Masa Depan Bisnis Digital Printing di Indonesia

Sedang Trending 5 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Pada tahun 2020, pertumbuhan industri Digital Printing di Indonesia mencapai 14.9%. Hal ini sebanding dengan pertumbuhan industri cetak dan printing bumi nan sebesar USD 47 miliar. Industri percetakan nan terus tumbuh juga mendorong pertumbuhan industri packaging alias bungkusan produk nan naik sebanyak 13.2% dan periklanan mencapai 12.1%. Lalu gimana kesempatan upaya Digital Printing di tahun ini dan seterusnya ?

Potensi Bisnis Digital Printing di Indonesia

Menurut Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Kementerian Perindustrian, Merriyanti Punguan industri percetakan adalah upaya nan unik lantaran dapat mencapai pelosok negeri dan menunjang untuk pembelajaran di sekolah. “Industri percetakan itu sampai ke pelosok-pelosok ada. Jadi, ini adalah salah satu jenis industri nan cukup unik.” ucap Merriyanti.

Menurut Merriyanti, industri percetakan digital nan bisa mengjangkau seluruh wilayah di Indonesia adalah pertanda baik lantaran artinya dapat menyerap tenaga kerja dan menyediakan kesempatan upaya bagi masyarakat. Industri percetakan dan grafika juga punya peran strategis dalam pembangunan masyarakat.

Namun, pasar percetakan nan sudah sangat luas di Indonesia ini tetap menghadapi tantangan. Peran industri cetak di Indonesia tetap sangat mini di perdagangan internasional. Berdasarkan info Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2021 nilai ekspor komoditi peralatan percetakan hanya 58.5 juta Dollar AS. Sedangkan, nilai impornya mencapai 168.3 juta Dollar AS. Ini artinya industri cetak tetap menyumbang defisit pada neraca perdagangan.

Potensi Bisnis Digital Printing di Indonesia

Untuk mengatasi tantangan ini, industri Digital Printing di Indonesia kudu berbenah dengan mengangkat teknologi cetak terbaru. Selain untuk meningkatkan kualitas cetak, mesin Digital Printing terbaru meningkatkan efisiensi upaya cetak. Mesin cetak generasi terbaru juga lebih ramah lingkungan lantaran menggunakan tinta berbasis air. Ini memungkinkan Anda mendapat pesanan dari perusahaan nan peduli dengan rumor perubahan iklim.

Bhinneka DPS (Digital Printing & Signage) adalah salah satu unit upaya Bhinneka nan melayani penjualan mesin Digital Printing dan jasa purna jual, seperti: service, instalasi, dan suku cadang. Kami menjual mesin Digital Printing dengan sertifikat Greenguard Gold. Tinta berbasis air dan proses cetak nan ramah lingkungan tidak membahayakan manusia dan alam. Selain mesin cetak, kami juga menjual mesin Engraving, Laser Cutting, dan Digital Cutter untuk melengkapi upaya cetak kreatif. Cek selengkapnya di Solusi Digital Printing Indonesia.

Mesin Digital Printing vs Mesin Cetak Tradisional

Upgrade mesin cetak tradisional ke mesin Digital Printing membantu upaya cetak di Indonesia bertumbuh. Hal ini diharapkan bakal sejalan dengan prediksi pertumbuhan industri cetak di 2029 nan mencapai USD $230 miliar. Cetak digital membikin proses cetak lebih efisien dan ramah lingkungan. Tidak perlu membikin pelat cetak nan berpotensi jadi limbah, mesin Digital Printing dapat mencetak langsung dari file digital.

Bisnis percetakan digital di Indonesia diprediksi menggunakan dua jenis metode cetak, yaitu: fotografi elektro (berbasis toner) dan inkjet (berbasis tinta). Mesin cetak digital inkjet berbasis tinta biasa disebut sebagai cetak offset alias sablon. Mesin printer Inkjet alias laser format besar sangat diandalkan untuk jasa cetak komersial dengan volume tinggi. Mesin ini dapat mencetak beragam jenis file digital di beragam jenis media.

Mesin digital printing lebih cocok untuk menangani kebutuhan cetak saat ini nan mau serba cepat. Tanpa buat pelat cetak nan makan banyak waktu, Anda bisa langsung cetak file nan dikirim pelanggan. Proses cetak lebih singkat dan pengiriman bisa lebih cepat. Pelanggan lebih puas lantaran tidak perlu menunggu lama.

Kelebihan Percetakan Digital

Kehadiran mesin cetak digital telah mengubah banyak pelaku upaya dalam melakukan pemasaran. Kini, mereka bisa menciptakan produk sekreatif apapun tanpa batas. Materi promosi nan unik menambah nilai jual produk dan jasa Anda. Mesin Digital Printing dapat mewujudkan buahpikiran menjadi nyata. Kelebihannya lebih banyak dari mesin cetak tradisional. Apa saja ?

1. Cetak di Banyak Jenis Bahan

Mesin cetak digital nan dijual di Indonesia saat ini bisa digunakan untuk cetak di beragam jenis bahan, mulai dari: kertas karton, kelas tebal, kaca, plastik, vinyl, linen, hingga poliester. Hal ini memungkinkan Anda bisa membikin beragam macam karya imajinatif di beragam bahan dengan cepat. Tinta berbasis air pada mesin cetak ramah lingkungan mempunyai kualitas warna lebih tajam tanpa mengorbankan kesehatan manusia dan lingkungan di sekitar.

2. Biaya Operasional Lebih Murah

Cetak digital lebih murah dibanding metode konvensional. Tidak perlu membikin pelat cetak nan mahal dan lama. Pelat cetak juga sangat tidak ramah lingkungan. Setelah tidak digunakan berpotensi jadi limbah menumpuk. Anda bisa langsung proses pesanan cetak setelah pengguna kirim file digital. Keuntungannya, biaya cetak bisa lebih terjangkau dan lebih cepat.

3. Kualitas Cetakan Lebih Tinggi

Digital Printing dapat menghasilkan cetakan berbobot tinggi dari segi gambar dan teks. Meskipun saat ini menggunakan tinta berbasis air namun hasil cetaknya tetap bisa bersaing dengan tinta lama nan mengandung limbah berbahaya. Cetakan tetap tahan dari perubahan cuaca, tidak mudah luntur, dan tahan lama. Warna cetakan lebih tajam apalagi dengan teknologi cetak nan makin canggih.

4. Kustomisasi Desain Apapun nan Dibutuhkan

Kehadiran mesin Digital Printing di Indonesia memungkinkan setiap pebisnis bisa menyesuaikan kreasi kemasan, materi pemasaran, surat pelanggan, kartu nama, souvenir alias merchandise, dan lainnya. Mesin cetak juga dilengkapi kegunaan pangkas (cutting) sehingga setelah dicetak bisa langsung dipotong sesuai pola nan diinginkan. Produk nan biasa-biasa saja bisa diubah jadi unik sehingga bakal lebih dilirik oleh konsumen.

Masa Depan Bisnis Cetak di Indonesia

Bisnis cetak dulunya hanya berkisar tentang buku, majalah, dan koran. Sangat terbatas dan tidak kreatif. Namun, kehadiran mesin Digital Printing di Indonesia telah mengubah semua itu. Pemilik upaya tidak hanya bisa membikin media cetak konvensional saja. Mereka bisa membikin materi promosi kreatif, seperti: bungkusan produk tematik nan unik, sablon baju nan desainnya dikustom, cetak sticker cutting untuk ditempel di toko, label makanan, alias buat neon box dengan sigap dan pola kreasi unik.

Layanan Digital Printing Lengkap Dibutuhkan UMKM

Mesin cetak dengan teknologi terbaru meningkatkan kualitas cetakan. Warna lebih cerah terlihat lebih profesional. Tidak bakal mengecewakan pelanggan. Teknologinya terus dikembangkan agar bisa beradaptasi dengan kebutuhan pengguna nan terus berubah. Segmen konsumen semakin luas. Tidak hanya ke pengusaha media massa, sekarang Anda bisa tawarkan jasa cetak digital ke pemilik UMKM.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka