Mengenal Apa Itu LinkedIn Ads? Pengertian, Jenis dan Formatnya

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Apakah Anda menggunakan LinkedIn? LinkedIn Sebagai sebuah platform nan berfaedah sebagai sarana profesional, nan dirancang untuk memudahkan terjalinnya hubungan dan hubungan antara para mahir dari beragam industri dan bagian pekerjaan. Namun apa kaitannya dengan LinkedIn Ads? LinkedIn Ads adalah merupakan salah satu platform dengan model upaya nan berfokus antar pelaku bisnis.  Simak tulisan berikut untuk menambah pengetahuan Anda tentang LinkedIn Ads

Baca juga: Cara Membuat dan Menggunakan LinkedIn dengan Mudah

Apa Itu LinkedIn Ads?

L.inkedIn Ads adalah sebuah kebutuhan dalam strategi pemasaran untuk mengiklankan produk namalain jasa melalui platform LinkedIn. LinkedIn adalah platform media sosial nan berbudi pekerti mahir dan diisi oleh beragam perseorangan dari beragam industri. Oleh lantaran itu, tidak mengherankan bahwa LinkedIn sangat sesuai untuk pengembangan upaya B2B nan memerlukan targeting nan spesifik.

Kegunaan nan menguntungkan dari LinkedIn Ads termasuk akses ke jaringan nan luas (dengan lebih dari 690 juta mahir di Indonesia namalain internasional), skill untuk mengelola anggaran iklan dan jadwal, serta beragam opsi format iklan online.

Kelebihan LinkedIn Ads

Dalam mencapai tujuan bisnis, Anda pasti bakal mendapatkan kelebihan dari penggunaan LinkedIn Ads. Berikut beberapa kelebihan LinkedIn Ads:

Targeting nan spesifik

LinkedIn Ads memberikan skill bagi Anda untuk menargetkan audiens secara spesifik berasas industri, kedudukan pekerjaan, tingkat senioritas, lokasi, dan beragam kriteria lainnya. Ini memungkinkan Anda untuk mencapai audiens nan paling relevan dengan upaya Anda.

Kredibilitas Tinggi

LinkedIn merupakan platform nan digunakan oleh individu-individu nan serius dalam mengembangkan karir dan upaya mereka. Keberadaan iklan Anda di platform ini memberikan tingkat kredibilitas nan tinggi, nan dapat meningkatkan persepsi merek Anda di mata audiens.

Peluang B2B nan besar

LinkedIn merupakan platform nan sangat digemari di kalangan para mahir dan pelaku bisnis, sehingga menjadi platform nan ideal bagi upaya B2B. Apabila Anda berbisnis dalam ranah B2B, maka penggunaan LinkedIn Ads dapat menjadi metode nan efektif untuk mencapai pengguna potensial nan relevan.

Fleksibel dari Segi Biaya

LinkedIn Ads memberikan elastisitas bagi Anda untuk mengatur anggaran harian namalain total, serta memperbolehkan pilihan pembayaran berasas klik namalain impresi. Fitur ini memberikan kendali nan lebih baik terhadap biaya dan pengaturan iklan Anda.

Pelaporan nan Canggih

LinkedIn Ads menawarkan laporan nan canggih dan terperinci mengenai efektivitas iklan Anda, mencakup jumlah klik, impresi, dan konversi. Ini memungkinkan Anda untuk memantau skill iklan Anda dan membikin perubahan sesuai kebutuhan.

Berbagai Format Iklan

LinkedIn Ads menyediakan beragam macam format iklan nan inovatif dan menarik, mulai dari iklan teks sederhana, gambar nan menarik, hingga iklan video nan mencolok. Anda dapat memilih format iklan nan sesuai dengan tujuan kampanye Anda.

Integrasi dengan Alat Pemasaran Lain

LinkedIn juga menawarkan elastisitas dalam mengintegrasikan dengan beragam perangkat pemasaran lainnya seperti CRM (Customer Relationship Management). Ini memungkinkan strategi pemasaran menjadi lebih optimal. Dengan menggunakan LinkedIn Ads, Anda dapat mencapai audiens upaya nan relevan, memperluas jaringan bisnis, dan meningkatkan kesempatan konversi.

Baca juga: Ingin Bangun Bisnis di 2024? Ini dia Berbagai Model Bisnis Terbaik

Jenis-Jenis LinkedIn Ads

linkedIn ads

LinkedIn Ads mempunyai beberapa jenis iklan nan dapat digunakan untuk upaya Anda. Berikut adalah beberapa jenis iklan nan tersedia di LinkedIn Ads:

Jenis iklan pertama adalah merujuk pada konten nan dipublikasikan di LinkedIn nan secara unik ditandai sebagai iklan. Konten ini dapat berupa gambar, video, namalain carousel, nan dapat disesuaikan untuk menjangkau audiens nan relevan dengan upaya Anda.

Selanjutnya adalah jenis sponsored messaging. Dimana makna dari iklan ini adalah memberikan  pesan interaktif nan dikirimkan kepada audiens nan relevan dengan upaya Anda. Jenis iklan ini dapat berupa message ads namalain conversation ads.

Text Ads

Lalu, ada jenis iklan text ads nan juga merupakan iklan teks nan muncul di laman LinkedIn. Jenis iklan nan satu ini dapat berupa iklan nan dipampangkan di laman profil perusahaan namalain iklan nan muncul di laman konten. Sehingga sangat mudah untuk ditemukan.

Dynamic Ads

Sesuai dengan namanya iklan ini merupakan iklan bergerak nan dapat ditempatkan di beragam letak di LinkedIn. Jenis iklan ini dapat berupa iklan nan muncul di laman profil perusahaan, laman konten, namalain pun iklan nan muncul di hasil pencarian.

Iklan ini merupakan corak iklan pesan interaktif nan dikirimkan melalui LinkedIn Messaging kepada audiens nan mengenai dengan upaya Anda. Hal ini berfaedah untuk mempromosikan produk, layanan, namalain info kepada audiens nan mungkin tidak pernah mengunjungi laman perusahaan Anda sebelumnya.

LinkedIn Display Ads

LinkedIn display ads adalah jenis dari iklan gambar nan muncul di laman LinkedIn. Pada iklan ini nan lebih banyak  ditampilkan di laman adalah profil dari perusahaan, laman konten dari perusahaan, namalain iklan nan muncul di laman pencarian.

LinkedIn Self-Serve Ads

Iklan ini merupakan jenis iklan nan bisa dibuat dan dipublikasikan secara otomatis melalui LinkedIn Campaign Manager. Jenis iklan ini dapat disesuaikan untuk menjangkau audiens nan relevan dengan upaya Anda, dan dapat berupa sponsored content, sponsored messaging, text ads, namalain dynamic ads.

Pilihan jenis iklan nan sesuai untuk upaya Anda berjuntai pada tujuan dan strategi pemasaran nan Anda miliki. Selain itu, LinkedIn Ads juga memberikan pengguna skill untuk mengatur anggaran dan agenda iklan, melacak konversi, serta menyesuaikan format konten iklan.

Baca juga: Apa itu Inbound Marketing? Manfaat dan Tujuannya untuk Bisnis

Format LinkedIn Ads

Format LinkedIn Ads adalah bentuk-bentuk iklan nan tersedia di platform LinkedIn. Beberapa format iklan nan tersedia di LinkedIn Ads antara lain:

Text Ads

Iklan format teks terdiri dari headline, deskripsi, dan opsionalnya gambar. Text Ads ditampilkan di bagian atas laman namalain di kolom kanan desktop. Format ini sangat sesuai untuk pengembangan upaya B2B lantaran mudah disiapkan dan Anda dapat menentukan anggaran iklan sesuai kebutuhan. Tujuan dari penggunaan text ads meliputi peningkatan kesadaran merek, kunjungan ke situs web, dan konversi dari situs web.

Single Image Ads

Format iklan nan menampilkan satu gambar dapat disesuaikan untuk menargetkan audiens nan relevan baik di desktop maupun perangkat mobile. Fitur unik dari format iklan ini adalah label “promoted” nan menandakan bahwa konten tersebut adalah iklan.

Carousel Image Ads

Format iklan ini menampilkan serangkaian kartu gambar nan dapat di-swipe di feed LinkedIn. Anda mempunyai pilihan untuk menentukan konten dan URL tujuan untuk setiap kartu. Carousel ads ini dapat berisi cerita nan memperkenalkan produk namalain memberikan wawasan kepada audiens. Kunci keberhasilan dari format ini adalah visual nan kudu menarik dan berkesan.

Video Ads

Format iklan nan memanfaatkan video, dilengkapi dengan judul, deskripsi, dan gambar opsional memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk memperkenalkan diri secara lebih dekat kepada audiens, seperti melalui peluncuran produk baru, budaya perusahaan, dan lainnya. Video Ads dapat disesuaikan untuk menargetkan audiens nan relevan baik di desktop maupun perangkat mobile.

Format iklan nan satu ini disampaikan melalui LinkedIn Messaging. Biasanya pengguna namalain audiens nan mendapatkannya  berupa Message Ad namalain Conversation Ad, silam nantinya bakal diarahkan kepada audiens nan relevan pada saat mereka aktif.

Dynamic Ads

Selanjutnya adalah dynamic ads. Pada format iklan nan satu ini nantinya akan  muncul di kolom sisi kanan desktop. Dynamic Ads dapat disesuaikan untuk menargetkan audiens nan relevan dan bisa mempunyai headline, tombol CTA, serta logo perusahaan.

Text Ads for Company Pages

Jika perusaahaan mau membikin page nan nantinya muncul pada laman perusahaan. Maka penggunaan format nan satu ini sangat cocok. Karena format iklan ini bakal ditampilkan di laman perusahaan. Ini dapat berupa tombol CTA, headline, gambar dan deskripsi.

Format iklan sponsored in mail jika mau Anda gunakan maka bakal dikirimkan  melalui LinkedIn Messaging. Isi namalain informasinya bisa disesuaikan. Biasanya berupa pesan nan dikirim kepada audiens nan relevan melalui LinkedIn Messaging.

Dalam format ini, iklan ditampilkan di feed LinkedIn. Konten tersebut dapat berupa gambar, video, namalain kartu nan secara unik ditandai sebagai iklan, dan ditujukan kepada audiens nan relevan melalui Company Pages LinkedIn. Jika mau membikin linkdIn perusahaan Anda dikenali maka format ini cocok untuk digunakan. 

Dengan jenis iklan ini, format iklan bakal muncul di feed LinkedIn. Ini bisa berupa konten nan diberi label sebagai iklan, seperti gambar, video, namalain kartu, nan ditargetkan kepada audiens nan relevan melalui Showcase Pages LinkedIn. Dengan beberapa format iklan nan sudah dijelaskan dan tersedia di LinkedIn Ads, Anda dapat memilih format nan paling sesuai dengan tujuan dan strategi pemasaran Anda.

Baca juga: Apa Itu Welcome Email Bagi Bisnis?

Penutup

Demikianlah gambaran tentang LinkedIn Ads, manfaatnya, jenis, dan format iklan LinkedIn nan dapat Anda manfaatkan dalam strategi pemasaran Anda kepada pengguna Anda.

Mempelajari LinkedIn Ads secara berdikari sangatlah memungkinkan untuk dilakukan. Kuncinya adalah bersedia untuk memahami dan mengeksplorasi beragam jenis, tujuan, dan format iklan LinkedIn. Jika Anda sudah mempunyai pemahaman nan cukup tentang dasarnya, melaksanakannya bakal terasa lebih mudah.

Sebagai seorang pengusaha, krusial bagi Anda untuk mengembangkan kampanye pemasaran melalui email nan menarik. Tujuannya adalah untuk memikat perhatian audiens terhadap merek bisnis, produk, namalain jasa nan Anda tawarkan. Dengan menggunakan jasa email bisnis dari IDCloudHost, Anda dapat memberikan kesan nan perseorangan kepada para audiens upaya Anda, sehingga mereka merasa dihargai oleh upaya Anda.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno kincaimedia
Kabar Tekno kincaimedia