Pertunjukan Musikal 'Dari Pancaniti Mencapai Ceurik Oma' Bikin Merinding Penonton, Ini Tutur Guru Besar UPI Bandung

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Cianjur, SekitarKita.id – Guru Besar Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Prof. Dr. Yus Rusyana menyampaikan, Yayasan Kebudayaan Lokatmala Indonesia alias Yayasan Lokatmala bisa menghadirkan seni dan budaya secara bermartabat.

Demikian diungkapkan Prof Yus, sapaan akrabnya, usai menyaksikan Pagelaran Musik 'Dari Pancaniti Hingga Ceurik Oma' di Gedung Assakinah Cianjur, Jl. Abdullah bin Nuh, Cianjur, Rabu (10/7/2024) petang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kita kudu segera terus memajukan seni dan budaya nasional kita sendiri, jangan mencapai seni dan budaya kita tersingkirkan oleh pengaruh asing,” ujarnya.

Baca Juga : Strategi Ampuh Mendongkrak Omzet dengan D'Consulting Benefit Maximizer

Salah satu caranya, ujar Prof. Yus, adalah dengan melakukan inovasi-inovasi dengan tetap berpegang pada tradisi nan kita miliki. Kemudian hasilnya dipersembahkan kepada masyarakat secara bermartabat.

“Itulah rupanya nan tengah digagas Kelompok Lokatmala nan diketuai Ibu Wina Rezky Agustina, M.Sn. dengan menggelar Pagelaran Musik “Dari Pancaniti Hingga Ceurik Oma” di Cianjur,” ujar pembimbing besar nan juga mengajar di Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur tersebut.

Menurutnya, sebagai salah satu penonton pementasan nan digelar Yayasan Lokatmala itu, dirinya lihat pementasan tersebut berbasis pada seni tembang, seni ibing Sunda, dan seni dangdan Sunda.

Baca Juga: BRI-MI Raih Penghargaan Highest Asset Supervisor

“Pertunjukan malam itu mendapat sambutan baik dari masyarakat hari ini nan menyaksikannya dengan penuh suka cita,” lanjutnya.

Sebelumnya, Bupati Cianjur, H. Herman Suherman didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dishudpar) Kabupaten Cianjur, Asep Suparman memberikan ucapan selamat kepada Yayasan Kebudayaan Lokatmala Indonesia alias Yayasan Lokatmala nan telah menjadi pionir dalam pemajuan kebudayaan di Kabupaten Cianjur.

“Pemerintah Kabupaten Cianjur senantiasa memberikan ruang dan kesempatan nan luas bagi terwujudnya pemajuan kebudayaan, salah satunya melalui Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Cianjur Nomor 10 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tri Dharma Kebudayaan Cianjur,” ujar Bupati.

Baca Juga: Barantum Omnichannel Chat: Solusi Tersambung untuk Mengelola Pesan Pelanggan

Menurutnya, pagelaran musik ini telah bisa menghadirkan nilai-nilai luhur nan sudah menjadi filosofi bagi kehidupan masyarakat Kabupaten Cianjur, ialah Ngaos, Mamaos dan Maenpo.

“Pertunjukan nan digelar diharapkan bisa menjadi pengayaan dan penyesuaian budaya, menciptakan kreasi dan penemuan baru dan kekinian dengan tetap berdasarkan pada akar dan budaya istiadat dengan begitu mudah diterima oleh generasi muda,” lanjutnya.

Yayasan Lokatmala alias Yayasan Kebudayaan Indonesia Lokatmala di Cianjur dikenal sebagai lembaga nan bergerak di bagian kebudayaan, seni pertunjukan, kemanusiaan, pendidikan dan pendampingan pengembangan sosial budaya.

Baca Juga: Hadi Kuncoro: Mengungkap Rahasia Keuntungan Bisnis Lewat Digitalisasi

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita