Penyebab Sinyal Wifi Router Lemah

Sedang Trending 5 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Penyebab sinyal Wifi Router lemah bisa dikarenakan banyak hal. Sinyal wifi nan melemah alias tidak mendapat sinyal sama sekali tentu seringkali membikin jengkel pengguna. Hal ini dikarenakan hubungan internet menjadi terganggu. Ini tentu dapat menghalang sejumlah aktivitas alias aktivitas nan memerlukan hubungan internet stabil.

Beberapa perihal nan menyebabkan sinyal wifi menjadi lemah alias lenyap umumnya disebabkan lantaran masalah dari router itu sendiri, kabel alias gangguan teknis lainnya. Masing – masing masalah alias hambatan ini tentu memerlukan penanganan nan berbeda sehingga masalah sinyal wifi nan lemah dapat diatasi. Dalam tulisan kali ini kita bakal membahas sejumlah penyebab sinyal wifi router lemah.

Penyebab Sinyal Wifi Router Lemah

Meskipun router wifi sudah terhubung dengan baik dan hubungan internet juga tidak ada masalah, namun sinyal wifi nan diterima oleh pengguna bisa beragam. Seringkali sinyal nan didapat tidak penuh alias lemah. Akibatnya adalah hubungan internet menjadi terasa lambat dan lemot.

Adapun beberapa penyebab sinyal wifi router lemah antara lain:

Posisi Router Terhalang Benda / Dinding

Peletakan alias posisi router sangat mempengaruhi kualitas sinyal nan diterima oleh pengguna. Apabila router ditempatkan di area nan terbuka, bakal memberikan kualitas sinyal nan lebih baik dibandingkan dengan sinyal dari router nan diletakkan di pojok ruangan alias dibalik dinding. Semakin banyak halangan alias tembok nan dilalui, maka kecepatan wifi bakal semakin lemah

Blind Spot

Meskipun posisi router sudah tepat, namun seringkali user tidak mendapat kualitas sinyal nan memadai. Hal ini bisa dikarenakan Anda berada di area blind spot. Blind spot disini adalah area alias posisi di ruangan rumah alias instansi nan tidak terjangkau oleh jangkauan antena dari router. Akibatnya kualitas sinyal nan didapatkan juga jelek apalagi tidak ada sinyal sama sekali.

Banyak User nan Terhubung

Kualitas sinyal wifi nan diterima serta kualitas kecepatan nan didapat oleh pengguna juga ditentukan oleh seberapa banyak pengguna lain nan terhubung dengan router wifi tersebut. Semakin banyak user nan terhubung dan menggunakan jaringan, maka semakin lemah dan lambat kualitas jaringan nan didapatkan oleh masing – masing pengguna.

penyebab sinyal wifi router lemah

Router Perlu Di Restart

Router merupakan salah satu perangkat nan umum dibiarkan nyala terus menerus. Namun kebiasaan jarang melakukan restart pada router, terutama untuk jangka waktu lama, dapat mempengaruhi kualitas sinyal serta jaringan nan Anda dapatkan. Solusinya cukup mudah dimana Anda hanya perlu melakukan restart pada router alias menjadwalkan restart ulang berkala secara otomatis pada pengaturan router.

Layanan Instalasi Router Bhinneka

Untuk memastikan router dapat memberikan kualitas sinyal nan baik dan optimal untuk para pengguna, maka pemasangan, posisi, serta pengaturan router kudu dilakukan dengan tepat. Hal ini bermaksud untuk meminimalisir blind spot dan memaksimalkan keahlian router untuk memberikan sinyal dan kecepatan jaringan nan optimal.

Bagi Anda nan mempunyai hambatan dalam memasang router untuk kebutuhan upaya alias kantor, tidak perlu khawatir. Bhinneka mempunyai jasa service untuk instalasi unit router access point. Layanan ini dilakukan oleh mahir dan meliputi pengerjaan berikut ini:

  1. Analisa awal (topologi)
  2. Pemasangan unit Router Access Point
  3. Setting SSID dan password
  4. Setting DHCP dan IP Address
  5. MAC Filtering up to 5 user
  6. Tidak termasuk penarikan kabel jaringan, listrik dan pekerjaan sipil

Pengerjaan dilakukan oleh teknisi ahli dimana teknisi bakal langsung datang ke letak Anda untuk melakukan pemasangan instalasi router sesuai kebutuhan instansi alias upaya nan Anda miliki. Anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai jasa instalasi router access point pada laman berikut ini.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka