Tips Cara Membersihkan Kulkas Agar Tetap Terjaga Higienis

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Masih banyak orang nan belum terlalu memahami langkah membersihkan lemari es dengan betul dan optimal. Kulkas sebagai salah satu peralatan elektronik rumah tangga perlu dibersihkan secara berkala.Tidak hanya membersihkan bagian luarnya saja, namun lemari es juga perlu dibersihkan bagian dalamnya.

Menyimpan makanan dan minuman serta sayur maupun buah – buahan di dalam lemari es ataupun bagian freezer dapat menyebabkan lemari es menjadi kotor. Sisa kotoran alias tanah pada sayuran, tetesan minuman dan lainnya dapat membikin sampah dan kotoran menumpuk di kulkas.

Untuk membersihkan kulkas, Anda dapat membaginya menjadi beberapa bagian agar lebih mudah, misalnya:

  1. Bagian luar alias eksterior
  2. Bagian interior alias dalam kulkas
  3. Bagian freezer

Masing – masing bagian lemari es ini mempunyai sedikit perbedaan mengenai langkah untuk membersihkannya. Dalam tulisan kali ini bakal dibahas tips dan langkah membersihkan kulkas.

Membersihkan Bagian Luar

Untuk membersihkan bagian luar lemari es dapat dilakukan dengan cukup mudah. Anda cukup menyiapkan kain nan lembut dan juga cairan pembersih. Atau dapat juga menggunakan air nan dicampur dengan sabun nan lembut.

cara membersihkan luar kulkas

Basahkan alias rendam kain / microfiber ke dalam cairan pembersih, dan lap secara merata permukaan kulkas. Pastikan Anda membersihkan juga bagian handle alias pegangan kulkas, nan merupakan area utama kuman menumpuk.

Setelahnya, Anda dapat melap kering permukaan lemari es dengan menggunakan kain alias microfiber nan kering. Agar lebih aman, Anda dapat mencabut kabel listrik lemari es sementara saat Anda sedang melap bagian kulkas.

Pastikan juga Anda membersihkan alias melap bagian atas kulkas. Meski tidak terlihat, namun debu banyak menumpuk pada bagian atas kulkas.

Cara Membersihkan Bagian Dalam

Untuk membersihkan bagian dalam kulkas, Anda terlebih dulu perlu mengosongkan alias memindahkan isi lemari es saat Anda membersihkannya. Untuk sayuran segar Anda dapat memindahkannya ke baskom alias wadah berisi air agar sayur tetap segar. Setelah Anda mengosongkan isi kulkas, maka Anda dapat memulai membersihkan bagian dalam kulkas.

  1. Beberapa rak pada lemari es dapat dilepaskan, sehingga dapat Anda lepaskan untuk membersihkannya
  2. Biar rak nan sudah dilepas beberapa saat dalam suhu ruangan sebelum Anda mencucinya dengan air hangat dan juga sabun. Ini untuk mencegah timbul retakan pada rak jika Anda membilasnya dengan air panas saat tetap dingin
  3. Cuci dan sikat serta lap kering rak nan sudah dibersihkan dan biarkan kering sembari Anda dapat melanjutkan membersihkan bagian dalam kulkas
  4. Untuk interior lemari es dan rak nan tidak dapat dilepas dapat Anda bersihkan dengan menggunakan kain microfiber nan basah
  5. Semprotkan cairan pembersih dan lap dengan kain microfiber hingga bersih
  6. Pasang kembali rak lemari es nan tadi sudah Anda lepas dan bersihkan
  7. Selanjutnya Anda dapat kembali memasukkan makanan dan minuman ke dalam bagian kulkas

cara membersihkan kulkas

Agar lebih rapi dan teratur, ada baiknya Anda mengelompokkan rak di dalam lemari es untuk jenis makanan tertentu agar lebih rapi dan tidak bercampur. Misalnya saja rak unik sayuran, alias rak unik minuman.

Cara Membersihkan Bagian Freezer

Untuk membersihkan bagian freezer, kurang lebih sama dengan saat Anda membersihkan bagian interior kulkas. Hanya saja perlu diingat bahwa bagian freezer terkadang terdapat kembang es nan menempel pada bagian dalam freezer.

Anda perlu menunggu kembang es tersebut mencair agar dapat dibersihkan. Oleh karenanya, idealnya adalah Anda mencabut kabel listrik saat hendak membersihkan kulkas. Selain lebih kondusif dari setrum, saat Anda mencabutnya, freezer bakal berakhir bekerja dan memungkinkan kembang es untuk mencair selagi Anda membersihkan bagian lemari es lainnya.

bunga es

Apabila bagian freezer sudah bersih dari kembang es, maka Anda dapat mulai mengosongkan alias memindahkan makanan dan minuman nan ada di freezer. Setelahnya, mulai lap bagian interior freezer dengan kain microfiber nan bersih.

Jika terdapat kembang es nan tetap tersisa, gunakan sikat gigi nan direndam dengan air panas, dan sikat perlahan area nan terdapat kembang es agar kembang es mencair.

Demikian tips singkat nan dapat Anda lakukan untuk membersihkan lemari es di rumah Anda. Cara membersihkan lemari es ini tentu perlu disesuaikan jika lemari es nan Anda miliki mempunyai beberapa fitur alias kegunaan tambahan lainnya seperti dispenser air misalnya.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka