Manfaat Sistem ERP untuk Tingkatkan Efisiensi Retail

Sedang Trending 6 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) sudah menjadi kebutuhan dasar bagi industri retail. Sistem ERP untuk retail sangat krusial agar perusahaan retail bisa mempertahankan dan mengikuti perubahan permintaan pengguna dan meningkatkan persaingan. Retail nan banyak menangani tugas kompleks bakal sangat terbantu lantaran satu sistem ERP dapat menangani banyak macam tugas.

ERP untuk retail adalah sekumpulan aplikasi nan membantu perusahaan untuk: Menangani toko cabang, sering memindahkan stok, mengubah harga, beri penawaran diskon, memenuhi pesanan offline dan online, memastikan kepuasan pelanggan, dan tetap banyak lagi. Semua pekerjaan tersebut bakal menyantap waktu lama dan rumit jika dilakukan secara manual.

Risiko Tidak Memakai Sistem ERP

Sistem ERP untuk retail membikin manajemen perusahaan untuk mendapatkan solusi nan cepat, sederhana, dan bisa diandalkan untuk menjalankan upaya lebih efisien. Tanpa sistem ERP, retail Anda bakal menghadapi beragam masalah, seperti:

  • Buang waktu dan tenaga. ERP membantu toko retail untuk bekerja lebih cepat. Tidak ada lagi pekerjaan manual nan menyita banyak waktu dan tenaga. Karyawan retail tak perlu hitung belanjaan pelanggan, cek inventaris di spreadsheet, alias sinkronisasi info terbaru ke info lama secara manual.
  • Salah hitung inventaris produk. Inventaris toko nan terus berubah menyulitkan tenaga kerja menghitung secara pasti stok nan tetap tersedia dan sudah terjual. Terkadang ditemukan kesalahan input kode alias penjelasan produk nan menyulitkan proses stock opname. Jika terus dibiarkan, Anda bakal terus mengalami kehilangan peralatan dan pendapatan tanpa tahu penyebabnya.
  • Memesan stok terlalu banyak/sedikit. Kesalahan hitung saat stock opname memungkinkan Anda membuka celah kerugian lebih besar. Misalnya, memesan stok terlalu banyak alias sedikit. Hitungan nan tidak tepat menyulitkan perusahaan retail untuk membikin pesanan ke pemasok. Memesan ulang alias menangani kelebihan stok bakal membuang lebih banyak uang.

Manfaat Menggunakan ERP untuk Retail

Berikut ini beberapa faedah sistem ERP untuk upaya retail.

1. Update Informasi Real-Time

Bisnis retail memerlukan info nan relevan, akurat, dan real-time. Semua info seperti inventaris, pembelian, harga, diskon, promo nan berjalan, dan lainnya membantu manajemen untuk mengambil keputusan lebih sigap dan tepat. Sistem ERP membantu mengumpulkan semua info dari setiap bagian dan disimpan dalam satu database. Selain itu, sistem ERP untuk retail juga meneruskan info ke bagian nan memerlukan sehingga tak bakal menggangu operasional.

Contoh Sistem ERP untuk Retail

2. Integrasi Data dari PoS

PoS (Point of Sale) banyak digunakan di industri retail modern. Manfaat dari PoS adalah memasukan rincian transaksi ke dalam sistem sehingga menghilangkan kebutuhan hitung transaksi secara manual alias metode tradisional nan rentan pada human error. Sistem ERP dapat diintegrasikan dengan mesin PoS agar info transaksi bisa tercatat secara real-time. Sistem ERP memanfaatkan mesin PoS agar semua info transaksi langsung tersimpan sistem ERP pusat.

3. Manajemen Karyawan Retail

Sistem ERP dapat menyimpan info karyawan, absensi, slip gaji, tunjangan, catatan cuti, dan pencapaian keahlian (KPI). Manajemen retail bisa menggunakan info tersebut untuk membikin agenda shift karyawan, melacak kehadiran, menetapkan tugas baru, dan melacak program nan sedang berjalan. Sistem ERP membikin efisiensi operasional tenaga kerja lebih baik, menghindari tugas nan berulang, dan menghasilkan lebih banyak pendapatan.

4. Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM)

Sistem ERP bisa digunakan untuk simpan semua info pengguna retail. Dengan begini, pemilik retail bisa dapat akses sigap dan mudah ke profil pelanggan, riwayat pembelian, preferensi pelanggan, dan tetap banyak lagi. Tim marketing bisa menggunakan info tersebut untuk merancang program kampanye pemasaran dan memberi penawaran nan sesuai dengan kesukaan pelanggan. Pemasaran nan tepat sasaran dapat bantu tingkatkan loyalitas pelanggan.

CRM toko retail dengan ERP

5. Manajemen Inventaris

Sistem ERP untuk retail bisa digunakan untuk manajemen inventaris nan otomatis dan efisien. ERP bisa Anda pakai untuk mengawasi stok produk, peralatan jadi, bahan mentah, stok peralatan nan disimpan, dan peralatan nan sedang dalam proses pengiriman. Kelebihan ERP juga membikin setiap pembaruan info inventaris terjadi real time. Sistem dapat menunjukkan kapan persediaan bakal lenyap sehingga bisa mencegah kekurangan stok alias kelebihan persediaan.

6. Integrasi Penjualan dari e-Commerce

Saat ini banyak toko retail nan berdagang di e-commerce. Sistem ERP bisa diintegrasikan dengan toko online agar semua info transaksi bisa terekam secara otomatis. Informasi nan didapat bisa digunakan untuk mengendalikan stok, memperkirakan permintaan, dan merancang program promo nan sesuai sasaran market.

7. Manajemen Rantai Pasokan

Sistem ERP memungkinkan manajemen retail dapat memandang gambaran komplit tentang pemesanan hingga penyelesaian pengiriman. Anda bisa gunakan ERP untuk melacak pengiriman, menangani pesanan, dan menjadwal kiriman ke pengguna alias pengiriman stok dari pemasok. Proses pesanan dan pengiriman bisa otomatis sehingga bisa mengurangi biaya operasional pengiriman dan memenuhi pesanan dari toko bagian terdekat.

8. Integrasi Data dari Banyak Divisi

Bisnis retail mempunyai banyak divisi. Sistem ERP untuk retail menjaga semua operasional bagian tetap lancar dengan info nan selalu diperbarui. Semua saluran ritel bisa diintegrasikan ke dalam satu platform. Setiap bagian dapat berbagi info secara real-time. Satu bagian tidak perlu mengabarkan bagian lain setiap kali ada update. Data bisa diakses sigap kapanpun dibutuhkan.

Manfaat ERP untuk Retail

9. Mengurangi Biaya

Kelebihan utama dari sistem ERP untuk retail adalah untuk menghemat biaya. Sistem ERP bantu kurangi biaya melalui otomatisasi, optimasi sumber daya, dan meningkatkan produktivitas. Ketika sudah diterapkan, Anda bisa mengelola inventaris, memproses pesanan, membikin promo, optimasi penyimpanan stok, dan melakukan penggajian dengan lebih mudah. Sistem ERP menghilangkan pekerjaan manual nan rentan human error.

10. Ekspansi Perusahaan Lebih Mudah

Sistem ERP untuk retail dapat ditingkatkan untuk mengakomodasi peningkatan jumlah produk, bertambahnya jumlah karyawan, bertambahnya pemasok, mengelola banyak toko cabang, dan mengelola pedoman pengguna nan semakin luas. Sistem ERP dapat menyesuaikan dengan kebutuhan upaya retail nan terus berkembang tanpa menimbulkan gangguan berarti.

Mengapa Sistem ERP Penting untuk Retail ?

Menggunakan sistem ERP retail sangat krusial lantaran perangkat lunak ini bekerja secara real time. ERP dapat menyediakan kegunaan komplit nan dibutuhkan untuk alur kerja di upaya retail. Toko retail bisa meninjau keuntungan hanya dari SKU dan item produk nan dijual saja. Inventaris secara real time memudahkan retail menjaga stok dan menghindari kerugian.

Dengan sistem ERP, perusahaan retail bisa melakukan beragam perihal seperti:

  • Memesan inventaris
  • Memastikan stok tetap aman, tidak kurang dan tidak berlebihan
  • Integrasi semua info dari setiap bagian secara real time
  • Memudahkan operasional di beragam channel penjualan
  • Integrasi toko bentuk dan online lebih mudah
  • Mengoptimalkan jasa dan loyalitas pelanggan
  • Melakukan beragam kegunaan sekaligus: Manajemen persediaan, akuntansi, perencanaan, pelaporan, manajemen keuangan, dan pengelolaan sumber daya manusia (SDM).

ERP bisa tingkatkan efisiensi operasional upaya retail. Jika upaya Anda belum menggunakannya, kami menyediakan jasa penerapan ERP untuk toko retail. Hubungi tim sales kami di:
Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : corporate@bhinneka.com

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka