MBTI Myers-Briggs dan Hubungan Enneagram

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Salah satu langkah paling menarik untuk mempelajari pengelompokkan kepribadian, setidaknya bagi pecandu kepribadian, adalah dengan membandingkan sistem pengelompokkan nan berbeda. Dua dari pemeringkatan kepribadian paling populer, Myers-Briggs (MBTI) dan Enneagram, menunjukkan sejumlah asosiasi nan patut diperhatikan.

Di sini kita bakal mengintip beberapa tautan nan jelas ini. Saya juga menyertakan dua tabel ringkasan berfaedah di akhir posting.

Korelasi Enneagram 1

  • Jenis penilaian (J).

Ini dapat ditemukan di antara semua jenis penilaian Myers-Briggers/MBTI. Namun, sejauh Enneagram 1 berfaedah sebagai pemasok perubahan ethical, jenis emosi (F) dan persepsi (P) kadang-kadang dapat dialami sebagai satu kesatuan juga.

Korelasi Enneagram 2

  • Jenis emosi (F).

Perasa biasanya lebih berbelas kasih dan perhatian dibandingkan rekan-rekan mereka nan berpikir. Sentimen ini kemungkinan besar bakal selaras dengan Enneagram 2, nan juga dikenal sebagai “The Helper.”

Korelasi Enneagram 3

  • Jenis keterbukaan pikiran (E) dan keterbukaan pikiran (T).

Esensi Enneagram 3 jelas berkarakter maskulin, melibatkan dorongan kuat terhadap standing dan diferensiasi diri melalui prestasi. Meskipun beberapa wanita mungkin dites sebagai kembar tiga, kebanyakan adalah laki-laki. Di Myers-Briggs, nyaris dua pertiga laki-laki nan diuji sebagai Pemikir (T), jadi jika dikaitkan, kita bakal memandang lebih banyak ahli filsafat nan mengidentifikasi diri sebagai T.

Seks bertiga juga condong ekstrover (E), nan menurut penelitian dikaitkan dengan upaya berprestasi. Lebih jauh lagi, dapat dijelaskan bahwa ekstrovert, seperti ketiganya, lebih sadar bakal gambaran dan peduli untuk mendapatkan persetujuan dari orang lain.

Penghakiman (J) mungkin berkontribusi pada upaya mencapai prestasi juga, namun triad juga digambarkan cukup mudah beradaptasi, nan dapat dikaitkan dengan persepsi (P). Oleh lantaran itu, preferensi JP sepertinya tidak bakal memberikan kontribusi nan signifikan. Terakhir, faktor-faktor lain seperti urutan kelahiran mungkin juga berperan, lantaran penelitian menunjukkan bahwa anak sulung condong lebih berorientasi pada prestasi dibandingkan anak nan lahir belakangan.

Korelasi Enneagram 4

Korelasi Enneagram 5

Korelasi Enneagram 6

  • Jenis introversi (I) dan penginderaan (S).

Riso dan Hudson beranggapan bahwa jenis Enam adalah jenis orang nan resah dan perilaku serta sikap mereka dapat dilihat sebagai upaya untuk menenangkan kekhawatiran mereka. Penelitian empiris, serta observasi biasa, menunjukkan bahwa introvert condong lebih resah dan minder dibandingkan ekstrovert, itulah sebabnya orang berenam lebih condong menjadi introvert. Karena lebih praktis dan kurang introspektif/filosofis dibandingkan Empat alias Lima, Enam juga sebagian besar terdiri dari jenis Sensing (S).

Korelasi Enneagram 7

  • Jenis ekstraversi (E) dan perseptif (P).

Tipe tujuh dicirikan oleh preferensi terhadap ekstraversi, serta penggunaan intuisi ekstravert (Ne) alias penginderaan ekstravert (Se), nan keduanya merupakan kegunaan kognitif, eksplorasi, dan berorientasi pada inovasi.

Korelasi Enneagram 8

Seperti Tiga, Enneagram 8 mempunyai prinsip maskulin nan kuat, menunjukkan bahwa Delapan kemungkinan besar adalah jenis Berpikir (T). Saya condong tidak setuju dengan asosiasi delapan orang Riso dan Hudson dengan Ne. Menurut pendapat saya, tampaknya lebih tepat mengasosiasikan Delapan dengan Pemikiran Ekstravert (Te), dengan ESTJ dan ENTJ menjadi perwakilan paling jelas dari jenis ini. Oleh lantaran itu, kami berambisi Eights menampilkan preferensi Myers-Briggers E, T, dan J.

Korelasi Enneagram 9

Tipe Enneagram lambat dalam menghadapi bumi luar, sehingga membikin jenis ini lebih rentan terhadap introversi. Selain itu, sebagai “pembawa perdamaian,” mereka condong bertipe P, lebih memilih untuk beradaptasi dan menghindari bentrok jika memungkinkan. Tipe ini mempunyai prinsip nan lebih feminin dan perwakilannya nan paling umum adalah INFP dan ISFP.

Tipe Myers-Briggs dan Enneagram

Introvert (4, 5, 6, 9) — Ekstrovert (3, 7, 8)

Sensor (6) — Intuisi (4, 5)

Pemikir (3, 5, 8) – Perasaan (2, 4, 9)

Juri (1, 8) — Persepsi (7, 9)

Jenis Enneagram dan preferensi MBTI

Tipe 1(J)

Tipe 2(P)

Tipe 3 (E, T)

Tipe 4 (I, N, F)

Tipe 5 (I, N, T)

Tipe 6 (SAYA,S)

Tipe 7(E,P)

Tipe 8 (E, T, J)

Tipe 9 (I, F, P)

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita