Musisi Ebit Beat A guncang Padalarang, Anniversary Ciburuy Bangkit ke 2 tahun dipadati emak-emak

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Bandung Barat | Sekitarkita.id,-Bertepatan dengan libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024 ini, ribuan masyarakat Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) hadiri gelaran akbar ‘Anniversary Ciburuy Bangkit’ nan ke 2 tahun.

Masyarakat mulai memenuhi obyek wisata Situ Ciburuy silih berganti seiring memandang gelaran nan diselenggarakan Pemerintah Desa (Pemdes) Ciburuy dari sejak pukul 08.00 WIB pagi hingga 21.11 WIB malam.

Musisi papan atas Ebith Beat A dan pemain sinetron preman pensiun ikut memeriahkan aktivitas tersebut, tak angan ribuan masyarakat beramai-ramai ikut serta dalam aktivitas tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sorak sorai nampak meriah menjelang sore hari, saat Ketiga lakon pemeran sinetron preman pensiun nan sering malalang buana di televisi lokal itu unjuk suara, penduduk turut menyanyi dengan seksama.

Musisi Ebith Beat A guncang Padalarang di Anniversary Ciburuy Bangkit ke 2 tahun, Minggu (24/12). Foto Abdul Kholilulloh Musisi Ebith Beat A guncang Padalarang di Anniversary Ciburuy Bangkit ke 2 tahun, Minggu (24/12). Foto Abdul Kholilulloh.

Sesaat setelah itu, Ebith Beat A penyanyi reffer bumi asal Padalarang itu naik keatas panggung, penduduk nan kebanyakan emak-emak itu turut mengikuti alunan lagu jenre Hip-hop.

Ikuti alunan tangan, ke kiri dan kekanan dengan lagu-lagu hits dari kang Ebith julukannya, masyarakat terlihat antusias, hentakan musik Dj dipadukan dengan lagu Sunda menjadi tambah meriah aktivitas tersebut.

“Gelaran demi gelaran dipertunjukkan mulai tadi pagi ada aktivitas keagamaan, dengan Istighosah dan tabligh Akbar, santunan 224 anak yatim, pangkas tumpeng berjamaah, pagelaran UMKM dan pasar murah,” kata Kepala Desa Ciburuy, Firmansyah saat ditemui sekitarkita.id, Minggu (24/12/2023).

Ia menyebut, ada pula, hormat sosial (baksos) donor darah, kreasi seni budaya, refleksi 2 tahun Ciburuy Bangkit, serta talk sowh curhat penduduk dan Pemdes serta gelaran penutup wayang golek (bebodoran).

 Abdul Kholilulloh)Kepala Desa Ciburuy, Firmansyah (foto: Abdul Kholilulloh)

Firmansyah mengatakan, bertepatan dengan tanggal (23/12) Ciburuy Bangkit Anniversary ke 2 ini sekaligus bertepatan dengan kepemimpinan dirinya menjabat sebagai kades.

“Awalnya ini tampungan aspirasi dari para masyarakat sekitar dan inisiatif para tokoh budaya di Desa Ciburuy untuk menyelenggarakan gelaran ini,” ucapnya.

“Mengingat seni budaya diwilayah cukup banyak dan tampungan aspirasi dari mereka para seniman di godog dan akhirnya aktivitas anniversary Ciburuy Bangkit ini teralisasi dan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Alhamdulillah kreasi seni dari 23 RW tampil dan pelaku UMKM diwilayah ini ikut serta meramaikan aktivitas ini,” sambungnya.

Sementara itu, animo masyarakat dirasakan oleh salah satu penduduk RT01/RW06, penduduk Kampung Sirnasari, Desa Ciburuy, Ayu, pihaknya merasa senang dengan adanya intermezo seni tradisional nan memang jarang di gelar.

Ia menyebut, aktivitas nan ditunggu-tunggu ialah pagelaran wayang golek, dimana dia sangat menggemari wayang sejak sang ayah memperkenalkan dimasa SD (sekolah dasar).

“Liburan panjang lebih menarik diselingi dengan pagelaran seni tradisional dan artis lokal, tidak perlu kemana-mana untuk bermacet-macetan dijalan, cukup di desa sendiri ajah tinggal jalan kaki,” kata Ayu saat ditemui sekitarkita.id Minggu (24/12/2023).

Selain itu, kata dia berburu kuliner menjadi momen menarik kala berkumpul berbareng teman. Dimana disini banyak dari penduduk sekitar menyajikan jajanan beraneka ragam.

“Asik berburu kuliner bareng kawan dan kerabat di momen libur sekolah,” jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya gelaran tersebut bisa menunjukkan rasa kecintaan terhadap seni tradisional sekaligus menumbuhkan perekonomian masyarakat Ciburuy umumnya Padalarang.

“Semoga aktivitas seperti ini kedengarannya lebih meriah, dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, selamat ulang tahun Ciburuy bangkit di era kepemimpinan bapak Firmansyah,” tandasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) KBB, Dudi Supriadi dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengapresiasi dengan digelarnya Anniversary Ciburuy Bangkit ke 2 tahun ini.

Ia berharap, Desa Ciburuy menjadi percontohan bagi desa di Bandung Barat, kekompakan dan solidaritas masyarakat dengan pemerintah desa perlu ditingkatkan.

“Semoga di Ciburuy menjadi contoh bagi desa di Kabupaten Bandung Barat, saya pernah menjabat Camat Padalarang, lampau Camat Lembang dan berkah angan dari penduduk Ciburuy saya sekarang menjadi kepala dinas (DPMD) tentunya selama menjabat Camat Padalarang saya banyakenerima keluhan dan masukan dari warga, semoga kedepannya Ciburuy makin maju dan sukses serta kompak,” tandasnya.

 Abdul Kholilulloh)Perhelatan seni budaya wayang golek dalam aktivitas anniversary Ciburuy Bangkit ke 2 (foto: Abdul Kholilulloh)

Pantauan dilokasi, pukul 21.25 WIB, masyarakat Desa Ciburuy mulai beramai-ramai menyaksikan puncak acara, ialah perhelatan seni budaya wayang golek.

Jurnalis: Cahya Mulya Dewi

Editor: Abdul Kholilulloh

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita