Sekring motor sering putus? Ini alasannya…

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Fuse alias sekring pada sepeda motor berfaedah sebagai komponen pengaman sistem kelistrikan sepeda motor. Komponen ini bekerja memutus aliran listrik saat terjadi korsleting.  

Korsleting aliran listrik pada sepeda motor bisa diakibatkan oleh beberapa perihal seperti; kulit kabel sobek sehingga kawatnya menempel di rangka, alias akibat komponen kelistrikan tekena air. Saat korsleting terjadi, sekring bakal terputus sehingga komponen kelistrikan tidak bakal menyala. 

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Pada kasus terntentu, korsleting menyebabkan komponen kelistrikan motor terbakar akibat sekring tak bekerja sebagaimana mestinya. Biasanya, perihal ini terjadi akibat salah menggunakan ukuran ampere sekring saat menggantinya dengan nan baru. Misalnya, sekring berkapasitas 10A diganti dengan 15A alias di atasnya. 

Ada dua jenis sekring nan digunakan pada sepeda motor, ialah sekring tabung (tube fuse) dan sekring tancap (fuse blade). 

Sekring tabung banyak digunakan pada mobil dan motor lawas. Sekring ini memudahkan pengendara alias mekanik memandang kondisinya putus alias tidak. Karena kawat pengamannya terbungkus oleh tabung kaca bening.

Sementara sekring tancap, digunakan pada kendaraan modern. Dinamakan sekring tancap lantaran pemasangannya dengan langkah ditancapkan. Sekring ini kudu dicabut dari dudukannya terlebih dulu untuk memandang kondisinya putus alias tidak. Sekring tancap mempunyai beragam warna nan berbeda sesuai dengan kapasitasnya. Berikut warna sekring tancap sesuai dengan spesifikasinya: 

  • Oranye – 5 Ampere (A) 

  • Merah – 10A 

  • Biru – 15A 

  • Kuning – 20A 

  • Bening alias ungu – 25A 

  • Hijau- 30A 

Dengan sekring, rangkaian kelistrikan bakal terjaga keamanannya jika terjadi hubungan arus pendek alias aliran arus listrik berlebih nan disebabkan oleh banyak faktor. Perlu diingat, perhatikan kapasitasnya ketika mengganti sekring lama dengan nan baru. Jangan sampai menggunakan sekring baru dengan kapabilitas lebih tinggi lantaran memperbesar kemungkinan kerusakan pada sistem kelistrikan. 

Sebagai langkah penengahan, pemilik sepeda motor perlu malakukan pemeriksaan dan perawatan berkala. Bawalah sepeda motor kesayangan ke bengkel AHASS terdekat untuk medapatkan pemeriksaan dan perawatan secara menyeluruh oleh mekanik Honda berpengalaman.

Sumber: 

Sumber: motorkux

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita