Tim SAR temukan 4 jasad tertimbun, Bey Machmudin: Pemprov Jabar siapkan santunan

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Tim SAR temukan 4 jasad tertimbun, Bey Machmudin: Pemprov Jabar siapkan santunan

Bandung Barat | SekitarKita.id,- Tim SAR campuran sukses menemukan tiga jasad tertimbun longsor di Kampung Gintung, RT 03/07, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (26/3/2024). Satu korban lainnya ditemukan pukul 16.32 WIB.

Sebelumnya petugas melakukan pencarian 10 korban tertimbun pasca longsor menerjang pada Minggu (24/03), dan sukses menemukan tiga jasad itu di worksheet A alias area 1 pencarian nan difokuskan Tim Sar Gabungan sejak hari pertama pencarian. Keempat korban ditemukan dalam waktu nan berbeda-beda.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengatakan, pihaknya turut berdukacita atas musibah nan menimpa penduduk Kampung Gintung Cipongkor. Ratusan personel tim SAR campuran TNI-Polri turut dikerahkan untuk melakukan pencarian sisa korban hilang.

“Dan hari ini petugas alhamdulillah sukses menemukan jenazah tertimbun, untuk kelak perincian dijelaskan oleh tim nan menangani lantaran tetap di identifikasi,” kata Bey usai meninjau posko pengungsian di SDN Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Selasa (26/03/2024).

 Abdul Kholilulloh)Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin (foto: Abdul Kholilulloh)

“Pertama kami dengan Kapolda, Danrem, Kepala BMKG, BPBD meninjau letak pengungsi dan kami apresiasi kepada pihak nan membatu dari Tagana, Dinsos dan Kemensos, Pramuka dan para relawan nan bersedia membantu membikin dapur umum dan membantu kebutuhan masyarakat nan mengungsi,” sambungnya.

Rencananya, pemerintah provinsi (Pemprov) Jabar bakal memberikan duit santunan bagi family nan ditinggalkannya. Bukan hanya itu, pihaknya juga memberikan sejumlah support kebutuhan mendesak untuk korban terdampak longsor di pengungsian.

“Tentu pemerintah datang untuk memberikan santunan dan nan krusial untuk masyarakat tentu bakal kami pikirkan apakah bakal direlokasi alias seperti apa. Karena keamanan dan keselamatan masyarakat itu nan utama bagi kami,” jelas Bey.

Dijelaskan Bey kembali, ada sekitar 527 pengungsi dipastikan seluruhnya dalam kondisi baik, kebutuhan pengungsi baik itu makanan maupun obat-obatan semuanya terpenuhi.

“Tadi saya tanyakan mereka sangat baik kondisinya, untuk makanan maupun kesiapan lainnya dan mereka memilih mengungsi disini, meskipun rumahnya tetap sebagian ada dan bisa ditempati namun memandang dari segi keamanan mereka memilih disini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Operasi dan Siaga pada Basarnas Bandung, Supriono mengatakan, Jasad pertama merupakan anak-anak berjenis kelamin wanita ditemukan pukul 11.54 WIB.

Lalu kemudian, jasad kedua anak-anak berjenis kelamin laki-laki ditemukan pukul 12.23 WIB. Lalu jasad ketiga, dewasa berjenis kelamin wanita ditemukan pukul 12.56 WIB.

Informasi nan dihimpun, tim SAR campuran kembali menemukan 1 orang korban lagi  pada pukul 16.32 WIB dengan berjenis kelamin wanita dewasa sehingga total korban nan telah di pemindahan berjumlah 4 orang keseluruhannya ditemukan di area semtor A.

Selanjutnya korban terakhir ditemukan di bawa ke RSUD Cililin untuk dilakukan identifikasi. Berdasarkan hasil pertimbangan di lapangan, bahwa proses pencarian dihentikan sementara pukul 17.00 WIB dan bakal dilanjutkan besok 27 Maret 2024.

“Kami ucapkan terlebih dulu Innalillahi wa Inna Ilaihi Raajiun. Turut bersungkawa cita, tim Sar Gabungan menemukan jasad nan tertimbun di worksheet A,” kata Supriono.

“Awalnya ketiganya ditemukan sesuai dengan info awal, di titik inilah adanya korban sejumlah 5 sampai 6 korban. Maka konsentrasi dari awal rencana operasi, kita tentukan 3 worksheet ini,” kata Supriono.

Ia menjelaskan, seluruh jasad itu ditemukan di kedalaman lumpur material longsor dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Saat indikasi awal ditemukan, petugas langsung menyemprotkan air dari alkon.

“Kedalaman sekitar 1,5 meter, dan itu nan sejak awal menjadi hambatan kami. Taoi dengan penemuan ini, mudah-mudahan terus bertambah nan bisa kita evakuasi. Apalagi saat ini cuaca sedang bagus dan personil prima kondisinya,” ujar Supriono.

Dari 10 korban tertimbun longsor, petugas sukses menemukan 4 jasad 6 diantaranya tetap dalam pencarian. Rencananya pencarian kembali dilakukan pada besok Rabu (27/03/20204) besok.

Penulis : Abdul Kholilulloh

Editor : Abdul Kholilulloh

Sumber Berita : Liputan khusus

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita