Penjualan album NewJean berkurang setengahnya di tengah kontroversi HYBE dan Min Hee-jin

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Penjualan awal album girl group NewJeans (penjualan album pada minggu pertama setelah rilis, selanjutnya berasas Hanteo Chart) berkurang setengahnya dibandingkan album sebelumnya. Ada beberapa prediksi bahwa kali ini bakal sukses mencapai 'jutaan penjual' berasas penjualan awal saja, namun hasilnya volume penjualan menurun drastis.

Menurut apa nan dikonfirmasi Edaily dengan Hanteo Chart pada tanggal 4, volume penjualan awal single 'Manis sekali' nan dirilis New Jeans pada tanggal 24 bulan lampau sebanyak 884.717 eksemplar. Ini adalah sebuah penurunan sekitar 46,3% dibandingkan penjualan awal 1.650.181 kopi mini album sebelumnya 'Bangun' dirilis pada bulan Juli tahun lalu.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

'How Sweet' merupakan single nan berisi lagu baru 'How Sweet' dan 'Bubble Gum', serta lagu jenis instrumental dari dua lagu tersebut. Pasalnya single ini dirilis di tengah perselisihan manajemen antara agensi New Jeans Cinta CEO Min Hee-jin dan HIBEminat terhadap kinerjanya apalagi lebih tinggi baik di dalam maupun di luar industri.

'How Sweet' terjual lebih dari 810.000 kopi di hari pertama perilisannya, sehingga sepertinya bisa mencapai 'million seller'. Namun, penjualan harian ambruk sejak hari kedua, dengan hanya sekitar 70.000 eksemplar tambahan terjual selama sisa periode penghitungan awal. Penjualan kumulatif per tanggal 3 sebanyak 891.179 eksemplar.

Tampaknya pasar album K-pop belum bisa menghindari akibat perlambatan pertumbuhannya. Saat NewJeans sedang hiatus tanpa merilis album baru, grup lain sudah mengalami situasi di mana penjualan album mereka menurun dibandingkan album sebelumnya dan mereka kandas mencapai 'karir tertinggi'. Secara khusus, penurunan penjualan nan tajam terlihat pada akhir tahun lampau dan awal tahun ini. Terkait perihal tersebut, terdapat kajian di industri bahwa penurunan jumlah tersebut merupakan akibat dari akumulasi kelelahan di kalangan fans akibat ketatnya persaingan volume penjualan awal nan berjalan selama beberapa tahun.

Untungnya, pasar album K-pop baru-baru ini mendapat sambutan hangat, dengan penjualan album bulanan di bulan April (berdasarkan Korea Music Contents Association) mencapai 12,93 juta unit, melampaui nomor 10 juta untuk pertama kalinya di tahun ini. Diantara tim nan dianggap mewakili girl grup generasi ke-4 berbareng New Jeans, AKU membantu menciptakan gebrakan dengan mencapai penjualan awal sebanyak 1,31 juta kopi dengan mini album 'IVE BERALIH' dirilis pada 29 April.

aespa, perwakilan girl grup generasi ke-4 lainnya, juga sukses menjadi penjual sejuta dengan menjual 1,15 juta kopi dengan album full-length-nya 'Armageddon' dirilis pada tanggal 27 bulan lalu. Baik IVE maupun aespa merupakan tim nan pernah mencatatkan penjualan awal masing-masing sebanyak 1,6 juta dan 1,69 juta kopi. Meski kekuatan albumnya terbilang lebih rendah dibandingkan performa 'career high', kedua tim menunjukkan potensinya dengan sukses meraih 1 juta unit di minggu pertama.

Diantaranya, penjualan awal album baru NewJeans hanya 880.000 unit, dan beberapa pihak cemas bahwa runtuhnya fandom setelah perselisihan manajemen nan berkepanjangan mungkin berkontribusi pada penurunan penjualan album. Seorang pejabat dari industri musik berkata, “Perselisihan internal HYBE, nan berubah menjadi pertarungan berlumpur, mungkin telah melemahkan kesatuan fandom, namun lantaran pasar musik sedang melalui masa transisi, susah untuk menentukan penyebab penurunan penjualan..” Dia menambahkan, “Kita perlu mencermati tren penjualan kumulatif.” dia berkata.

NewJeans melanjutkan popularitasnya, menduduki ranking ke-2 dan ke-3 di tangga lagu utama seperti Melon, Bugs, dan Flo dengan 'How Sweet' dan 'Bubble Gum'. Pada tanggal 21, single debut mereka 'Supernatural' bakal dirilis di Jepang.


Sumber: allkpop-com

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita