Memilih Perangkat Musik DJ Bagi Pemula

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

DJ Controller merupakan perangkat musik DJ eksternal nan dihubungkan kekomputer untuk meniru setup DJ tradisonal dan beragam alur kerja musik. Kamu bisa scartching, mixing, kontrol pengaruh dan navigasi melalui library Anda nan ada di komputer dengan DJ Controller nan datang dalam beragam corak dan ukuran. Sebagian berfaedah sebagai perangkat all-in-one dan sebagian lagi tediri dari kontrol unik seperti FX control gear, mixer maupun scratching platter standalone.

dj-system-11335DJ Controller Bagi Pemula

Bagi DJ pemula lebih disarankan menggunakan DJ controller all-in-one nan umumnya kompatibel dengan sebagian besar software DJ. Beberapa brand mempunyai software sendiri dan gear nan dibuat unik untuk program mereka antara lain Serato DJ dan Native Instruments Traktor. Mereka membikin fitur dan tombol tertentu nan kegunaan kontrolnya hanya bisa dilakukan software miliknya dan ini biasanya ditujukan bagi pengguna mahir dan tidak direkomendasikan bagi pemula.

Pertimbangan Memilih Dj Controller

NI_Traktor_Kontrol_S2_MK2Perlengkapan DJ
  • Anggaran: Kisaran nilai DJ Controller cukup beragam, sehingga sangat tergantung berapa anggaran nan mau Anda habiskan untuk memperolehnya. Jadi bagi para pemula lebih disarankan untuk memilih DJ Controller dengan nilai terjangkau.
  • Fungsi nan Anda butuhkan: Beragagam kebutuhan DJ mulai dari scratch plate, interface audio built-in, faders, knob, slider untuk efek, pad performace alias mungkin ada banyak lagi fitur control eksternal nan mungkin mau Anda peroleh dari sebuah controller.
  • Software DJ nan Anda gunakan: Beberapa controler berkarakter universal dan bekerja dengan semua software DJ dan lainnya dibuat unik untuk software tertentu.

Tiga DJ Controller nan di Sarankan Bagi DJ Pemula

1. Behringer CMD Studio 4A

Behringer CMD Studio 4ABehringer CMD Studio 4A

Behringer merupakan salah satu merk perangkat musik favorit lantaran mereka sangat serius dalam menghasilkan produknya. Meski harganya terjangkau, namun Anda bakal memperoleh controller nan solid dan mesin tahan lama tanpa banyak sesuatu nan mewah melekat dicontroller. Fitur terbaik pada DJ controller satu ini adalah 4-deck control dan audio interface bult-in nan memberikan Anda bit audio rekaman bunyi berkualitas. Behringer melengkapinya dengan software nan disebut Deckadance LE software nan kompatibel dengan berbagai  controller lain jika Anda mempunyai workstation berbeda. Touch sensitive platter berukuran 6” juga sangat mengagumkan saat Anda mencoba melakukan scratching

2. Pioneer DDJ-SB

Pioneer DDJ-SB (Blue)

Pioneer juga sangat dicintai lantaran selalu menghasilkan produk perangkat musik nan handal. Pioneer DDJ-SB merupakan DJ controller buat Anda nan mau menguasai fitur lebih beragam. Controler ditenagai USB dan mempunyai sound card built-in sekaligus menawarkan Anda beberapa kegunaan tambahan seperti filter fade, hot cue, manual loop dan sampler fungtion. Menariknya lagi Pioneer menyertakannya dengan Serato DJ intro, sehingga Anda bisa merasakan salah satu software DJ nan bisa dibilang paling terkenal didunia.

3. Native Instruments Traktor Kontrol S2 MK2

Native Instruments Traktor Kontrol S2 MK2

Sulit menghitung berapa banyak controller NI nan bisa dihasilkan dari software Traktor mereka. Selain software Traktor DJ nan terkenal, mereka bakal memberikan Anda sejumlah hands-on control nan betul-betul bagus. Selain itu Anda bakal memperoleh input michrophone, manajemen lagu dengan integrasi iTunes langsung dan banyak lagi antara lain berfaedah dengan baik dengan software iPad dan iPhone jika Anda tertarik dengan itu.

Sebagian mungkin lebih menyukai Traktor dan begitu menginginkan Serato DJ. Bila Anda seorang DJ pemula, memilih salah satu DJ controller diatas kemudian mencoba software trial nan diinginkan bisa jadi merupakan solusi terbaik.

See More: Perlengkapan DJ

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka