Tips Cara Mencegah Uban di Usia Muda yang Perlu Diketahui

Sedang Trending 5 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Uban alias rambut putih dapat membikin seseorang tidak pede, apalagi jika dialami orang nan tetap berumur muda, oleh karenanya Anda perlu mengetahui penyebab serta langkah mencegah rambut putih di usia muda.

Pada tulisan sebelumnya sudah dibahas mengenai perihal – perihal alias aspek nan dapat menyebabkan seseorang nan tetap muda mengalami rambut beruban. Rambut seseorang dapat memutih alias beruban disebabkan lantaran berkurangnya produksi melanin terutama pada folikel rambut.

Ada banyak penyebab nan dapat mempengaruhi berkurangnya produksi melanin misalnya saja aspek genetik, keturunan, hingga pola hidup nan tidak sehat.

Munculnya rambut putih alias rambut putih tentu tidak dapat dihindari lantaran seiring bertambahnya usia, keahlian untuk memproduksi melanin juga berkurang. Hal ini menyebabkan rambut bakal memutih secara alami.

Namun ada beberapa langkah nan dapat Anda lakukan dan terapkan untuk mencegah munculnya rambut putih pada usia dini. Perlu diingat, langkah mencegah munculnya rambut putih pada usia muda ini perlu dilihat kembali penyebab munculnya rambut putih tersebut.

uban di usia muda

Apabila rambut putih alias rambut putih pada usia muda disebabkan lantaran aspek genetik alias keturunan, perihal ini susah untuk dicegah dan dihindari. Berikut beberapa langkah untuk mengatasi dan mencegah munculnya rambut putih pada usia muda:

Menerapkan Pola Makan Sehat

Salah satu aspek penyebab munculnya rambut putih pada usia muda adalah kurangnya vitamin esensial nan dibutuhkan tubuh seperti vitamin B12 dan vitamin D. Untuk itu, krusial untuk menjaga pola makan dan menerapkan pola makan sehat.

Hal ini agar kebutuhan vitamin dan mineral tubuh dapat tercukupi dengan baik. Dengan tercukupinya vitamin dan mineral, sel – sel tubuh dapat berfaedah dan beregenerasi dengan baik dan dapat mencegah munculnya rambut putih alias rambut putih di usia muda.

Hindari Stres Berlebih

Salah satu langkah untuk menghindari dan mencegah rambut beruban sejak usia muda adalah mengurangi dan menghindari stres berlebih. Stres berlebih dapat menyebabkan ketidakseimbangan reaksi radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh.

Stres berlebih dapat menyebabkan rusaknya sel – sel rambut. Rusaknya sel rambut ini dapat memicu kerusakan pada folikel dan juga berkurangnya melanin sehingga rambut memutih. Untuk itu kurangi stres dan lakukan aktivitas nan membikin Anda rileks.

Olahraga Rutin

Olahraga secara rutin mempunyai banyak faedah nan berfaedah untuk tubuh. Selain menjaga agar tubuh tetap fit, olahraga juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, serta membantu agar aliran darah menjadi lebih lancar.

Aliran darah nan lebih lancar dapat membatu darah mengangkut oksigen ke sel – sel rambut dengan lebih lancar. Hal ini membikin sel – sel rambut tetap sehat dan terawat serta dapat mencegah kerusakan sel rambut nan menimbulkan rambut putih alias rambut putih.

Berhenti Merokok

Hasil penelitian menunjukkan perokok aktif lebih rentan dan 2,5 kali lebih mungkin mengalami rambut memutih alias beruban pada usia muda dibandingkan dengan orang – orang nan tidak merokok. Untuk itu, hindarilah alias berakhir merokok untuk mencegah munculnya rambut putih pada usia muda.

Hindari Kebiasaan nan Merusak Rambut

Untuk mencegah rambut putih muncul pada usia awal juga dapat dilakukan dengan menghindari kebiasaan nan dapat merusak rambut alias membikin rambut menjadi tidak sehat. Beberapa di antaranya seperti kebiasaan bleaching dan mewarnai rambut, sering menggunakan hairdryer alias pengeriting rambut dan menggunakan sisir dengan gigi nan rapat.

mencegah rambut putih di usia muda

Demikian beberapa langkah nan dapat Anda lakukan untuk mencegah munculnya rambut putih di usia muda nan tidak disebabkan oleh aspek genetik alias aspek usia.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka