Pengertian General Ledger, Fungsi, dan Apa Saja Isinya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Buku besar alias General Ledger adalah salah satu komponen krusial dalam akuntasi lantaran berisi semua catatan semua transaksi keuangan. Meskipun General ledger adalah proses krusial dalam akuntasi, namun tetap banyak nan kesulitan membedakannya dengan Trial Balance. General Ledger dan Trial Balance adalah dua tindakan utama dalam siklus akuntasi nan berfaedah untuk menyusun laporan finansial akhir tahun.

General ledger adalah

General Ledger alias kitab besar adalah arsip akuntasi utama nan berisi semua transaksi finansial dalam upaya Anda. Fungsi utama General Ledger adalah untuk membantu Anda memandang gambaran kondisi finansial upaya secara lebih luas. Selain itu, General Ledger juga berisi kumpulan akun nan dipakai dalam perusahaan.

Apa nan Dimaksud General Ledger ?

General Ledger adalah kumpulan transaksi finansial perusahaan nan digunakan untuk laporan keuangan. General Ledger juga biasa disebut kitab besar alias pembukuan besar. Buku besar ini berisi hasil mutasi transaksi nan berfaedah memandang kumpulan mutasi per akun, saldo awal, dan saldo akhir nan bakal digunakan untuk membikin jurnal penyesuaian sampai ke laporan keuangan.

pengertian general ledger

Semua info pada General Ledger diambil dari jurnal umum. Buku besar ini juga digunakan untuk mencatat entri akhir transaksi. Oleh lantaran itu, bisa disimpulkan bahwa General Ledger merupakan aspek krusial dalam akuntasi lantaran berisi catatan semua transaksi keuangan.

Perbedaan General Ledger dan Trial Balance

Masih banyak nan susah membedakan antara General Ledger dan Trial Balance. Padahal kitab besar berbeda dari Trial Balance alias nan biasa disebut neraca saldo. General Ledger mencatat semua transaksi selama tahun buku. Sedangkan Trial Balance disiapkan pada hari terakhir tahun buku. Tujuan Trial Balance adalah untuk memeriksa kalkulasi saldo pada General Ledger.

Semua saldo debit dicatat dalam kolom nan berbeda dari kredit. Trial Balance membantu akuntan untuk memandang jika ada kesalahan dan membantu identifikasi jenis entri jurnal nan kudu diposting.

General Ledger Trial Balance
Pengertian General Ledger mencatat semua transaksi keuangan Pernyataan ringkas nan mencerminkan saldo kitab besar
Tujuan Mencatat entri akhir transaksi Memeriksa kecermatan kalkulasi dari saldo kitab besar
Klasifikasi Akun Sesuai dengan kelas akun Tidak ada pengelompokkan akun
Jangka Waktu Mencatat transaksi selama tahun akuntansi Disiapkan pada hari terakhir tahun akuntansi

Fungsi General Ledger

Fungsi utama dari General Ledger adalah membantu akuntan untuk membikin laporan keuangan. Maka tanpa General Ledger, akuntan tidak bisa membikin laporan keuangan. Anda bisa mendapat info setiap akun di perusahaan untuk membikin laporan keuangan.

Fungsi lain dari General Ledger adalah untuk menghitung saldo setiap akun nan digunakan dalam perusahaan. Kemudian mengenai dengan Trial Balance, General Ledger memudahkan akuntan untuk mendapatkan info mengenai catatan setiap transaksi finansial nan terjadi selama perusahaan beroperasi.

Manfaat General Ledger untuk Perusahaan

Kenapa General Ledger itu krusial ? Berikut ini adalah faedah General Ledger untuk perusahaan:

Contoh general ledger

1. Bantu Mengambil Keputusan Penting

Manfaat pertama dari General Ledger adalah membantu para pelaku ekonomi, seperti: pemimpin perusahaan, auditor, pembeli, dan stakeholder lainnya untuk melakukan analisa untuk mengembangkan perusahaan. General Ledger memuat semua info nan jeli dan komplit untuk bantu membikin rencana, proyeksi, dan pernyataan keuangan. Para pelaku ekonomi bisa mengambil keputusan krusial dan mengurangi akibat kerugian di masa depan.

2. Bantu Merencanakan Transaksi Keuangan

General ledger biasa digunakan untuk mencatat transaksi dan statistik bisnis. Buku besar juga berisi info tentang pelanggan, pesanan, dan inventaris. Berkat support info tersebut, Anda bisa merencakan semua transaksi finansial dan kebutuhan bisnis, seperti: pembelian inventaris perusahaan, menentukan nilai jual produk, dan mengatur gimana langkah membiayai semua kebutuhan.

3. Memudahkan Pengurusan Pajak Perusahaan

General ledger membantu pembukuan jadi lebih baik. Dengan begitu, perusahaan Anda bisa bayar segala macam izin usaha, asuransi, dan pajak lainnya sesuai ketentuan pajak. Setiap transaksi tercatat agar lebih mudah menghitung berapa besar pajak nan kudu dibayar, berapa banyak pajak dikeluarkan, dan transaksi apa saja nan kena pajak. General ledger juga berisi info rinci pembayaran pajak untuk memudahkan audit.

4. Mengenali dan Mencegah Penipuan

Semua info finansial di General Ledger nan didukung catatan finansial nan baik bisa memudahkan Anda untuk mengenali potensi transaksi penipuan. General Ledger bisa membantu pemilik perusahaan untuk antisipasi persoalan alias penyimpangan dalam transaksi. Jika ditemukan penyimpangan bisa langsung diperbaiki secepat mungkin.

Itulah semua penjelasan mengenai pengertian General Ledger alias kitab besar. General ledger berisi semua akun dan transaksi keuangan. Fungsi kitab besar sangat besar dalam perusahaan. Dengan kitab besar, kita bisa mudah mengetahui perincian setiap transaksi, memudahkan proses audit, dan mencegah penyimpangan transaksi finansial perusahaan. Jika Anda butuh konsultasi pengelolaan bisnis, dapatkan jasa Professional Service di Bhinneka.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka