Prajurit transgender Byun Hee Soo akan dimakamkan di pemakaman nasional Daejeon

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Seorang tentara transgender, nan meninggal secara tragis pada tahun 2021 lantaran bunuh diri setelah dipulangkan secara paksa, sekarang bakal dimakamkan di pemakaman nasional di Daejeon di Korea Selatan tengah. Hal ini menyusul keputusan baru-baru ini oleh panel negara nan mengakui kematiannya terjadi saat menjalankan tugas, seorang pejabat Kementerian Veteran mengumumkan pada hari Rabu.

Pada bulan Maret, komite peninjau negara nan berafiliasi dengan kementerian pertahanan mengategorikan ulang kematian Sersan Byun Hee Soo sebagai kejadian saat bertugas. Keputusan krusial ini membatalkan pengelompokkan sebelumnya, sehingga jenazahnya dapat dikebumikan di pemakaman nasional.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Seorang pejabat menjelaskan, “Setelah menyelesaikan prosedur nan diperlukan, seperti pemeriksaan latar belakang, diputuskan bahwa tidak ada argumen untuk mendiskualifikasi pemakaman di Pemakaman Nasional Daejeon.”

Sersan Byun Hee Soo telah menjalani operasi penggantian kelamin pada tahun 2019, dua tahun setelah dia secara sukarela mendaftar wajib militer. Ia mengungkapkan kemauan kuatnya untuk terus mengabdi sebagai tentara wanita. Namun, Angkatan Darat memecatnya pada Januari 2020.

Setelah keluar dari rumah sakit, Byun Hee Soo mengusulkan gugatan terhadap keputusan tersebut, namun dia ditemukan tewas di rumahnya pada Maret 2021.

Awalnya, pada Desember 2022, Angkatan Darat mengklasifikasikan kematiannya sebagai kematian “umum”. Namun, pada bulan berikutnya, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia merekomendasikan agar Kementerian Pertahanan meninjau ulang keputusan tersebut. Hal ini menyebabkan keputusan panel negara bagian baru-baru ini untuk mengakui kematiannya terjadi saat menjalankan tugas.

LIHAT JUGA: K-Netizen menanggapi Iklan Subway nan Mempromosikan Operasi Plastik untuk Anjing


Sumber: allkpop-com

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita