Menilik potensi wisata di Desa Pasir Jambu Purwakarta yang kaya akan keindahan alamnya

Sedang Trending 5 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Purwakarta | SekitarKita.id,- 

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Kabupaten Purwakarta, Dodi sambangi Desa wisata bertempat di Desa Cijambu, Kecamatan Maniis, Jawa Barat, pada Selasa (26/12/2023).

Dalam kunjungannya, dia mengatakan, Desa wisata adalah desa nan dijadikan lokasi wisata lantaran daya tarik nan dimilikinya. Desa wisata merupakan suatu corak integrasi antara atraksi, akomodasi dan akomodasi pendukung.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ia menyebut, Desa wisata disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat nan menyatu dengan tata langkah dan tradisi nan berlaku.

Menurut Dodi, pengembangan desa wisata bisa terealisasi selain training tata kelola desa wisata, kudu didukung juga dengan Sumber Daya Manusia (SDM) mumpuni alias adanya peningkatan kapabilitas SDM dan ekonomi imajinatif desa wisata.

“Salah satu syarat pengembangan desa wisata itu SDM nan mumpuni, penataan desa wisata termasuk desanya,” kata Dodi baru-baru ini.

Dodi menjelaskan, pengembangan potensi desa wisata sangat penting, lantaran berada dekat dengan masyarakat desa.

“Desa wisata bisa memberikan pengaruh dobel alias multiplier effect, namun hanya berakibat positif terhadap pertumbuhan ekonomi berbasis pedesaan,” ucapnya.

“Tapi berakibat juga pada mendorong pelestarian alam nan bakal mereduksi pemanasan global. Berdampak positif juga dalam mencegah urbanisasi masyarakat ke perkotaan,” ujarnya.

Dalam Perda Nomor 2 Tahun 2022 tentang Desa Wisata, disebutkan juga akibat positif dari pengembangan desa wisata ini sesuai dengan momentum aktivitas pariwisata dunia nan mengarah pada aktivitas pariwisata pengganti nan mengusung konsep hubungan alam, budaya dan masyarakat lokal.

“Pengembangan desa wisata ini jika sukses tentu bakal berakibat terhadap pertumbuhan ekonomi, itu sudah pasti. Misalnya peningkatan dari pendapatan UMKM-nya,” bebernya.

Ditempat sama Kepala Desa Cijambu Nendang, Amd , menjelaskan, potensi nan dimiliki di sini ialah ada tanah untuk sumber daya alam nan bisa produktif dan menjadi wisata pasir jambu.

“Kita bisa di bikin destinasiwisata unggulan bisa minta suport dari tokoh masyarakat dari karang taruna dan dari pihak-pihak tokoh masyarakat untuk corak pokdarwis,” katanya.

“Berharap nantinya nan bisa menggerakkan potensi itu, masyarakat nan bikin tempat wisata, jika sudah cukup dari mulai sekarang seperti penataan tempat camping ground tempat selvi – selvi anak muda dan pemerintahan pun untuk sumber daya segala sesuatunya dan pariwisata juga kudu digerakkan,” pungkasnya.***

Kontributor Karawang: Andyka

Editor: Abdul Kholilulloh

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita