Penyebab Muncul Uban di Usia Muda

Sedang Trending 5 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Apa penyebab muncul rambut putih di usia muda? Pertanyaan ini seringkali ditanyakan, lantaran rambut putih alias rambut putih nan seringkali muncul pada orang dewasa alias usia lanjut rupanya dapat juga muncul pada usia remaja. Uban alias rambut putih biasanya mulai muncul saat seseorang berumur 40. Namun, tidak jarang ada remaja alias anak muda usia belasan alias 20 nan juga mempunyai uban.

Hal ini wajar dan tidak aneh. Uban tidak hanya muncul dikarenakan proses penuaan. Namun ada beberapa aspek nan dapat menyebabkan rambut putih muncul di kepala apalagi pada usia remaja sekalipun. Pada tulisan kali ini bakal dibahas beberapa penyebab nan dapat menjadi aspek munculnya rambut putih di usia muda.

Peran Melanin Pada Warna Rambut

Sebelum membahas penyebab seseorang di usia muda dapat mempunyai rambut beruban, perlu dipahami terlebih dulu mengenai melanin. Melanin adalah pigmen nan berfaedah untuk memberi warna pada kulit.

Pada kulit kepala kita terdapat folikel alias tempat tumbuh rambut. Pada folikel ini terdapat sel pigmen melanin. Secara unik terdapat dua jenis melanin ialah eumelanin dan pheomelanin nan berfaedah menentukan warna rambut seseorang.

penyebab rambut putih muncul di usia muda

Jumlah melanin dapat berkurang. Jumlah melanin nan sedikit inilah nan membikin rambut seseorang tumbuh menjadi warna abu keperakan alias putih dan kita kenal dengan rambut putih alias rambut putih. Jumlah melanin biasanya berkurang seiring bertambahnya usia seseorang.

Lantas apa penyebab seseorang nan tetap berumur muda dapat mempunyai rambut putih alias uban?

Penyebab Muncul Uban di Usia Muda

Apabila pada usia tua, rambut putih umumnya disebabkan lantaran berkurangnya produksi melanin, maka ada beberapa perihal alias aspek nan dapat menyebabkan munculnya rambut putih pada usia muda. Dari hasil penelitian, rambut putih di usia muda pada orang Asia dapat terjadi apalagi sebelum usia 25 tahun.

Ada beberapa penyebab tumbuh alias munculnya rambut putih di usia muda, antara lain:

Kurangnya Vitamin

Salah satu vitamin esensial nan berfaedah untuk kesehatan rambut antara lain vitamin B6, B12, vitamin D dan vitamin E. Vitamin – vitamin ini mempunyai peran krusial dalam pertumbuhan sel rambut.

Vitamin B12 misalnya, mempunyai peran untuk sel darah merah nan mengangkut oksigen salah satunya ke sel – sel rambut. Apabila Anda mengalami defisiensi vitamin ini, dapat mempengaruhi jumlah oksigen nan diterima sel rambut dan pada akhirnya mempengaruhi jumlah produksi melanin.

Faktor Genetik

Penyebab rambut memutih alias beruban di usia muda juga dapat disebabkan lantaran aspek genetik alias keturunan. Orang Asia dapat mengalami rambut memutih sebelum usia 25 tahun, sedangkan orang kaukasia misalnya dapat mengalaminya apalagi sebelum usia 20 tahun.

Jika Anda mengalami rambut beruban di usia muda, bisa juga disebabkan lantaran orang tua alias kakek dan nenek Anda mempunyai kondisi serupa sehingga menurun.

Stres

Jangan stres kelak sigap ubanan. Hal ini tentu sering Anda dengar dari orang – orang sekitar Anda. Ya, stres dan rambut beruban memang mempunyai hubungan. Apabila Anda stres, perihal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan reaksi radikal bebas dengan antioksidan dalam tubuh.

uban di usia muda

Hal ini dapat menyebabkan rusaknya sel – sel rambut. Rusaknya sel rambut ini dapat memicu kerusakan pada folikel dan juga berkurangnya melanin sehingga rambut memutih.

Kondisi Kesehatan Tertentu

Beberapa kondisi kesehatan alias penyakit nan dialami seseorang juga dapat menyebabkan rambut memutih lebih awal pada usia muda. Misalnya saja kondisi autoimun nan disebut dengan Vitiligo, dimana beberapa bagian rambut dan kulit mengalami kehilangan pigmen warna sehingga memutih. Sindrom Werner juga bisa menyebabkan munculnya rambut putih di usia muda.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka