Skincare: Urutan Pemakaian di Pagi dan Malam Hari

Sedang Trending 6 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Skincare adalah serangkaian perawatan kulit nan mempunyai banyak faedah untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Beberapa faedah skincare adalah menunda munculnya penuaan dini, membikin hasil make-up menjadi terlihat sempurna, menutrisi kulit  wajah, dan terhindar dari beragam masalah kulit. Nah, bagi Anda nan sedang mencoba-coba untuk menggunakan skincare, maka Anda dapatmencari produk nan Anda inginkan melalui tautan berikut ini https://www.bhinneka.com/jual?cari=skincare.

Dalam menggunakan skincare juga ada urutan-urutan nan kudu diperhatikan. Hal ini bermaksud agar skincare nan digunakan bakal bekerja secara optimal. Sehingga kandungan nan terdapat dalam skincare juga dapat diserap dengan baik. Untuk penggunaan skincare di siang dan malam hari juga kudu dibedakan. Karena mereka mempunyai tujuan dan kegunaan nan berbeda-beda.

Bagi Anda nan menggunakan skincare setiap hari, pasti Anda sudah memahami urutan pemakaian skincare dengan baik. Namun, bagi Anda nan tetap awam dan belum terlalu lama menggunakan skincare, biasanya tetap bingung mengenai urutan penggunaannya.

Foto Wanita Menggunakan Skincare

Contoh kebingungan nan Anda rasakan adalah ketika menentukan mana nan terlebih dulu digunakan antara pelembab dan sunscreen, essence dan serum, toner dan serum, dan krim mata dan krim malam. Nah, jika Anda mengalami perihal tersebut, maka Anda dapat membaca tulisan berikut ini.

Urutan Pemakaian Skincare di Pagi Hari

Untuk mendapatkan hasil nan maksimal ketika menggunakan skincare, maka Anda kudu memahami dengan baik urutan pemakaiannya. Skincare nan digunakan ketika di pagi dan malam hari juga berbeda. Untuk skincare nan dipakai ketika di pagi hari bermaksud untuk melindungi kulit dari pancaran radiasi sinar ultraviolet (UV) mentari dan polusi udara. Nah, untuk mengatasi kesalahan urutan dalam pemakaian skincare, Anda dapat membaca urutannya sebagai berikut.

Foto Wanita Menggunakan Skincare Di Pagi Hari

1. Sabun pembersih wajah

Urutan skincare nan digunakan pertama kali di pagi hari adalah sabun pembersih wajah. Ketika dimalam hari, wajah bakal memproduksi minyak dan berinteraksi dengan kuman nan berada di bantal alias sprei tempat tidur. Oleh lantaran itu, mencuci wajah di pagi hari bermaksud untuk menghilangkan minyak dan kotoran sehingga wajah menjadi bersih.

Jika wajah Anda bersih, maka skincare nan bakal Anda gunakan selanjutnya bakal lebih mudah menempel dan menyerap sehingga skincare nan Anda gunakan dapat bekerja secara maksimal. Untuk mencuci muka, Anda dapat menggunakan facial wash, facial foam alias sabun pencuci wajah berbasis minyak alias air. Anda dapat menyesuaikannya dengan jenis kulit wajah anda. Untuk Anda nan mempunyai jenis kulit wajah berminyak, Anda dapat membaca tulisan ini untuk memahami langkah memilih sabun muka nan baik kulit wajah Anda https://www.bhinneka.com/blog/memilih-sabun-muka-untuk-kulit-berminyak/.

2. Skincare Toner

Urutan selanjutnya adalah menggunakan toner. Toner mempunyai banyak faedah bagi wajah. Beberapa faedah nan bakal diperoleh adalah sebagai berikut:

  • Dapat menyeimbangkan pH. Ketika selesai mencuci wajah, maka pH di wajah menjadi tidak seimbang, sehingga untuk menyeimbangkannya kembali, maka Anda dapat menggunakan toner
  • Mengangkat kulit mati. Kulit meninggal ini biasanya terjadi ketika di malam hari, sehingga untuk membantu untuk mengangkatnya, Anda dapat menggunakan toner
  • Mengangkat sisa kotoran dan minyak berlebih nan kemungkinan saja tetap tertinggal setelah Anda mencuci wajah
  • Untuk membantu mempersiapkan kulit menjadi lebih baik lagi sebelum Anda menggunakan produk skincare

Selain itu, untuk toner unik kulit jerawat nan mempunyai kandungan tertentu juga mempunyai banyak faedah bagi wajah anda, seperti dapat mengempiskan jerawat, meredakan peradangan, dan mencegah timbulnya jerawat baru di kemudian hari.

3. Urutan Skincare Essence

Bagi Anda nan sering menggunakan skincare, tentu tidak bakal asing lagi dengan essence ini. Essence adalah cairan nan berbahan dasar air nan mempunyai konsentrasi bahan aktif nan tinggi. Banyak faedah nan bakal Anda peroleh jika rutin menggunakan essence, diantaranya adalah melembabkan kulit, membantu produk skincare selanjutnya agar dapat meresap lebih baik lagi, mencegah penuaan dini, dan menenangkan serta menutrisi kulit wajah anda.

Untuk urutan penggunaan essence, Anda dapat menggunakannya setelah toner alias sebelum serum wajah. Untuk langkah pemakaiannya adalah Anda dapat menuangkan beberapa tetes Essence ke telapak tangan anda, lampau Anda dapat mengusapkannya ke seluruh wajah Anda dengan langkah menepuk-nepukkannya ke wajah Anda secara perlahan.

4. Urutan Skincare Serum

Urutan skincare selanjutnya adalah menggunakan serum wajah. Nah, serum adalah cairan bertekstur ringan nan mengandung konsentrasi unsur aktif nan lebih tinggi. Serum juga lebih mudah menyerap ke kulit daripada krim alias pelembab. Untuk kandungannya sendiri, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing kulit anda. Namun, untuk di pagi hari, Anda dapat memilih serum nan mempunyai kandungan kaya antioksidan, seperti vitamin C dan E.

Untuk langkah pemakaiannya adalah Anda dapat menuangkannya secukupnya alias seukuran kacang polong ke telapak tangan anda. Setelah itu, Anda dapat mengusapkannya ke permukaan wajah dan leher anda. Anda dapat menepuk-nepuk wajah dan leher Anda secara perlahan agar serum tersebut dapat menyerap dengan baik. Dr. Maryam M. Asgari, seorang guru besar dari departemen dermatologi Harvard Medical School mengatakan bahwa jika Anda mau mendapatkan hasil nan maksimal, maka Anda kudu mengoleskannya di wajah nan bersih.

5. Skincare Pelembab

Urutan skincare selanjutnya adalah menggunakan pelembab. Dalam menggunakan pelembab, Anda kudu menyesuaikannya dengan jenis jenis kulit anda. Jika kulit Anda kering, maka Anda dapat memilih pelembab nan berbentuk krim. Untuk kulit bertipe normal alias kombinasi, Anda dapat memilih pelembab dengan tekstur krim nan lebih tebal. Sedangkan untuk jenis kulit berminyak, Anda dapat memilih pelembab dengan tekstur gel alias cair. Namun, jika menurut anda, wajah Anda sudah cukup lembab hanya menggunakan toner dan serum, maka Anda tidak perlu lagi menggunakan pelembab, terutama bagi Anda nan mempunyai jenis kulit wajah berminyak.

Untuk langkah pemakaian pelembab adalah ambil pelembab dengan sedikit ukuran lebih besar dari kacang polong ke telapak tangan. Lalu, oleskan pelembab ke ke wilayah pipi wajah, lampau oleskan pelembab ke atas menuju dahi dengan aktivitas memijat.

6. Skincare Sunscreen alias Tabir Surya

Ini merupakan tahapan nan paling krusial ketika menggunakan skincare dan Anda tidak boleh melewatkannya. Tabir surya alias sunscreen berfaedah untuk mencegah penuaan awal lantaran melindungi kulit dari paparan sinar UV. Beberapa perihal nan perlu diperhatikan ketika menggunakan sunscreen adalah sebagai berikut:

  • Tetap menggunakan tabir surya walaupun sedang di dalam ruangan
  • Disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30
  • Anda dapat mengapply sunsreen alias tabir Surya selama 15-20 menit sebelum pergi ke luar rumah agar dapat meresap dengan baik
  • Kamu dapat mere-apply sunscreen setelah 8 jam pemakaian pertama.

Untuk langkah pemakaian tabir surya adalah dengan langkah mengoleskan tabir surya ke seluruh permukaan wajah sembari dipijat-pijat secara perlahan dengan aktivitas searah jarum jam. Jika Anda sudah selesai menggunakan skincare, maka Anda dapat menggunakan produk make-up alias riasan wajah untuk mempercantik wajah anda.

Urutan Pemakaian Skincare di Malam Hari

Setelah Anda beraktifitas dari siang dan sore hari, maka Anda dapat menenangkan wajah Anda dengan menggunakan skincare nan tepat. Untuk urutan pemakaian skincare dan malam hari juga ada sedikit perbedaan. Beberapa produk skincare malam hari tidak digunakan di siang hari. Nah, berikut urutan skincare di malam hari nan dapat Anda terapkan adalah sebagai berikut.

Foto Wanita Menggunakan Skincare Di Malam Hari

1. Makeup Remover

Setelah seharian menggunakan make-up, maka Anda perlu membersihkannya dengan menggunakan make-up remover. Menggunakan make-up remover bermaksud untuk menjaga kesehatan kulit dan menghindari adanya produk make-up nan tersisa di wajah nan dapat memberikan akibat negatif bagi wajah.

Nah, untuk menentukan jenis make-up remover nan bakal Anda gunakan, Anda dapat memilih make-up remover berbahan minyak alias air. Untuk make-up remover nan mengandung minyak, maka dapat digunakan untuk menghapus makeup nan mengandung minyak. Untuk Anda nan mempunyai jenis kulit wajah berminyak, maka Anda dapat menggunakan make-up remover berbahan dasar air sehingga wajah Anda tidak bakal semakin berminyak.

2. Skincare Produk pembersih wajah

Menggunakan produk pembersih wajah bermaksud untuk mengangkat make-up, minyak, dan kotoran nan tetap tertinggal diwajah. Untuk membersihkan wajah secara maksimal, Anda dapat menggunakan produk pembersih wajah sesuai dengan jenis jenis kulit kamu. Beberapa jenis produk pembersih wajah adalah micellar water, cleansing oil, alias cleansing milk. Nah, setelah itu Anda dapat menggunakan sabun pencuci wajah sesuai dengan jenis kulit wajah anda. Lalu, bilas dengan air bersih.

3. Scrub wajah alias eksfoliasi

Untuk tahapan skincare selanjutnya, Anda dapat menggunakan scrub wajah alias eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, nan perlu diperhatikan adalah Anda dapat mengeksfoliasi wajah hanya 1-2 kali dalam seminggu. Hindari menggunakan eksfoliasi setiap hari.

4. Urutan Skincare Toner

Untuk urutan selanjutnya adalah Anda dapat menggunakan toner. Nah, sama seperti toner di pagi hari, toner memiliki kegunaan untuk menyeimbangkan pH kulit wajah. Guna melempabkan kulit sepanjang malam, Anda dapat menggunakan toner wajah nan mengandung gliserin, lacticacid, dan hyaluronicacid.

5. Essence dan Serum Wajah

Untuk tahapan selanjutnya Anda adalah Anda dapat menggunakan essence dan jika essence telah menyerap dengan baik, Anda dapat melanjutkannya dengan menggunakan serum wajah. Essence dan serum wajah mempunyai kegunaan nan sama, ialah untuk melembabkan dan menghaluskan wajah.

6. Eyecream alias Krim Wajah

Salah satu urutan skincare nan membedakan antara di pagi hari dan mala hari adalah di eyecream alias krim mata. Eyecream biasanya hanya digunakan di malam hari. Eyecream sangat berfaedah bagi ada nan mempunyai masalah pada mata panda, kerutan di area mata, dan kantung mata.

Anda dapat mempunyai eyecream alias krim mata nan mengandung konsentrat tinggi, seperti antioksidan dan peptida. Untuk langkah pemakaiannya adalah Anda dapat mengoleskannya ke arah bawah kulit secara perlahan-lahan.

7. Krim Malam dan Sleeping Mask

Tahapan selanjutnya adalah Anda dapat menggunakan krim malam. Krim malam biasanya mempunyai kandungan serta kegunaan unik bagi kulit wajah, diantaranya adalah menyamarkan kerutan, melembapkan kulit dan memudarkan noda hitam di wajah. Nah, setelah krim malam telah meresap diwajah anda, Anda dapat menggunakan sleeping mask.

Penggunaan sleeping mask di malam hari berkarakter opsional. Anda dapat menggunakannya tetapi boleh pula untuk tidak menggunakannya. Biasanya sleeping mask berfaedah untuk melembapkan wajah. Berbeda dengan masker lainnya nan kudu dicuci setelah menggunakannya, sleeping mask tidak perlu Anda cuci setelah menggunakannya. Anda dapat membiarkan kandungan nan berada di sleeping mask agar terserap dengan baik semalaman di wajah anda.

8.  Faceoil

Nah, tahapan terakhir agar skincare Anda semakin komplit adalah menggunakan faceoil. Faceoil digunakan ketika di malam hari agar terhindar dari kulit yag tampak terlalu berminyak dan lengket. Untuk mendapatkan hasil nan maksimal, hindarilah untuk menggunakan skincare lain setelah menggunakan faceoil.

Untuk langkah pemakaiannya adalah Anda dapat menuangkan beberapa tetes faceoil ke telapak tangan anda. Lalu tepuk-tepuklah ke seluruh permukaan wajah Anda secara perlahan-lahan. nan perlu Anda perhatikan adalah jika Anda mempunyai jenis wajah nan berminyak dan condong berjerawat. Sebaiknya Anda menghindari untuk menggunakan produk ini untuk menghindari wajah Anda semakin berminyak dan sangat rentan untuk menimbulkan jerawat baru lagi.

Itulah tadi urutan pemakaian skincare nan benar. Apakah Anda selama ini sudah betul dalam menggunakan skincare? nan perlu diperhatikan tentang urutan pemakaian skincare adalah Anda dapat menggunakan skincare dari tekstur nan ringan ke tekstur nan berat.

Namun, nan perlu diperhatikan lagi adalah tidak semua orang cocok dengan urutan nan telah saya jelaskan diatas. Anda tetap kudu memperhatikan kembali urutan skincare berdasarkan jenis dan kebutuhan kulit wajah anda, sehingga faedah dari setiap skincare nan Anda gunakan dapat memberikan hasil nan maksimal. Nah, jika Anda tetap bingung, Anda dapat berkonsultasi ke master ahli kulit sehingga mereka dapat merekomendasikan Anda rangkaian skincare nan sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit anda.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka