Tips Tutorial Cara Mengganti Password Wifi Agar Aman

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Cara mengganti password wifi perlu diketahui khususnya bagi pengguna nan memasang dan mengatur sendiri router untuk jaringan wifi nya. Hal ini krusial lantaran password wifi berfaedah untuk mencegah orang lain tidak bisa sembarangan menggunakan jaringan wifi nan Anda miliki.

Password nan lemah dapat dengan mudah diketahui oleh orang lain, hasilnya jaringan internet milik Anda dapat digunakan oleh orang lain secara hanya – cuma. Apabila Anda baru memasang alias mengganti router, penggantian password juga disarankan lantaran password wifi bawaan dari produsen tidak cukup aman.

Mengganti password wifi sebenarnya sangat mudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Namun, terkadang belum banyak orang nan mengetahui caranya, terutama bagi mereka nan tidak terbiasa mengatur jaringan router miliknya sendiri.

Dalam tulisan kali ini bakal dibahas langkah singkat untuk menggati password wifi nan Anda miliki. Cara ini dapat dicoba terlepas dari apapun model alias merek router nan Anda gunakan, lantaran biasanya semua router mempunyai langkah pengaturan nan kurang lebih sama.

Cara Mengganti Password Wifi

Pada tulisan lain, sudah dibahas mengenai langkah untuk mengganti nama wifi alias SSID. Nah untuk mengganti password wifi pun langkah nan digunakan sama, ialah Anda perlu masuk terlebih dulu ke laman pengaturan router.

Untuk masuk ke laman pengaturan router ini dapat Anda lakukan melalui PC, laptop, ataupun smartphone dengan menghubungkan perangkat tersebut ke jaringan nan hendak diubah passwordnya.

Berikut langkah untuk mengganti password wifi:

  1. Sambungkan PC, laptop alias smartphone ke jaringan wi-fi dari router nan bakal diganti passwordnya
  2. Setelah tersambung, buka browser dari PC alias smartphone dan buka salah satu dari laman berikut: 192.168.0.1 alias 192.168.1.1
  3. Apabila kedua alamat di atas tidak dapat digunakan, coba cek bagian belakang dari router Anda untuk mendapatkan petunjuk laman nan perlu diakses untuk membuka laman pengaturan router
  4. Anda bakal diminta untuk memasukkan username dan password. Apabila ini pengaturan pertama dan belum pernah diganti, biasanya username dan password default bawaan produsen adalah admin.
  5. Setelah masuk, biasanya untuk mengganti SSID terdapat dalam bagian pengaturan Wireless – Wireless Settings
  6. Pada bagian wireless setting alias security (mungkin berbeda sedikit antar router), bakal terdapat kolom alias baris nan bertuliskan password alias security alias wpa passphrase
  7. Masukkan password nan hendak digunakan
  8. Apply alias Save

Setelah selesai, Anda perlu menghubungkan ulang perangkat ke jaringan ssid dengan menggunakan password nan baru.

cara mengganti password wifi

Pentingnya Mengganti Password Berkala

Mengganti password wifi terutama andaikan dilakukan secara berkala sangat disarankan. Hal ini krusial dilakukan agar jaringan internet nan Anda miliki tetap aman. Beberapa kegunaan alias faedah rutin mengganti password wifi adalah:

  1. Mencegah pembobolan jaringan internet
  2. Menghindari password mudah ditebak oleh orang asing

Adapun agar password kondusif dan susah ditebak, Anda dapat menggunakan password berupa kombinasi huruf dan nomor alias karakter khusus. Selain itu, hindari menggunakan info alias info pribadi sebagai bagian dari password wifi.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka