Manfaat Sauna untuk Kesehatan dan Risiko Sauna

Sedang Trending 7 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Sauna merupakan salah satu aktivitas relaksasi nan cukup disukai sebagian besar orang lantaran faedah sauna untuk kesehatan. Umumnya Anda dapat menemukan sauna sebagai akomodasi pelengkap alias penunjang di hotel, tempat kebugaran alias gym, salon dan juga spa.

Sauna juga seringkali dijadikan sebagai bagian dari rangkaian perawatan nan ditawarkan di spa. Hal ini lantaran sauna diyakinin mempunyai beragam faedah untuk kesehatan. Namun, nan seringkali tidak diketahui adalah sauna juga mempunyai akibat tertentu.

Pada tulisan ini bakal dibahas dengan singkat mengenai sauna serta apa saja faedah sauna untuk kesehatan beserta akibat nya nan mungkin dialami.

Macam Jenis Sauna

Secara umum, sauna nan dapat ditemukan di tempat kesehatan, spa hingga gym biasanya dibagi menjadi dua macam ialah sauna kering alias dry sauna dan juga sauna basah alias wet sauna. Wet sauna juga seringkali dikenal dengan istilah steam alias mandi uap.

Perbedaan antara dry sauna dengan wet sauna terletak pada langkah memanaskan ruangan sauna dan juga perangkat nan digunakan. Dry sauna biasanya berupa ruangan dari material kayu pada tembok dan bangku nya. Dry sauna juga menggunakan panas nan dihasilkan dari bebatuan panas beserta kompor tertutup.

sauna kering

Berbeda dengan wet sauna alias steam. Wet sauna menggunakan generator nan berisikan air mendidih. Air rebusan nan mendidih ini menjadi uap panas nan memenuhi ruangan dan membikin ruangan menjadi terasa panas.

Manfaat Sauna untuk Kesehatan

Baik dry sauna maupun wet sauna sama – sama mempunyai faedah nan baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa faedah dari sauna untuk kesehatan:

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Rasa panas nan dihasilkan dari sauna dapat meningkatkan debar jantung serta membikin pembuluh darah melebar. Pembuluh darah nan melebar ini dapat membikin sirkulasi darah menjadi lancar. Sauna secara rutin dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Menurunkan Berat Air dalam Tubuh

Sauna seringkali dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini didasari pada seringnya kita memandang berat badan kita turun beberapa kilogram setelah sauna. Namun jangan keliru, lantaran turunnya alias hilangnya berat badan ini pada dasarnya adalah berat air.

Meski begitu, sauna tetap mempunyai faedah bagi orang nan sedang berupaya untuk menurunkan berat badan lantaran berat air dalam tubuh dapat lenyap setelah sesi sauna.

Membuat Tubuh Lebih Rileks

Sauna dapat membikin tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini dikarenakan rasa panas dalam sauna membikin tubuh berkeringat dan pembuluh darah menjadi lebih lebar serta melancarkan sirkulasi darah. Hal ini membikin otot tubuh nan tegang dan kaku menjadi lebih rileks dan kendur.

manfaat sauna untuk kesehatan

Meredakan Rasa Nyeri

Sirkulasi darah nan lebih lancar juga dapat membantu untuk mengurangi rasa nyeri pada otot, membikin sendi nan kaku menjadi lebih rileks serta membantu meringankan indikasi arthritis.

Risiko Sauna untuk Kesehatan

Meskipun mempunyai sejumlah manfaat, sauna juga mempunyai beberapa akibat nan dapat mengganggu kesehatan, misalnya saja

Dehidrasi

Hal ini merupakan perihal nan krusial dan perlu disadari oleh orang – orang nan menggunakan sauna. Rasa panas dalam sauna membikin tubuh berkeringat dalam jumlah banyak. Apabila sauna digunakan untuk waktu nan lama, perihal ini dapat memicu dehidrasi.

Seseorang dapat mengalami rasa pusing, mual nan merupakan tanda dehidrasi andaikan menggunakan sauna untuk waktu nan terlalu lama. Hal ini dapat dicegah dan dihindari dengan meminum banyak air sebelum maupun sesudah menggunakan sauna untuk menggantikan cairan tubuh nan hilang.

Gangguan Kesuburan pada Pria

Sel sperma pada laki-laki sangat rentan pada suhu nan tinggi alias panas. Meningkatnya suhu pada area skrotum misalnya akibat terpapar suhu panas alias berada dalam ruangan panas seperti sauna untuk waktu nan lama dapat mengurangi jumlah maupun kualitas dari sperma nan dihasilkan.

Meningkatkan Tekanan Darah

Hal ini umum disebabkan oleh orang – orang nan melakukan sauna setelah berenang di tempat kebugaran. Pada saat berenang, tubuh beradaptasi dengan suhu nan rendah alias dingin akibat air. Perpindahan ke dalam ruang sauna dengan suhu nan tinggi dapat memicu naiknya tekanan darah. Ada baiknya hindari perpindahan secara tiba – tiba dan biarkan tubuh beradaptasi terlebih dulu dengan suhu setelah Anda keluar dari kolam.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka