Strategi Digital Marketing untuk UMKM Terbaik 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Tahukah Anda bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 73,7% dari total populasi loh. Tentu saja perihal tersebut menjadi kesempatan dalam pengembangan digitalisasi upaya Anda. Kementerian Keuangan Republik Indonesia juga mencatat sejumlah 74,2% responden menyatakan penjualan mereka meningkat meskipun sedang dilanda pandemi COVID-19. Ternyata keberhasilan tersebut tidak lepas dari peran pengimplentasian strategi digital marketing nan tepat.

Strategi Marketing untuk UMKM 2024

Dengan demikian, berikut kami rangkum beragam strategi digital marketing untuk UMKM nan bisa Anda gunakan. Perhatikan ulasan berikut ini ya!

Sosial media marketing

Menggunakan platform sosial media dapat menjadi pilihan nan tepat bagi suatu UMKM dalam mengenalkan maupun mengenalkan usahanya kepada publik. Saat ini telah banyak beragam macam jenis platform sosial media seperti Instagram, Facebook, Tik Tok, Twitter, Youtube, Linkedin, dan sebagainya.

Langkah awal nan bisa Anda lakukan adalah dengan membikin akun sosial media untuk upaya Anda dengan tampilan nan profesional. Adapun kegunaan penggunaan sosial media bagi upaya adalah:

  • Meningkatkan brand awareness
  • Menambah traffic ke website upaya Anda
  • Meningkatkan brand loyalty
  • Meningkatkan penjualan produk
  • Mendapatkan masukan dari customer
  • Menciptakan dan memonitor organisasi suatu bisnis

Untuk menjalankan sosial media marketing nan berkelanjutan, maka diperlukan konsistensi nan sangat tinggi. Dengan metode SMART dapat menjadi media pengukuran dalam menentukan tujuan upaya Anda melalui sosial media marketing.

  • Spesifik, Tentukan tujuan Anda dengan spesifik dan bisa menjadi jawaban dari 5W+1H upaya Anda. Contoh: Meningkatkan followers IG 2 kali lipat dalam waktu 5 bulan.
  • Measurable, Setiap tujuan nan ditetapkan kudu terukur sehingga memudahkan dalam mengidentifikasi progress. Contoh: Suatu konten informatif sketsa IG bisa diselesaikan dalam waktu satu pekan dengan kerjasama beragam team nan ada.
  • Achievable, Pastikan setiap tujuan nan Anda tetapkan bisa dicapai dengan baik. Contoh: Pembuatan konten dan peningkatan dua kali lipat followers pernah dilakukan sebelumnya sehingga sangat mungkin untuk dicapai.
  • Realistic, Pastikan tujuan nan Anda tetapkan realistis. Contoh: Peningkatan followers dua kali lipat didukung dengan budget nan besar dan banyak upaya marketing, sehingga sangat mungkin tercapai.
  • Time bound, Tentukan waktu dalam menjalankan tujuan nan telah ditetapkan. Contoh: Pembuatan konten untuk IG dimulai pada 23 November dan selesai 30 November.

Buatlah website bisnis 

Adanya sebuah website tidak hanya memudahkan Anda dalam memasarkan jasa namalain produk secara digital, melainkan sebuah website bakal membantu memperlihatkan kredibilitas dan profesionalitas upaya Anda. Lebih lanjut, Anda juga dimungkinkan untuk memperluas jangkauan layanan, mempermudah transaksi, dan meningkatkan pendapatan.

Dalam membangun sebuah website nan berkualitas, Anda kudu memperhatikan hal-hal berikut:

  • Fitur nan terdapat dalam website (misal fitur pembelian, fitur informasi, dan sebagainya);
  • Jenis info perseorangan nan bakal dikumpulkan seperti info internal perusahaan maupun info konsumen;
  • Tingkat keamanan website;
  • Platform hosting nan di pilih, dan;
  • Sumber daya pengolah website baik nan berasal dari internal perusahaan maupun outsourcing.

Namun, saat ini Anda tidak perlu resah lantaran telah banyak beragam jenis platform nan menyediakan website instan nan membantu perkembangan upaya Anda. Untuk mengetahui lebih jelasnya, kami telah menulis tulisan pedoman membikin website nan bisa Anda jadikan rujukan.

Pelajari dan Implementasikan SEO dengan Baik

Ketika Anda telah mempunyai website tentunya Anda mau website tersebut dapat dikunjungi oleh banyak konsumen. Namun, pada dasarnya pesaing Anda juga mempunyai website nan sama dengan tujuan nan sama juga. Dengan demikian, untuk berada pada ranking pertama pada laman mesin pencari maka Anda bisa menggunakan strategi search engine optimisation (SEO). 

Secara umum, dalam membangun SEO kudu dilakukan secara terus-menerus dan konsisten sehingga dihasilkan website organik nan berkualitas. Membangun SEO dapat dilakukan melalui on page maupun off page.

Untuk mendukung suatu website nan berkualitas, tentunya Anda memerlukan parameter nan bisa dijadikan sebagai rujukan. Dengan demikian, berikut kami sajikan beberapa parameter nan bisa Anda pertimbangkan dalam membangun SEO.

  • Struktur URL: Memiliki struktur URL nan sederhana tentunya bakal membikin mesin pencari maupun konsumen lebih mudah mengenali website Anda. Misalnya https://idcloudhost.com/customers/
  • Penggunaan SSL/TLS: Website dengan SSL/TLS bakal mendeskripsikan semua transfer info nan terjadi pada website sehingga lebih meningkatkan keamanan
  • Topik Konten: Buatlah beragam konten nan membantu persoalan konsumen Anda dan tentunya relevan dengan produk nan ditawarkan
  • Struktur konten: Pastikan setiap konten nan Anda buat ramah SEO dan mudah dipahami oleh konsumen
  • Search intent: Pastikan Anda memasukkan kata kunci nan tepat dalam konten nan Anda buat
  • Meta Tags: Perhatikan titel tulisan (title tags) dan tag HTML nan menjelaskan dengan singkat tentang konten Anda (meta description)
  • Backlinks: Pastikan Anda mendapatkan tautan link dari website nan bereputasi nan mengarah kepada website Anda
  • Kecepatan Website: Pastikan website Anda mempunyai kecepatan loading nan tinggi lantaran semakin sigap loading suatu website maka semakin baik pula ranking SEO nan dihasilkan

Optimalkan Penggunaan PSA dengan Baik

Strategi Digital Marketing untuk UMKM Terbaik 2024

Selain dengan langkah organik, ketika Anda mempunyai budget pemasaran nan cukup maka Anda bisa melakukan pengiklanan berbayar pada platform digital melalui strategi paid search engine (PSA). 

Pada dasarnya, PSA dapat menjadi opsi dalam upaya meningkatkan posisi perusahaan Anda pada laman mesin pencarian dengan lebih cepat. Dengan demikian, beberapa media pengiklanan online berbayar nan bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut:

Search Ads

Jenis PSA ini adalah nan paling umum dilakukan oleh kalangan upaya untuk melakukan iklan pada mesin pencari. Anda bisa menentukan kata kunci nan mau digunakan dan konten info nan mau ditampilkan. Ketika pengguna memasukkan kata kunci tersebut, maka brand namalain produk Anda bakal ditampilkan pada laman pencarian google.

Search Ads bisa saja muncul di atas maupun di bawah hasil pencarian organik. Namun, untuk mengidentifikasi keberadaannya maka Anda bisa memandang simbol Ad pada bagian atas kiri di website Anda pada pencarian mesin pencari.

Jika Anda tertarik untuk melakukan pemasangan iklan search Ads, maka Anda bisa membaca tulisan pedoman mendaftar google Ads sebagai rujukan awal Anda dalam melakukan pemasangan iklan di google.

Display Ads

Display Ads adalah jenis periklanan nan muncul meskipun pengguna sedang berada pada laman lain sesuai dengan internet browsingnya. Pada dasarnya, melalui display Ads google bakal mengidentifikasi pengguna potensial nan mungkin mempunyai kesukaan sesuai dengan produk nan Anda tawarkan.

Meskipun demikian, potensi klik displays Ads lebih rendah dibandingkan search Ads. Namun di sisi lain, display Ads lebih murah dibandingkan search Ads dengan jangkauan pengguna nan luas. Dengan demikian, jika Anda mau meningkatkan brand awareness, maka display Ads dapat menjadi salah satu pengganti nan bisa Anda lakukan.

Jika Anda tertarik, maka Anda dapat membikin jasa display Ads pada Google Display Network (GDN) nan bisa dengan mudah diakses melalui Google Ads Interface. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan platform lain seperti Criteo dan Adroll.

Remarketing Ads adalah suatu strategi digital marketing dengan mengiklankan kembali produk Anda kepada pengguna internet nan pernah berjamu pada website upaya Anda. Strategi dianggap menguntungkan lantaran menargetkan periklanan kepada orang-orang nan mungkin mempunyai kesukaan dengan produk namalain jasa Anda.

Adapun sasaran periklanan melalui remarketing Ads adalah sebagai berikut:

  • Seluruh pengguna nan sebelumnya mengakses website upaya Anda
  • Pengguna nan pernah melakukan pembelian pada website Anda
  • Menonton kampanye periklanan video Anda di Youtube
  • Pengguna nan memasukkan produk ke dalam keranjang
  • Pengguna nan menghabiskan waktu nan cukup lama pada website Anda meskipun tidak melakukan apa-apa

Dalam melakukan remarketing Ads Anda bisa menampilkan gambar namalain video pada website nan sedang dikunjungi oleh pengguna. Selain itu, Anda juga bisa membikin remarketing Ads platform media sosial seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, dan sebagainya.

Video Marketing

Pernahkan Anda menonton video youtube namun Anda kudu menyaksikan tampilan iklan terlebih dahulu? Dengan demikian, perihal tersebut adalah contoh penerapan dari video marketing.

Video marketing dapat menjadi solusi nan tepat untuk mengenalkan produk Anda kepada konsumen. Hal tersebut tidak terlepas dengan beragam kegunaan nan dirasakan seperti:

  • Video lebih mudah dimengerti
  • Konten nan menarik
  • Proses visual nan lebih cepat
  • Video penuh dengan produktivitas dan inovasi

Pada dasarnya, youtube menjadi tempat pengiklanan video nan paling terkenal lantaran mempunyai lebih dari miliar pengguna per bulannya. Lebih lanjut, Anda juga bisa menggunakan google Ads untuk menampilkan video marketing pada youtube.

Jika tertarik untuk membikin iklan pada youtube, maka Anda dapat mengakses tulisan pedoman membikin iklan di youtube berikut ini.

Shopping Ads

Melalui shopping Ads maka produk Anda dimungkinkan untuk ditampilkan pada laman pencarian sekaligus dengan gambar, harga, dan penjelasan singkat mengenai produk tersebut.

Anda dapat melakukan iklan ini pada Google CSS. Lebih lanjut, biasanya jenis pengiklanan ini sangat cocok dipakai e-commerce namalain upaya nan bergerak pada industri jual beli maupun manufaktur. Jenis iklan ini juga dianggap menguntungkan lantaran calon konsumen dapat memandang secara langsung produk nan ditawarkan.

Paid social Ads memungkinkan Anda untuk melakukan iklan melalui sosial media. Saat ini ada banyak platform sosial media nan menawarkan periklanan paid per click (bayar per klik) seperti Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, Tik Tok,Quora, dan sebagainya.

Paid social Ads juga memungkinkan Anda melakukan remarketing Ads. Lebih lanjut, jenis pengiklanan ini sangat berfaedah dalam meningkatkan pengetahuan konsumen bakal produk nan ditawarkan lantaran pengguna media sosial mencapai lebih dari 4,2 miliar secara bumi dan bakal terus bertumbuh.

Email Marketing

Strategi Digital Marketing untuk UMKM Terbaik 2024

Email marketing adalah strategi marketing dengan mengirimkan email nan berisi komersial mengenai info tertentu. Melalui email marketing Anda dimungkinkan untuk melakukan aktivitas promosi dengan langkah nan cukup sigap dan dengan nilai nan relatif murah.

Tahukan Anda bahwa melalui email marketing dapat menjadi jalan nan mudah bagi Anda untuk meningkatkan brand awareness sekaligus penjualan produk Anda. Namun, perlu diingat dalam upaya menarik perhatian konsumen dan meminimalisir persepsi email spam oleh para pengguna, maka Anda perlu memanajemen jumlah email nan Anda kirimkan.

Ada beberapa tips dan trik nan bisa Anda gunakan sehingga email Anda bisa terlihat menarik oleh calon konsumen, adalah sebagai berikut:

  • Pilihlah penyedia email marketing nan terbaik
  • Lakukan segmentasi pada penerima email
  • Buatlah pesan nan persuasif
  • Buatlah template nan unik
  • Kumpulkan kontak pelanggan
  • Review ulang isi email Anda

Jika Anda tertarik untuk menjadikan email marketing sebagai salah satu strategi pemasaran Anda, maka email blast namalain mengirimkan email kepada banyak pengguna bisa menjadi salah satu pengganti nan bisa Anda gunakan. Dengan demikian, Anda bisa mengunjungi laman email solution nan menawarkan email upaya mahir nan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan upaya Anda.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing namalain pemasaran hubungan adalah model upaya dengan menggandeng hubungan untuk menjual produk suatu perusahaan dan bakal mendapatkan komisi untuk setiap produk nan terjual. Untuk memudahkan pemahaman Anda mengenai affiliate marketing, maka perhatikan contoh kasus berikut ini:

Misalkan IDCloudHost memberikan kesempatan terbuka untuk berafiliasi dengan jasa cloud hostingnya dengan untung 70% dari setiap penjualan. Dengan demikian, hubungan tersebut bakal mendapatkan kode referral misalnya “IDCH123” sebagai kode pemasaran. Dengan demikian, setiap pembelian nan menggunakan kode tersebut maka hubungan bakal mendapat 70% untung dari setiap transaksi nan terjadi.

Penutup

Demikianlah strategi marketing untuk UMKM nan bisa Anda terapkan di tahun 2024 ini. Namun, tetap lakukan riset dan sesuaikan channel marketing nan Anda gunakan dengan kebutuhan upaya Anda, ya. Setiap strategi dan channel mempunyai biaya nan berbeda, skill nan dibutuhkan tentunya juga tak sama.

Salah satu strategi marketing nan bisa Anda lakukan adalah dengan membangun website. Ini tentunya memerlukan jasa hosting nan handal agar website Anda bisa selalu diakses oleh calon pelanggan. Gunakan Cloud Hosting dari IDCloudHost nan cepat, handal, aman, dan terjangkau sekarang juga!

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno kincaimedia
Kabar Tekno kincaimedia