah.

Namun jika bergerak kedalam ruangan, kamera perlu lebih banyak sinar untuk memperoleh gambar bebas noise. Warna nan dihasilkan tetap cukup jeli meski hasilnya tidak terlalu mengesankan. Dalam keadaan darurat kamera Lenovo Yoga Tab 3 Slate tetap bisa diandalkan, namun tentu saja bukan sebagai pengganti kamera smartphone kamu.

Layar
Foto dan video tampil cerah dan penuh warna pada layar 8 inci, meski tes objektif mengungkapkan, Lenovo menggunakan panel berbobot standar pada Yoga Tab 3 Slate. Kecerahan maksium 368.2cd/m2 cukup baik untuk bisa memandang layar tablet dengan nyaman baik didalam maupun luar ruangan.

Sudut pandang juga sangat baik, namun layar nan mengkilap kemungkinan bisa menjadi masalah jika terkena pantulan cahaya. Resolusi nan hanya 1280×800 membikin kerapatan piksel hanya 189ppi, sehingga tidak perlu mendekatkan layar ke mata untuk bisa memandang masing-masing piksel. Ini juga bisa membikin teks dengan ukuran sangat mini menjadi terlihat kuning dan agak susah terbaca.

Performa
Resolusi layar nan tidak tinggi rupanya cukup membantu dari sisi kinerja, lantaran prosesor dan GPU bekerja tidak sekeras ketika mereka menunjang layar Full HD. Prosesor quad core 1.3GHz Qualcomm Snapdragon 212 nan berpasangan dengan RAM 1GB, cukup sukses membikin aplikasi terbuka dengan sigap tanpa sekalipun terjadi lag.

Geekbench 3 single dan multi-threaded benchmark memberikan nilai cukup baik namun tidak terlalu mengesankan, masing-masing 315 dan 1105, ini menegaskan Yoga Tab 3 Slate sangat mumpuni digunakan untuk tugas ringan dan digunakan secara tunggal, bukan untuk aplikasi nan menguras tenaga. Sementara GPU Adreno 304 bisa menangani game 3D dengan lancar maupun memutar klip video HD apapun tanpa masalah. Namun hasil dari benchmark GPU tidak terlalu memuaskan hanya meraih skor 244.1 (4fps) onscreen dan 113.5 (2fps) offscreen dengan GFX Bench 3 Manhattan.

Software
Skin Android Lenovo mengambil bagian terbaik dari Android 5.1 Lollipop dengan menambah beberapa kustom tambahan. Kemampuan menyesuaikan ukuran grid layar awal dan menyembunyikan label aplikasi tanpa kudu mengunduh sebuah peluncur kustom merupakan sentuhan menarik terutama ketika layar awal. Laci aplikasi dan tray notifikasi semua menggunakan layout default Material UI, apalagi ikon manage apps mirip dengan milik Android One.

Aplikasi Dolby Sound menjadi penambahan krusial dengan equalizer audio mode terpisah untuk film, game, musik dan suara. Aplikasi ini tidak bisa mengenali konten, sehingga Anda kudu mengubahnya secara manual dan Anda bakal merasakan bunyi nan lebih kuat sesuai konten nan Anda nikmati. Selain itu kualitas bunyi secara umum sangat baik dan dua speaker menghadap depan bisa menghasilkan audio kencang nan bisa terdengar dari seberang ruangan.

Desain
Sisi speaker tertata rapi pada dasar silinder nan membikin penampilan Yoga Tab 3 Slate tetap terlihat apik. Tentu saja lebih banyak material plastik nan digunakan, namun finishing soft-touch dibagian belakang menghasilkan banyak grip untuk pegangan nan lebih nyaman. Saat memegangnnya secara alami tangan berada pada stand logam, seolah-olah terasa seperti memegang perangkat premium. Silinder dibagian bawah mempunyai ketebalan 7 mm dan berat tablet sekitar 420g, cukup ringan untuk menahannya dengan satu tangan.

Ada cukup banyak untuk diisi beragam port, namun hanya terlihat audio jack 3.5mm dan port microUSB. Lenovo melengkapinya dengan card reader microSD dibawah kickstand, nan kompatibel dengan kapabilitas hingga 128GB. Sangat berfaedah untuk memperluas kapabilitas penyimpanan internal nan hanya tersisa 11GB untuk dapat diakses pengguna dari kapabilitas penuh 16GB.

Desain nan fungsional, speaker kualitas tinggi dan layar dengan resolusi nan lumayan, menjadikan Yoga Tab 3 8 Slate menjadi salah satu tablet nan layak Anda pertimbangkan. Penampilannya mungkin tidak seramping Asus ZenPad S, namun bentuknya nan unik membuatnya jauh lebih fleksibel, terutama saat mau menonton video alias bermain game secara handsfree.

Extra THR Social FB (1) copy (2)

Nah mau mempunyai Lenovo Yoga Tab 3 8″ Slate ini dengan nilai Rp 100 RIBU-an? Ikuti program THR Bhinneka berbareng Daily Social di sini >> http://www.bhinneka.com/aspx/products/extra-thr.aspx

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka