Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org yang Perlu Diketahui untuk Membangun Website

Sedang Trending 7 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org nan Perlu Diketahui untuk Membangun Website
Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org nan Perlu Diketahui untuk Membangun Website

Malasngeblog.com - Pada kesempatan ini, tulisan berikut bakal membahas topik nan sering membingungkan pengguna, ialah perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org.

Dengan menyimak tulisan ini, Anda bakal menemukan jawaban dari perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org dan menentukan mana nan lebih baik untuk digunakan sesuai dengan keperluan dan anggaran nan dimiliki oleh pengelola blog.

Apa Itu WordPress?

WordPress adalah perangkat lunak nan awalnya diciptakan untuk membikin blog. Saat ini, WordPress telah menjadi salah satu platform paling terkenal untuk mengelola situs web.

Diperkirakan sekitar 34 persen dari semua situs web di seluruh bumi melangkah dengan WordPress. Kenapa begitu populer? lantaran WordPress adalah perangkat lunak open source nan gratis.

Mengenal WordPress.org

WordPress.org adalah website nan menyediakan perangkat lunak WordPress untuk diunduh secara gratis. Namun, ada satu perbedaan utama dengan WordPress.com.

Saat menggunakan WordPress.org, Anda kudu mengatur semua instalasi dan hosting web sendiri. Ini berfaedah pengguna mempunyai kendali absolut dan elastisitas penuh atas website nan Anda kelola.

Di WordPress.org, Anda bisa memilih tema apa pun sesuai kemauan dan mengakses beragam plugin untuk menyempurnakan website. Tidak ada batas nan signifikan dalam perihal penyesuaian, nan membuatnya sangat fleksibel.

Penting juga untuk mengetahui 10 page builder WordPress terbaik dan mudah digunakan dan cara mengganti tema WordPress agar tampilan website lebih menarik.

Mengenal WordPress.com

Di sisi lain, WordPress.com adalah jasa berbayar nan menangani instalasi dan hosting untuk pengelola blog alias website. Jika Anda tidak mau repot-repot dengan pengaturan teknis seperti pada WordPress.org, WordPress.com bisa menjadi pilihan nan bagus. Layanan ini menawarkan paket berbeda-berbeda, termasuk paket gratis, pribadi, premium, dan bisnis.

Paket cuma-cuma adalah paket WordPress.com nan cocok untuk pemula, tetapi jika memerlukan lebih banyak fitur, mungkin bisa mempertimbangkan paket premium alias bisnis. Namun, perlu diingat bahwa pilihan tema dan plugin bakal lebih terbatas tergantung pada paket nan dipilih saat menggunakan jasa ini.

Harga dan Biaya WordPress.com dan WordPress.org

Sekarang mari kita bicarakan tentang nilai dan biaya di antara kedua jasa tersebut. Ketika menjalankan WordPress melalui WordPress.org, Anda perlu menganggarkan biaya untuk:

Hosting web, nan bisa berkisar antara 5-40 dolar per bulan.

Nama domain, dengan biaya sekitar lima belas dolar per tahun.

Tema premium, dengan nilai berkisar antara 40-150 dolar.

Plugin berbayar, dengan nilai nan serupa dengan tema premium.

Sementara itu, WordPress.com menawarkan beragam paket nan berkisar dari cuma-cuma hingga bisnis. Ini mencakup pilihan seperti:

1. Paket Personal (gratis)

2. Paket Premium sebesar 8 dolar per bulan

3. Paket Business sebesar 25 dolar per bulan

4. Paket eCommerce sebesar 45 dolar per bulan.

Pilihan antara WordPress.com dan WordPress.org tergantung pada kebutuhan dan anggaran pengguna. Jika Anda menginginkan kendali penuh dan elastisitas dalam pengelolaan website, WordPress.org mungkin menjadi pilihan terbaik. Namun, ini juga memerlukan lebih banyak perihal nan perlu dikonfigurasi dan pemahaman teknis.

Di sisi lain, andaikan memerlukan kemudahan instalasi dan pengaturan, serta support teknis nan baik, WordPress.com adalah opsi nan patut dipertimbangkan.

Penting untuk mencari tahu apa nan paling cocok untuk pengguna dengan merinci kebutuhan dan anggaran. Baik WordPress.com maupun WordPress.org mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Terima kasih telah membaca pedoman seputar WordPress ini dan semoga membantu dalam membikin keputusan nan tepat untuk website. Sampai bertemu di tulisan seputar blog lainnya.

Selengkapnya
Sumber Blogging Malas Ngeblog
Blogging Malas Ngeblog