Safety Gloves, Fungsi & Jenis Sarung Tangan Safety

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Memahami kegunaan dari sarung tangan safety dan jenis sarung tangan safety sangat krusial bagi para pekerja nan bekerja di lingkungan kerja dengan akibat cidera kerja tinggi. Safety gloves alias sarung tangan safety sendiri adalah salah satu jenis APD alias perangkat pelindung diri nan termasuk dalam bagian K3 dan wajib dikenakan oleh pekerja terutama nan bekerja di area kerja nan berbahaya.

Untuk memilih jenis sarung tangan safety nan paling tepat, tentunya Anda kudu menyesuaikannya berasas potensi ancaman nan ada di lingkungan kerja Anda. Pada tulisan ini kita bakal membahas mengenai sarung tangan safety serta apa saja kegunaan dan jenis dari safety gloves nan perlu dikenakan oleh para pekerja.

Jenis Sarung Tangan Safety

Pengertian dan Fungsi Safety Gloves

Sarung Tangan Safety alias Safety Gloves adalah bagian dari perangkat pelindung diri (APD) nan berfaedah untuk melindungi tangan dan jari tangan Anda dari kecelakaan kerja. Banyak bagian industri alias pekerjaan nan mempunyai akibat kerja cukup tinggi, misalnya saja di industri pertambangan, konstruksi, bahan kimia, dan tetap banyak lagi.

Risiko – akibat kerja nan mungkin terjadi misalnya saja:

  1. Tangan terkena sayatan dari barang tajam
  2. Luka bakar pada tangan akibat suhu tinggi seperti mesin las
  3. Tangan terkilir alias tertindih akibat beban berat
  4. Risiko tersetrum akibat berasosiasi dengan arus listrik

Dengan adanya banyak akibat kecelakaan kerja, maka sarung tangan safety alias safety gloves merupakan salah satu bagian K3 nan wajib dipakai oleh perkerja nan bekerja di area berbahaya.

Umumnya selain mengenakan safety gloves, pekerja juga diwajibkan memakai safety shoes, safety vest dan juga safety helmet, agar perlindungan dapat maksimal. Beberapa faedah dari menggunakan safety gloves alias sarung tangan safety yaitu:

  1. Melindungi tangan dari luka akibat sayatan barang tajam di area kerja
  2. Melindungi tangan dari tusukan barang tajam
  3. Melindungi dan meminimalisir cidera berupa terkilir dan patah tulang akibat tertindih barang berat
  4. Melindungi pemakai dari sengatan listrik di area kerja
  5. Melindungi tangan dari luka bakar akibat cairan kimia di area kerja

Jenis Sarung Tangan Safety

Jenis sarung tangan safety alias safety gloves ada bermacam – macam. Umumnya sarung tangan safety dibedakan berasas keahlian dari sarung tangan tersebut dalam melindungi pemakainya. Misalnya ada jenis nan melindungi tangan dari tindihan beban berat alias ada nan unik dibuat untuk dapat menahan suhu tinggi.

Adapula Safety Gloves nan mempunyai keahlian slip resistant dan juga sarung tangan nan dapat menghalang hantaran listrik sehingga mencegah pemakainya tersengat listrik. Beberapa jenis sarung tangan safety antara lain:

Antistatic Gloves

Memiliki keahlian untuk mencegah penumpukan listrik statis. Dengan fitur antistatik, Anda dapat mencegah terjadinya penumpukan listrik nan dapat menyebabkan kebakaran alias ledakan.

Chemical Resistant Gloves

terbuat dari karet seperti butyl, latex, nitrile, vinyl, neoprene, alias PVC. Sarung tangan jenis ini digunakan untuk melindungi pemakai dari unsur – unsur kimia rawan dan biasa digunakan di area kerja seperti laboratorium, rumah sakit.

Slip Resistant Gloves

Sarung tangan jenis ini mempunyai fitur anti slip berkah material khusus. Anti-slip hand gloves dilengkapi dengan grip technology sehingga objek kerja nan berminyak maupun basah dapat di genggam dengan kuat tanpa terpeleset.

Heat Resistant Gloves

Heat resistant gloves berfaedah sebagai isolator panas. Sarung tangan jenis ini bisa melindungi tangan dari panas alias suhu tinggi sehingga pekerja dapat terhindari dari akibat luka bakar.

Cut & Puncture Resistant Gloves

Adalah sarung tangan nan dapat melindungi pemakai dari akibat kecelakaan kerja akibat tusukan alias sayatan dari barang tajam. Umum digunakan oleh pekerja nan menggunakan perangkat – perangkat pangkas seperti gergaji misalnya.

Impact Hand Gloves

Adalah sarung tangan nan dilengkapi dengan shock absorber alias peredam kejut nan dapat melindungi tangan dari cidera akibat kejatuhan alias tertindih barang – barang berat.

Demikian penjelasan mengenai kegunaan dan jenis sarung tangan safety. Pilihlah safety gloves sesuai dengan akibat kerja nan Anda hadapi sehingga perlindungan nan Anda dapatkan bakal sesuai dan maksimal. Pastikan Anda juga memakai perlengkapan APD lain selain safety gloves sehingga Anda terlindungi secara optimal.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka