Tips Praktis Cara Mengubah PDF ke Word

Sedang Trending 5 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Cara mengubah pdf ke word merupakan salah satu perihal nan seringkali dicari gimana caranya. Hal ini mengingat banyak arsip saat ini berada dalam format pdf. File dengan format pdf pun seringkali tidak dapat di-edit secara langsung, sehingga banyak nan berupaya mengubah format pdf tersebut ke format word agar dapat di-edit.

Dalam tulisan ini bakal diberikan beberapa tips singkat dan langkah nan dapat Anda coba untuk mengubah alias mengkonversi file pdf menjadi file word agar dapat diubah alias diedit. Namun sebelum mencoba perihal ini, Anda dapat memeriksa terlebih dulu apakah aplikasi nan Anda gunakan untuk membuka file pdf dapat digunakan untuk meng-edit file tersebut secara langsung. Bila bisa, maka Anda tidak perlu mengubah arsip ber-ekstensi pdf tersebut ke word.

Keunggulan File Format PDF

Banyak arsip modern nan dikirimkan via email, aplikasi chat dan sebagainya menggunakan format pdf. Hal ini wajar lantaran file dengan format ekstensi pdf mempunyai banyak keunggulan. Misalnya saja, file format pdf lebih mudah dibagikan melalui beragam media seperti email, whatsapp dan lainnya.

File format pdf biasanya juga lebih rapi dan tidak mengubah format alias layout tampilan isi meski dibuka dari perangkat lain baik dari smartphone, PC, tablet dan lainnya. File PDF juga dapat dibuka di banyak perangkat dan dibuka melalui beragam macam browser.

Hanya saja kekurangannya adalah file pdf tidak dapat di edit dengan mudah. Hal ini dikarenakan format pdf tidak memungkinkan pengguna untuk memandang alias menyunting isi dari dokumen. Meski lebih kondusif lantaran isi arsip tidak dapat diubah, ini tentu menyulitkan jika ada bagian – bagian arsip nan perlu diganti alias diubah.

Cara Mengubah PDF ke Word

Ada beberapa langkah nan dapat pengguna lakukan untuk dapat mengedit isi dari arsip pdf. Cara – langkah ini dapat dilakukan baik tanpa support aplikasi maupun menggunakan tambahan support aplikasi seperti pdf converter.

cara mengubah pdf ke word

Berikut ini adalah beberapa langkah mengubah PDF ke Word agar dapat diedit:

Export ke Word dari Aplikasi Acrobat

Jika Anda menggunakan aplikasi alias software Adobe Acrobat, Anda dapat dengan mudah menggunakan fitur export alias save as dari acrobat untuk mengubah pdf ke word. Caranya adalah:

  1. Buka file PDF nan mau diubah dengan Acrobat
  2. Lalu pilih export alias save as
  3. Pada pilih nan muncul Anda dapat memilih format Microsoft Word Document
  4. Selanjutnya pilih export alias save

Acrobat bakal secara otomatis mengubah file pdf tersebut dan menyimpannya dalam format microsoft word nan dapat Anda buka dan edit

Gunakan fitur Edit pada Adobe Acrobat

Pada beberapa jenis Acrobat, terdapat fitur alias kegunaan untuk dapat meng-edit alias mengubah langsung isi dari arsip PDF dengan mudah. Caranya adalah:

  1. Buka file PDF
  2. Pilih edit text and image
  3. Selanjutnya bakal muncul area text dan gambar nan dapat Anda klik dan ubah
  4. Ubah isi dan save

Dengan langkah ini, Anda dapat mengubah langsung file PDF dan menghemat waktu lantaran tidak perlu diubah lagi menjadi arsip word terlebih dahulu

Copy Paste

Cara ini juga terbilang mudah dan dapat dilakukan andaikan Anda tidak mempunyai aplikasi nan dapat meng-edit file pdf secara langsung dan tidak mau menggunakan converter seperti pdf2word misalnya. Cara nan dapat dilakukan yaitu:

  1. Buka file PDF
  2. Highlight alias pilih teks nan diinginkan
  3. Pilih Copy as Text
  4. Buka microsoft word
  5. Lakukan paste di arsip microsoft word

Cara ini efektif dilakukan andaikan hanya ada sedikit bagian teks alias tabel nan mau diubah saja ke format word. Apabila file pdf nan dimaksud mempunyai banyak laman alias teks, tentu langkah ini kurang efektif.

Menggunakan Google Drive

Cara ini dapat dilakukan andaikan Anda mempunyai dan menggunakan Google Drive. Cara ini mengharuskan Anda untuk mengupload terlebih dulu file pdf ke Google Drive. Cara nan dapat Anda lakukan yaitu:

  1. Buka Google Drive
  2. Upload file PDF ke Google Drive
  3. Klik kanan open with pada arsip pdf dan pilih Google Docs
  4. Selanjutnya arsip pdf bakal muncul dan tampil pada Google Docs
  5. Pilih file
  6. Lalu klik Download as dan pilih format Microsoft Word
  7. Save

Selanjutnya Anda dapat membuka file nan sudah Anda download tersebut dengan Microsoft Word.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka