Penyebab dan Tanda Aki Mobil Lemah & Soak

Sedang Trending 5 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Banyak penyebab serta tanda aki mobil lemah dan soak nan terkadang tidak diketahui pengendara mobil. Hal ini menyebabkan seringkali para pengendara menjadi bingung saat mobil mereka tidak bisa menyala, mendadak mogok alias menunjukkan indikasi aki melemah.

Aki soak sendiri merupakan masalah umum nan seringkali terjadi dan dialami oleh setiap pengendara. Penyebabnya juga banyak dan salah satunya lantaran aki mobil tidak bisa dirawat dengan baik. Pada tulisan ini bakal kita telaah mengenai akibat dari aki soak dan apa saja penyebab aki soak pada mobil.

Tanda Aki Mulai Bermasalah

Aki pada kendaraan bermotor termasuk mobil mempunyai masa usia pakai 2 – 3 tahun. Apabila dirawat dengan benar, masa usia pakai aki bisa mencapai 4 tahun. Namun seringkali, aki hanya dapat memperkuat 2 tahun saja akibat tidak dirawat dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa indikasi dan akibat dari aki mobil mulai soak:

Mesin Sulit Dinyalakan

Hal paling utama nan terasa adalah mobil menjadi susah dihidupkan andaikan aki sudah soak. Meski sudah coba di starter berulang – ulang, mesin tidak mau menyala apalagi tidak muncul bunyi sama sekali.

Suara Klakson Menjadi tidak Nyaring

Pada kendaraan dengan aki nan mulai soak alias melemah, dapat ditandai salah satunya dengan bunyi klakson. Klakson pada kendaraan dengan aki soak suaranya tidak lagi terdengar normal, condong lemah dan tidak nyaring apalagi tidak berbunyi.

mobil mogok

Cahaya Lampu Lebih Redup

Gejala aki lemah alias soak juga dapat dilihat dari sorotan lampu utama kendaraan. Apabila aki soak, umumnya lampu utama bakal terlihat lebih redup dan tidak terang seperti biasanya akibat pasokan listrik dari aki nan melemah.

Penyebab Aki Mobil Lemah

Ada beragam macam perihal nan dapat menyebabkan aki mobil menjadi soak. Berikut ini adalah beberapa perihal nan menjadi penyebab umum:

Mobil jarang Dipakai

Salah satu penyebab sering dari aki soak adalah mobil nan jarang dipakai dan jarang dihidupkan. Hal nan terjadi pada mobil nan jarang dipakai adalah pasokan listrik menjadi berkurang hasilnya aki menjadi tidak optimal dan melemah akibat tidak adanya suplai listrik. Untuk menghindari perihal ini, cukup hidupkan alias panaskan mobil secara rutin.

tanda aki mobil lemah

Penggunaan Aksesoris Berlebihan

Aki pada mobil mempunyai kapasitasnya tersendiri. Penggunaan aksesoris nan berlebihan di dalam mobil alias memodifikasi mobil terlalu berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada suplai listrik dari aki. Misalnya saja sistem audio modifikasi nan memerlukan listrik besar. Akibatnya aki menjadi tidak kuat dan bakal sigap soak.

Menggunakan Lampu Jenis Projector

Lampu jenis proyektor pada mobil memerlukan daya listrik nan cukup besar. Apabila kapabilitas aki tidak sesuai ataut idak kuat, tentu bakal menyebabkan pasokan suplai listrik ke sistem mobil nan lain menjadi terganggu.

Mobil Sering Digunakan

Apabila mobil sering digunakan, Anda perlu memastikan mengecek aki secara rutin. Hal ini dikarenakan andaikan mobil sering digunakan terutama untuk jarak tempuh jauh alias lama nan lama terus menerus, bakal membikin aki bekerja dengan esktra.

Aki Sudah Memasuki Batas Usia Pakai

Aki soak juga dapat disebabkan lantaran aki nan sudah memasuki pemisah usia pakai. Untuk itu, aki perlu diganti dengan nan baru agar sistem kelistrikan pada mobil dapat berfaedah dengan baik lagi.

Demikian beberapa penyebab aki mobil soak. Pastikan Anda selalu melakukan pengecekan secara rutin dan merawat aki mobil Anda dengan baik untuk menghindari mobil Anda mogok lantaran aki menjadi soak.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka