Peristiwa menjelang hukuman 25 tahun pendiri FTX Sam Bankman-Fried Oleh Reuters

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Oleh Luc Cohen

NEW YORK (Reuters) -Sam Bankman-Fried dijatuhi balasan 25 tahun penjara pada hari Kamis atas keyakinannya atas tuduhan penipuan nan berasal dari keruntuhan dramatis pertukaran mata duit mata uang digital FTX nan dia dirikan.

Berikut adalah kronologi kejadian menjelang balasan terhadap mantan miliarder berumur 32 tahun itu:

2017

Bankman-Fried, lulusan Institut Teknologi Massachusetts, berakhir dari pekerjaannya sebagai pedagang kuantitatif di Jane Boulevard Capital dan meluncurkan Alameda Analysis, sebuah perusahaan perdagangan nan berfokus pada mata duit kripto.

MEI 2019

Bankman-Fried dan mantan tenaga kerja Google (NASDAQ 🙂 Gary Wang menemukan FTX sebagai platform baru untuk memperdagangkan token mata uang digital dan turunannya.

OKTOBER 2021

FTX mengumpulkan $420 juta dalam pendanaan ventura, memberi nilai perusahaan sebesar $25 miliar. Bankman-Fried memulai debutnya di daftar miliarder Forbes, nan memperkirakan kekayaan bersihnya mencapai $22,5 miliar. Penilaian majalah tersebut terhadap kekayaannya bakal meningkat menjadi $26 miliar pada akhir tahun.

FEBRUARI 2022

Siaran NFL Tremendous Bowl penuh dengan iklan mata duit kripto, menandakan puncak kegilaan terhadap kelas aset nan sedang booming. Tempat “Don't Leave out Out” FTX menampilkan tokoh Larry David, nan skeptisismenya terhadap platform ini digambarkan mirip dengan manusia purba nan meragukan pentingnya roda.

JUNI-JULI 2022

Bankman-Fried muncul sebagai “ksatria putih” di sektor mata duit mata uang digital di tengah anjloknya nilai dan aset virtual lainnya. Alameda memberi pemberi pinjaman mata uang digital Voyager Virtual akomodasi angsuran $200 juta, dan FTX memberi pemberi pinjaman BlockFi pinjaman $250 juta.

November. 2 Agustus 2022

Situs internet buletin Crypto CoinDesk menerbitkan bocoran neraca Alameda Analysis nan menunjukkan bahwa sebagian besar asetnya senilai $14,6 miliar disimpan dalam token FTX sendiri, nan disebut FTT. Token tersebut kemudian kehilangan sekitar $400 juta dari kapitalisasi pasarnya, dan bursa saingannya Binance mengatakan bakal menjual kepemilikan FTT-nya.

November. 11 Agustus 2022

FTX mengusulkan perlindungan kebangkrutan AS setelah gelombang penarikan pelanggan, dan Bankman-Fried mengundurkan diri sebagai CEO-nya.

Desember. 12 Agustus 2022

Bankman-Fried ditangkap di Bahama, tempat dia tinggal dan markas FTX. Kantor Kejaksaan AS di Ny kemudian mengonfirmasi bahwa majelis juri federal telah mendakwa dia atas tuduhan penipuan dan konspirasi.

Desember. 21 Agustus 2022

Bankman-Fried meninggalkan Bahama setelah setuju untuk diekstradisi ke Amerika Serikat. Saat dia berada di udara, jaksa mengungkapkan bahwa Wang dan CEO Alameda Caroline Ellison telah mengaku bersalah dan setuju untuk bekerja sama dengan jaksa.

Desember. 22 Agustus 2022

Bankman-Fried muncul pertama kali di pengadilan federal Ny dan dibebaskan ke tahanan rumah di rumah orang tuanya di Palo Alto, California, dengan agunan $250 juta.

Januari. 12-3-2023

Bankman-Fried mengaku tidak bersalah dan Hakim Distrik AS Lewis Kaplan menjadwalkan persidangannya pada bulan Oktober. Dalam postingan weblog pasca penangkapan, Bankman-Fried menyangkal mencuri biaya dan menyalahkan keruntuhan FTX pada penurunan nan lebih luas di pasar kripto.

Agustus. 11 Agustus 2023

Kaplan mencabut agunan Bankman-Fried setelah menemukan kemungkinan argumen untuk meyakini bahwa dia memanipulasi saksi setidaknya dua kali, termasuk dengan membagikan tulisan pribadi Ellison kepada reporter New York Instances. Bankman-Fried dikirim ke Pusat Penahanan Metropolitan Brooklyn sembari menunggu persidangan.

Oktober. 3 Agustus 2023

Persidangan dimulai di pengadilan federal Ny.

Oktober. 28 Agustus 2023

Bankman-Fried bersaksi untuk pembelaannya sendiri, dengan mengatakan “banyak orang terluka” ketika FTX runtuh tetapi bersikeras bahwa dia tidak menipu siapa pun alias mencuri miliaran dolar dari pelanggan.

November. 2 Agustus 2023

Bankman-Fried dinyatakan bersalah atas tujuh dakwaan nan dihadapinya.

 Sam Bankman-Fried, pendiri pertukaran mata duit mata uang digital FTX nan bangkrut, tiba di pengadilan saat pengacara mendorong untuk membujuk pengadil nan mengawasi kasus penipuannya agar tidak memenjarakannya sebelum persidangan, di gedung pengadilan di New York, AS, 11 Agustus, 2023. REUTERS/Eduardo Munoz/Foto File

28 MARET 2024

Kaplan menghukum Bankman-Fried 25 tahun penjara.

2024-03-29 02:13:10

www.making an investment.com

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita