Power Tools: Pengertian, Fungsi Power Tools dan Jenisnya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Fungsi power tools alias disebut juga dengan perkakas mesin alias peralatan mesin dalam kehidupan sehari – hari sangat banyak. Sama halnya dengan hand tools, power tools juga seringkali digunakan tidak hanya dalam rumah tangga namun juga dalam beragam bagian industri.

Power tools juga terdiri dari beberapa macam jenis dan masing – masing jenis mempunyai kegunaan nya tersendiri. Setelah pada tulisan sebelumnya kita membahas mengenai hand tools alias perkakas tangan, pada kesempatan kali ini kita bakal membahas mengenai perkakas mesin alias power tools.

Pengertian Perkakas Mesin (Power Tools)

Apabila hand tools merupakan perkakas nan dalam penggunaannya tidak menggunakan mesin alias listrik dan mengandalkan tenaga manusia, maka sebaliknya dengan perkakas mesin alias power tools. Power tools memerlukan sumber tenaga berupa listrik alias baterai.

jenis power tools

Ada beberapa perkakas mesin nan memerlukan perkakas tersebut tersambung ke sumber listrik untuk dapat bekerja. Namun pada beberapa mesin nan modern, biasanya dilengkapi juga dengan baterai nan dapat diisi ulang, sehingga mesin tidak perlu terus terhubung ke sumber listrik.

Fungsi Power Tools

Sama dengan perkakas tangan, perkakas mesin alias power tools juga mempunyai banyak kegunaan dan kegunaan. Misalnya saja untuk memperbaiki kendaraan, untuk memperbaiki perabot rumah tangga nan rusak, untuk memasang baut alias sekrup, dan tetap banyak lagi.

Dikarenakan power tools menggunakan tenaga dari listrik alias baterai, maka untuk beberapa jenis pekerjaan dapat lebih meringankan andaikan menggunakan power tools, misalnya saja untuk mengencangkan alias melepaskan baut. Tidak perlu menggunakan obeng manual tapi dapat menggunakan cordless screwdriver misalnya.

Jenis – Jenis Perkakas Mesin

Perkakas mesin alias power tools terdiri dari banyak jenis alias macamnya. Masing – masing perkakas mempunyai kegunaan dan kegunaan masing – masing. Beberapa perkakas cocok alias sering digunakan untuk industri tertentu, sementara untuk kebutuhan rumah tangga, Anda mungkin tidak memerlukan beberapa macam jenis perkakas mesin, misalnya saja bench grinder.

fungsi power tools

Berikut ini bakal dibahas beberapa contoh jenis power tools nan sering digunakan beserta kegunaan dari masing – masing perkakas tersebut:

Bor Listrik (Electric Drill / Hand Drill)

Perkakas mesin ini merupakan perkakas mesin umum nan digunakan baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk industri. Mesin bor listrik merupakan perkakas mesin nan mempunyai kegunaan untuk membikin lubang alias mengebor pada objek tertentu, misalnya kayu, triplek, tembok, sesuai kebutuhan.

Bor Impact (Impact Drill)

Bor impact mempunyai kegunaan dan kegunaan nan sama dengan bor listrik biasa. Bor impact juga dapat digunakan untuk melubangi objek barang tertentu.

Akan tetapi, nan membedakan adalah pada bor impact dilengkapi dengan kegunaan untuk memberikan hentakan alias daya bentur ke objek nan keras seperti beton. Hal ini bermaksud agar objek nan keras seperti beton tetap dapat dilubangi ataupun baut dan sekrup nan terpasang keras dapat mudah dilonggarkan.

Bench Drill

Bench drill alias seringkali disebut juga bor duduk, merupakan ragam lain dari mesin bor. Perbedaannya adalah jika pada mesin bor biasa alias impact drill umumnya mesin bor berkarakter portabel dan digenggam, maka pada bench drill, posisi mesin adalah diletakkan di atas meja alias permukaan.

Selanjutnya barang nan hendak dilubangi, diarahkan ke posisi pengeboran pada mesin. Bench drill cocok digunakan untuk pekerjaan dengan skala nan besar.

Gerinda (Grinder)

Grinder alias gerinda adalah perkakas mesin nan berfaedah untuk meratakan permukaan benda, memotong hingga membentuk suatu permukaan. Umumnya gerinda juga digunakan di industri bangunan alias gedung untuk meratakan material dan memotong keramik, kayu, hingga kaca.

Bench Grinder

Sama seperti mesin bor, gerinda juga mempunyai jenis ragam berupa mesin gerinda duduk alias bench grinder. Berbeda dengan mesin gerinda biasa nan sifatnya portable, bench grinder biasanya tertanam di meja kerja dan objek nan hendak dihaluskan alias dipotong, diarahkan ke mesin.

Cordless Screwdriver

Obeng cordless alias cordless screwdriver merupakan perkakas mesin nan mempunyai kegunaan sama dengan obeng manual. Akan tetapi pengguna tidak perlu menggunakan tenaga manual, melainkan menggunakan tenaga mesin dari listrik alias baterai.

Biasanya arah putaran dari cordless screwdriver dapat diatur apakah putaran searah jarum jam (mengencangkan) alias berlawanan jarum jam (melonggarkan).

Demikian tulisan mengenai pengertian, kegunaan power tools beserta beberapa contoh perkakas mesin nan umum digunakan dalam rumah tangga maupun industri.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka