STOXX 600 Eropa menambah keuntungan karena dorongan defensif; H&M melompat Oleh Reuters

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Oleh Shristi Achar A dan Johann M Cherian

(Reuters) -Saham-saham Eropa naik tipis hingga ditutup pada rekor tertinggi pada hari Rabu dibantu oleh kenaikan di sektor-sektor defensif, sementara saham-saham pengecer fesyen terbesar kedua di bumi H&M (ST:) mengalami hari terkuatnya dalam nyaris sembilan bulan pada kuartalan nan optimis hasil.

Indeks pan-Eropa naik tipis 0,1%, didukung oleh penguatan utilitas dan jasa kesehatan.

H&M Swedia termasuk di antara nan berkinerja terbaik, melonjak 15,2% setelah pengecer tersebut melaporkan untung operasional kuartal pertama nan lebih kuat dari perkiraan, lantaran CEO baru Daniel Erver mengatakan pembeli menyukai koleksi musim semi merek tersebut.

Sektor ritel nan lebih luas berhujung naik 2,5%.

“Kami mempunyai serangkaian nomor nan bagus dari (H&M) dan ini menunjukkan bahwa mungkin mereka melawan pesaing nan lebih murah dengan lebih efektif dan telah mengambil cukup banyak pasar Eropa,” kata Chris Beauchamp, kepala analis pasar di IG Team.

Indeks referensi ini mengincar kenaikan kuartalan kedua berturut-turut, dengan kenaikan sebesar 6,8% sejauh ini. Sinyal dovish dari financial institution sentral utama dan reli saham-saham teknologi nan didorong oleh semangat AI telah mendorong STOXX 600 ke rekor tertinggi.

“Hal utama nan tampaknya muncul di kalangan penanammodal adalah realita bahwa, ya, pasar Eropa berada pada rekor tertinggi, namun harganya tetap tidak semahal pasar Amerika,” tambah Beauchamp.

Fokus minggu ini adalah knowledge pengeluaran konsumsi pribadi AS pada bulan Februari, nan dapat memberikan petunjuk mengenai waktu penurunan suku kembang pertama Federal Reserve.

Sementara itu, personil majelis ECB Piero Cipollone mengatakan Financial institution Sentral Eropa semakin percaya inflasi bakal turun kembali ke goal 2% pada pertengahan tahun 2025 lantaran pertumbuhan bayaran nan moderat.

Financial institution sentral Swedia mempertahankan suku kembang utama tidak berubah pada 4,00% seperti nan diperkirakan dan mengatakan bahwa tekanan inflasi sekarang sudah cukup mereda sehingga suku kembang kebijakan dapat diturunkan dalam beberapa bulan mendatang.

Deutsche Financial institution naik 2,7% dan mencapai degree tertinggi dalam enam tahun setelah Morgan Stanley meningkatkan ranking financial institution Jerman tersebut menjadi “obese.” Saham tersebut termasuk nan berkinerja terbaik di 40 indeks nan ditutup lebih tinggi 0,5%.

Lembaga pemeringkat Usual & Deficient's memangkas ranking angsuran SBB menjadi kandas bayar selektif (selective default) dari CCC+, menambahkan bahwa tuan tanah Swedia telah secara selektif kandas bayar (default) pada sebagian utangnya, menyebabkan saham golongan nan diperangi itu turun 4,0%.

 Pejalan kaki dan pembeli melangkah melewati bagian pengecer mode H&M di pusat Stockholm, Swedia, 17 Juli 2023. REUTERS/Tom Little/File Foto

DS Smith melonjak 10,2% setelah perusahaan kertas dan pengemasan Inggris tersebut mengatakan sedang dalam pembicaraan dengan Global Paper untuk penawaran seluruh saham senilai 5,72 miliar pound ($7,22 miliar).

Pasar Eropa bakal tutup pada hari Jumat dan Senin untuk liburan Paskah.

2024-03-28 04:43:15

www.making an investment.com

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita