Ubuntu LTS Kini Didukung Selama 12 Tahun, Tapi….

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Sedikit kita telaah sistem operasi Linux dulu ya guys, lantaran sayapun sendiri adalah seorang pengguna linux, hehe. Nah baru baru ini Canonical mengumumkan bahwa general availibility dai legacy support unutk Ubuntu LTS bakal didukung selama 12 tahun.

Dukungan ini bakal dimulai dari Ubuntu LTS jenis 14.04, dimana untuk memanfaatkan support tambahan ini pengguna kudu menggunakan Ubuntu Pro dan membeli Add-on support nan baru.

Sayangnya, Canonical tidak memberikan rincian mengenai nilai add-on tersebut namun mereka meminta pengguna menghubungi untuk mengetahui info lebih lanjut. Dan bagi nan belum tahu, Ubuntu Pro sendiri adalah sebuah jenis opsional dengan jasa berbayar untuk bisnis, namun Ubuntu Pro sendiri juga bisa digunakan secara cuma-cuma untuk penggunaan pribadi di lima mesin berbeda.

Selain itu, jika Anda pengguna Ubuntu Pro, selama Anda tidak membeli Add-on baru, Anda tetap hanya bakal mendapatkan support selama 10 tahun.

“We’re thrilled to offer our customers additional years of security maintenance and support for Ubuntu LTS releases. Drawing on 20 years of excellence in open source, Canonical delivers expert security maintenance and support for customers around the world.

With Legacy Support, we empower organisations to navigate their operational needs and investments into open source with confidence, ensuring their systems remain available, secure, and supported for many years to come.”

Dukungan Ini Dimaksudkan Untuk Perusahaan

Nah meskipun kesiapan Add-on ini merupakan perihal nan bagus, namun ini ditujukan untk perusahaan / upaya nan tetap mau tetap menggunakan jenis tertentu dari Ubuntu LTS.

Sementara untuk pengguna biasa, perihal ini tidak terlalu berpengaruh apalagi jika pengguna selalu meningkatkan sistem mereka ke jenis LTS baru setiap 3 namalain lima tahun untuk memastikan support aplikasi dan package baru.

Nah dengan support add-on ini semua jenis LTS mulai 14.04 bakal mendapatkan 12 tahun support dari Canonical, sebagai contoh Ubuntu 22.04 LTS bakal didukung hingga tahun 2027 untuk pengguna Ubuntu LTS biasa, namun untuk pengguna Pro bakal didukung hingga 2032 dengan tambahan 2 tahun extra jika membeli Add-on.

Via : Ubuntu

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno kincaimedia
Kabar Tekno kincaimedia