Penyebab Kram Perut Saat Lari yang Perlu Anda Ketahui

Sedang Trending 5 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Kram perut alias perut terasa sakit saat lari sering dialami oleh banyak orang meski banyak nan tidak mengetahui apa penyebab kram perut saat lari tersebut. Dalam beberapa kondisi, sakit perut nan terasa cukup mengganggu dan membikin Anda hanya dapat berlari secara pelan, melangkah alias apalagi berhenti.

Kram perut merupakan kondisi nan seringkali dialami ketika seseorang sedang melakukan jogging alias berlari maupun menggunakan treadmill. Pada tulisan ini kita bakal membahas apa nan dimaksud dengan kram perut saat lari dan apa nan menyebabkannya.

penyebab kram perut saat lari

Kram Saat Berolah Raga

Kram perut alias sakit perut saat lari adalah rasa nyeri nan muncul dan dirasakan saat melakukan olahraga seperti jogging alias berlari. Kram ini biasanya dapat muncul mendadak dan terasa sakit saat seseorang berlari alias melakukan aktivitas jalan cepat.

Rasa sakit nan dirasakan pada umumnya dapat dirasakan alias muncul pada antara dua area berikut ini:

  1. Side Stitch ialah rasa nyeri alias kram perut nan muncul dan terasa pada bagian sisi abdomen alias perut, baik bagian kiri alias kanan.
  2. Kram nan muncul pada bagian tengah perut alias abdomen

Selain olahraga berlari, kram perut terutama side stitch juga dapat dirasakan pada seseorang nan melakukan olahraga dalam jangka waktu lama dan berat seperti lari, basket. Lalu apa nan menyebabkan kram perut ini dapat muncul pada saat seseorang berolahraga?

Penyebab Kram Perut saat Lari

Kram alias nyeri perut dapat timbul dikarenakan perut terguncang saat berolahraga setelah Anda makan alias minum. Namun, selain perihal tersebut, ada beberapa penyebab umum Anda mengalami kram alias nyeri perut saat lari:

Dehidrasi

Kekurangan cairan pada saat Anda berlari dapat menyebabkan kram perut muncul. Oleh karenanya pastikan tubuh terhidrasi secara cukup sebelum Anda mulai berlari dan tidak berlebihan. Pasalnya, terlalu banyak minum air juga dapat memicu kram perut saat berlari.

Otot Perut Lelah

Jika Anda berlari untuk waktu nan lama alias menempuh jarak nan jauh, perihal ini dapat memicu kram perut. Pada saat berlari, otot perut dan tubuh bagian atas juga bekerja berbareng dengan otot kaki dan paha.

kram perut saat lari

Jika Anda berlari untuk waktu lama dan jarak nan jauh, otot perut nan bekerja dapat mengalami kelelahan dan menimbulkan rasa nyeri, sensasi terbakar dan memicu kram perut.

Pasokan Oksigen nan Berkurang

Saat berolahraga seperti lari, debar jantung meningkat dan tubuh bakal bekerja untuk mengalihkan aliran darah dari perut menuju otot untuk mensuplai lebih banyak oksigen. Hal ini menyebabkan volume darah nan mengalir menuju bagian pencernaan berkurang.

Seringkali seseorang melakukan teknik pernapasan nan salah dimana seseorang condong bernapas secara dangkal dan tidak menghirup udara alias menarik napas cukup dalam. Hal ini dapat mengakibatkan berkurangnya pasokan oksigen ke jaringan otot di sekitar perut dan memicu terjadinya rasa nyeri alias kram perut.

Gangguan Sistem Pencernaan

Hindari untuk makan makanan berat sebelum berolahraga alias berolahraga setelah selesai makan. Kondisi perut nan terisi pada saat Anda berlari dapat menyebabkan Anda susah untuk bernapas saat berolahraga sehingga dapat memicu kram dan nyeri pada perut.

Sebagai gantinya, Anda dapat mengkonsumsi makanan nan mudah dicerna seperti sereal, oatmeal alias buah seperti pisang 30 menit sebelum memulai latihan

Demikian beberapa perihal nan dapat menyebabkan kram perut saat Anda berolahraga, terutama lari. Upayakan untuk berolahraga dan berlari dengan teknik nan tepat dan hindari olahraga nan terlalu berlebihan untuk tubuh.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka