Pengertian Cyber Security, Jenis, Manfaat, dan Ancaman Cyber Security

Sedang Trending 4 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Kalian sudah mengerti kan bahwa tidak hanya rumah saja nan butuh perlindungan, internet tentu saja kudu diberikan keamanan ekstra. Hmm, ada nan belum mengerti perincian mengenai cyber security? Okay, langsung simak penjelasan selengkapnya saja yuk tentang Pengertian Cyber Security, Jenis, Manfaat, dan Ancaman Cyber Security

Pengertian Cyber Security

Cyber security adalah perlindungan terhadap sistem nan terhubung ke internet, baik itu perangkat lunak, perangkat keras, dan data-data nan kalian miliki.

Cara kerja cyber security berasosiasi dengan jaringan, aplikasi, dan software.

Jika keamanan siber namalain internet sukses maka sistem dan info sensitif pengguna jauh lebih aman. Tidak ada orang namalain pihak-pihak jahat nan sukses mengakses, mengubah, menghapus namalain memeras sistem.

Oia, keamanan siber juga dapat mencegah beragam serangan nan bermaksud mengganggu namalain menghentikan sistem operasi namalain perangkat.

Jenis-jenis Cyber Security

Berikut ini beberapa jenis cyber security berasas kategorinya, adalah sebagai berikut:

1. Keamanan Jaringan

Keamanan jaringan namalain network security adalah praktik pengamanan jaringan dari penyusup. Pada keamanan jaringan dapat melindungi silam lintas info pengguna.

Ada beberapa metode umum untuk menjaga keamanan jaringan, adalah memasang antivirus, firewall, autentikasi dua faktor, dan enkripsi data. Network security dapat melindungi aset perusahaan dan menjaga silam lintas info tetap terjaga.

2. Keamanan Cloud

Keamanan cloud namalain cloud security sangatlah penting. Hal ini lantaran pada era sekarang banyak perusahaan nan menyimpan data-data pentingnya di penyimpanan cloud, seperti MediaFire, Google Drive, hingga website. 

Adapun beberapa metode untuk menjaga keamanan cloud antara lain enkripsi data, autentikasi ganda, dan pemantauan keamanan Cloud.

3. Keamanan Aplikasi

Keamanan aplikasi namalain application security konsentrasi pada keamanan sebuah aplikasi. Bahkan, kerentanan terhadap aplikasi kudu diatasi mulai dari desain. Tujuannya untuk mencegah kerugian nan lebih besar. Pengembang aplikasi kudu bisa memastikan aplikasi nan dia kembangkan betul-betul siap. 

4. Keamanan Informasi

Sebutan lainnya adalah information security. Keamanan ini bermaksud menjaga info krusial nan ada di perusahaan.

Informasi ini bisa meliputi integritas, kerahasiaan, dan info serta info sensitif lainnya milik perusahaan. Ada beberapa penerapan information security, ialah kontrol akses, enkripsi data, dan kebijakan keamanan nan ketat.

5. Keamanan Fisik

Physical security alias keamanan corak merupakan corak perlindungan terhadap perangkat keras dan prasarana corak nan mendukung sistem komputer. Contohnya adalah info center, server, dan ruang server. Caranya bisa dengan pemasangan CCTV, kunci akses, dan sistem keamanan corak lainnya.

6. Keamanan Software

FYI, software juga perlu mendapat perlindungan secara maksimal. Beberapa perihal nan bisa dilakukan untuk menjaga keamanan software pada laptop namalain komputer, adalah pemasangan antivirus, pembaharuan software secara teratur, hingga melakukan pengetesan rutin terhadap keamanan software.

7. Mitigasi

Mitigasi juga bisa berangkaian dengan bumi maya dan bumi digital, loh. Sebuah perusahaan haruslah bisa menentukan langkah setelah mengetahui terjadinya kehilangan data.

Masalah kehilangan info tersebut kudu mendapatkan penanganan nan sigap sebelum mendatangkan kerugian nan lebih besar. Perusahaan kudu segera membikin kebijakan pemulihan untuk memulihkan kondisi agar normal lagi.

Manfaat Cyber Security

Berikut ini beragam benefit dari adanya keamanan siber:

1. Melindungi Data dan Informasi Penting

Tentunya kalian namalain perusahaan mau datanya aman. Keamanan siber inilah nan berdomisili menjaga data-data rahasia dan info krusial lainnya agar tidak dilihat apalagi dicuri pihak lain.

2. Mencegah Serangan dan Gangguan

Keamanan siber juga dapat mencegah serangan siber nan dapat merusak sistem komputer, baik pada hardware maupun software.

Jadi, sistem tidak sampai bermasalah dan kalian tetap bisa memakainya secara aman. Selain itu, kegunaan lain dari cyber security adalah dapat mencegah gangguan operasional nan lainnya.

3. Menjaga Kepercayaan Pelanggan

Bagi perusahaan, mempunyai sistem keamanan nan bagus memang keharusan. Terutama bagi perusahaan-perusahaan e-commerce nan pastinya banyak data-data pelanggan.

Jika info tersebut sampai bocor maka pengguna bakal marah dan kecewa. Mereka bisa enggan menggunakan jasa dari perusahaan tersebut.

Berbeda jika perusahaan tersebut bisa menjaga data-data pengguna nan tersimpan di sistem. Mereka tidak merasa resah lantaran data-datanya aman. Hal ini menjadi salah satu langkah terbaik bagi perusahaan untuk bisa menjaga kepercayaan customer. 

4. Mengurangi Resiko Kerugian Finansial

Jika keamanan siber perusahaan sangat jelek maka perusahaan tersebut bakal kehilangan pelanggan. Nah, seumpama terus-menerus terjadi, tentunya pemasukan perusahaan bakal berkurang.

Namun, setidaknya sistem dan data-data pengguna nan kondusif dapat mengurangi resiko kerugian finansial. Makanya, perusahaan sebaiknya berinvestasi di sektor keamanan untuk mencegah kerugian finansial.

5. Memastikan Website Selalu Bisa Diakses

Sebuah website pasti bisa terakses lantaran tidak ada gangguan dan serangan dari pihak lain dengan keamanan siber nan baik. Cerita mengenai website nan error tentu tidak ada lantaran semuanya melangkah dengan baik. Apalagi website kudu selalu on 24 jam demi menghindari kekecewaan konsumen namalain pelanggan.

Ancaman Cyber Security

Ada beberapa macam ancaman dalam bumi keamanan siber nan kudu diketahui, yaitu:

1. Malware

Salah satu jenis serangan digital nan kudu diwaspadai adalah malware. Malware merupakan program unik nan sengaja diciptakan untuk merusak sistem komputer.

Oia, malware juga bisa mencuri data-data nan ada di dalamnya, loh. Ada beragam jenis malware nan mungkin sudah kalian dengar, adalah virus, worm, ransomware, dan spyware.

2. Phishing

Phising adalah salah satu jenis kejahatan digital nan mana langkah kerjanya adalah mengirimkan email, link, website, namalain telepon nan semirip mungkin dengan aslinya. Dampak terbesar dari phising adalah pencurian data.

Nah, salah satu langkah untuk mencegah agar tidak terkena phising adalah tidak asal mengklik link namalain tautan sebelum mengetahui keasliannya.

3. Spoofing

Spoofing adalah kejahatan bumi maya nan bermaksud untuk mencuri info korban dengan langkah menyamar sebagai orang kepercayaan korban sehingga dia bakal percaya dan langsung terpedaya. Orang nan melakukan spoofing tidak hanya mencuri info saja tetapi juga dapat menanamkan malware pada perangkat korbannya.

4. Injeksi SQL

Injeksi SQL merupakan jenis serangan cyber dengan langkah memasukkan kode rawan ke dalam server nan menggunakan SQL namalain Structured Query Language. Jadi, server nan memakai SQL bakal merilis info nan bisa saja peretas menyalahgunakannya.

5. Serangan Kata Sandi

Serangan kata sandi namalain password attack sudah sangat sering terjadi dan banyak menyantap korban. Cara kerjanya adalah mencoba menebak password seseorang dengan beragam metode, salah satunya adalah social engineering.

Password adalah kunci pintu ke sebuah sistem nan kudu Anda jaga kerahasiaannya. Ibarat sebuah pintu, jika maling sukses mendapatkan kuncinya maka dia bakal mudah masuk dan mencuri peralatan nan ada di dalam rumah.

Makanya, sebaiknya jika membikin password nan susah agar orang lain tidak mudah membobolnya.

6. Serangan DDoS

Salah satu contoh cyber security nan sangat rawan adalah serangan DDoS namalain Distributed Denial of Service. Jenis serangan siber ini mengirimkan banyak permintaan hubungan ke server secara bersamaan. Hal tersebut mengakibatkan web server menjadi terbebani sehingga siapa pun tidak bisa mengaksesnya. 

Roadmap Cyber Security

Bagi kalian nan mau menjadi seorang cyber security, berikut ini tahapan-tahapan karir nan bisa diikuti:

1. Kuasai Skill Komputer

Salah satu skill mendasar nan kudu dikuasai jika mau menjadi seorang nan mahir dalam bagian keamanan siber adalah komputer. Tak hanya mengoperasikan komputer dasar saja namun juga nan lebih kompleks.

2. Menguasai Skill Jaringan

Anyway, kalian kudu menguasai dan memahami tentang jaringan namalain networking. Nantinya kalian dapat lebih memahami transmisi info dan turunannya sebagai salah satu aspek utama dalam serangan siber.

3. Menguasai Skill Linux

Orang-orang maupun perusahaan memang lebih banyak menggunakan Windows. Jika memang mau berkarir di bagian cyber security maka skill penggunaan Linux juga kudu dikuasai. Pada Linux ada beragam macam tools, seperti penetration testing dan audit keamanan jaringan.

4. Programming Skill

Eitss, tetap ada lagi loh skill krusial nan kudu dikuasai, adalah programming. Beberapa bahasa pemrograman nan sebaiknya dikuasai adalah C, C++, Python, Java, dan tetap banyak lagi nan lainnya.

5. Ethical Hacking

Kalian tidak suka kan sama hacker? Sebenarnya kelakuan hacker bisa kalian atasi jika memahami tentang ethical hacking. 

Ethical hacking adalah hacking resmi dari cyber security di suatu perusahaan untuk mengidentifikasi potensi pelanggaran dan pencurian data  jaringan.

6. Penetration Testing

Untuk berkarir sebagai seorang keamanan siber, skill selanjutnya nan kudu dikuasai penetration testing. Skill ini merupakan simulasi serangan oleh perusahaan namalain organisasi untuk mencari kelemahan pada jaringan.

Cara Menanggulangi Cyber Security

Kalem, kaliantidak perlu resah lantaran kalian dapat mengatasi serangan siber dengan beberapa metode, yaitu:

  • Membuat password nan unik dan orang lain susah menebaknya sehingga orang lain susah membobolnya.
  • Mengganti password secara berkala lantaran bisa saja sigap namalain lambat orang lain bakal tahu password kalian, loh. Kalian kudu rutin mengubahnya.
  • Melakukan autentikasi dua aspek agar akun semakin terlindungi.
  • Memasang antivirus terpercaya guna mencegah malware masuk ke perangkat kalian.
  • Jangan download alias klik link sembarangan di internet, ya.

Oia, untuk level pemula penghasilan cyber security berkisar Rp 4 juta hingga Rp 7 juta perbulan. 

Jadi bagaimana, kalian berambisi kah untuk melamar pekerjaaan tersebut? 

Miliki website dan langsung online sekarang juga!

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, Jetorbit siap membantu onlinekan website kemauan kalian dan menjadikan upaya kalian dikenal oleh seluruh dunia. Jetorbit tidak hanya membangun website namalain aplikasi namun juga mengembangkan bagian upaya kalian.

Salah satu argumen kalian kudu membikin website di Jetweb adalah kami memberikan solusi pada apa nan kalian inginkan melalui website dan aplikasi dengan desain, ide, serta kemungkinan nan tak terbatas lainnya. 

Semoga berfaedah 🙂

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno kincaimedia
Kabar Tekno kincaimedia