ARTICLE AD BOX
Saat ini, online shopping alias aktivitas belanja online makin tidak asing bagi para netizen Indonesia. Jumlahnya pun mengalami pertumbuhan nan sangat signifikan, seiring dengan bertambahnya pengguna internet di Tanah Air.
Sebagai perbandingan, survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta jiwa pada 2014. Dari nomor tersebut, 11 persen melakukan aktivitas jual-beli online. Sedangkan dari hasil survei APJII pada tahun 2016, jumlah pengguna internet melonjak jadi 132,7 juta jiwa, dan nan mengakses konten jual-beli online mencapai 62 persen di antaranya.
Terjadinya peningkatan ini tentu dipengaruhi beragam faktor. Salah satunya adalah nilai nan bersaing, serta promo-promo nan diberikan dalam beragam format. Untuk itu, mari kenali dan pahami setiap corak promo nan dihadirkan agar bisa dimanfaatkan lebih maksimal.
Berikut adalah beberapa corak promo shopping online nan sering kita temui.
- Diskon Biasa (Potongan Harga Reguler)
Promo ini berupa potongan nilai seperti pada umumnya, ialah pengurangan nilai jual. Misalnya ada satu produk seharga Rp 100.000, dijual hanya Rp 90.000. Konsumen bisa memanfaatkan potongan nilai sebesar Rp 10.000, alias 10 persen dari nilai jual awal. Di laman produk masing-masing, konsumen bisa memandang nilai awal dan nilai diskonnya.
Lazimnya, promo jenis ini diselenggarakan sendiri oleh online shop alias toko online, Marketplace, alias bentuk-bentuk e-commerce lainnya tanpa bekerja sama dengan pihak-pihak lain.
- Diskon Tematik (Potongan Harga Khusus)
Agak berbeda dengan potongan nilai biasa, potongan nilai tematik dihadirkan para perusahaan e-commerce dalam corak kode tertentu (kerap disebut e-coupon alias kupon elektronik) dan mempunyai masa berlaku. Sama-sama memberikan potongan harga, tapi konsumen kudu memasukkan kode tersebut saat mau melakukan pembayaran. Dengan demikian, konsumen berkesempatan untuk mendapatkan potongan nilai dobel sesuai ketentuan nan bertindak (misalnya: nilai minimal, jumlah minimal-maksimal, maksimal diskon, dan sebagainya). Dari potongan nilai reguler, ditambah lagi e-coupon. Jadi, kudu jeli ya.
- Diskon Metode Pembayaran (Potongan Harga Khusus)
Apabila potongan nilai biasa dan potongan nilai tematik bisa dinikmati semua konsumen, potongan nilai unik ini hanya bertindak untuk konsumen nan menggunakan metode pembayaran tertentu.
Seperti diketahui bersama, ada beragam langkah pembayaran nan bisa digunakan saat berbelanja online;
- Transfer ke rekening bank
- Pembayaran transaksi e-commerce di mesin ATM
- Tunai di tempat/Cash on Delivery (COD)
- Pembayaran dengan kartu kredit
- Pembayaran dengan internet banking/kartu debit
- Pembayaran melalui jaringan gerai swalayan/Kantor Pos
- Pembayaran dengan duit elektronik
- Cicilan dengan kartu kredit
- Cicilan tanpa kartu kredit
Diskon ini bisa berbentuk kode e-coupon nan kudu dimasukkan secara manual, maupun berupa potongan otomatis nan muncul di perincian nilai setelah konsumen memilih langkah pembayaran. Konsumen pun diberi keleluasaan untuk memilih metode pembayaran dengan potongan nilai paling menguntungkan.
- Cicilan 0% untuk Kartu Kredit
Fasilitas ini termasuk dalam promo, lantaran konsumen bisa melakukan pembayaran berkala tanpa tambahan bunga.
Pada dasarnya, setiap merek kartu angsuran memang menyediakan fitur angsuran secara manual, namalain melakukan pembelian terlebih dulu kemudian meminta dijadikan angsuran ke penerbit kartu. Akan tetapi ada kembang nan dibebankan.
Promo ini sangat bermanfaat, terutama untuk pembelian produk dengan nilai relatif tinggi.
- Cashback dari Cicilan
Nah, sesuai namanya, promo ini bisa dibilang berupa potongan nilai nan diberikan belakangan, tergantung sistem nan berlaku. Syarat standarnya, peralatan kudu dibeli secara angsuran kartu angsuran dengan kembang 0%.
Ada toko online nan memberikan nilai cashback langsung di laman pembayaran, sehingga konsumen mencicil nilai peralatan nan sudah dikurangi potongan. Ada pula nan menerapkan cashback berupa cuma-cuma angsuran 1 bulan. Misalnya dari angsuran 12 bulan, konsumen hanya mencicil selama 11 bulan. Kembali lagi, perbedaan ini disesuaikan dengan ketentuan masing-masing toko.
- Gratis Ongkos Kirim
Belanja online tentu tidak bisa dilepaskan dari ekspedisi alias pengiriman barang. Hal ini justru menjadi salah satu argumen makin banyak masyarakat nan lebih memilih berbelanja online, dibanding datang ke toko dan melakukan transaksi seperti biasa. Dengan promo cuma-cuma ongkos kirim, konsumen mendapat untung hanya perlu bayar nilai barang. Apalagi jika harganya juga sudah dikenakan diskon.
Hanya saja, konsumen perlu memerhatikan ketentuan nan berlaku. Ada cuma-cuma ongkos kirim nan berkarakter total, ada pula cuma-cuma ongkos kirim sampai nominal tertentu. Walau gimana pun juga, produk-produk tertentu seperti peralatan elektronik, barang cair, alias nan mempunyai berat tertentu kudu mendapatkan penanganan unik saat pengiriman.
- Point Reward
Banyak perusahaan e-commerce di Indonesia nan memberlakukan reward berupa poin kepada para konsumennya. Untuk setiap aktivitas nan dilakukan, mulai login sampai transaksi jual-beli, konsumen bisa mengumpulkan poin nan nantinya dapat ditukar menjadi potongan nilai saat belanja.
- Bonus Produk
Promo ini memungkinkan konsumen mendapatkan peralatan tertentu secara gratis, andaikan membeli produk-produk khusus.
Barang nan diberikan bisa berupa komplementer alias melengkapi pemakaian produk nan dibeli, bisa juga berupa bingkisan nan tidak berasosiasi dengan produk nan dibeli.
Inilah beberapa corak promo shopping online nan sering kita temui, dan bisa menambah serunya berbelanja lewat internet.