Manfaat ERP untuk Industri Manufaktur yang Lebih Efisien

Sedang Trending 6 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Enterprise Resource Planning alias ERP untuk manufaktur digunakan untuk otomatisasi dan penyederhanaan operasional bisnis, misalnya: akuntansi, kelola rantai pasokan, manajemen proyek, hubungan pengguna (CRM), manajemen risiko, sampai penggajian karyawan. ERP menawarkan banyak kelebihan untuk membikin perkiraan, membikin laporan, sampai pengambilan keputusan. Manajemen bisa lebih sigap merespon perubahan terhadap kondisi pasar.

Sistem ERP untuk industri manufaktur memusatkan semua info krusial di satu penting. Sistem ini bisa mengelola setiap aspek operasional dan akomodasi di pabrik manufaktur. ERP memungkinkan visibilitas, koordinasi, dan manajemen nan mudah di seluruh proses bisnis. Pada akhirnya, sistem ERP bisa menghasilkan efisiensi operasional lebih besar.

Manfaat ERP untuk Industri Manufaktur

ERP sangat cocok untuk industri manufaktur lantaran banyaknya proses kerja nan kudu dilakukan setiap hari. Sistem ERP bantu perusahaan untuk kelola dan sederhanakan operasional. Sistem ini bisa mencatat info nan dikumpulkan dari setiap bagian sehingga bisa berganti info satu sama lain secara real time. Berikut ini faedah nan industri manufaktur dapatkan dari ERP:

1. Otomatisasi dan Penyederhanaan Proses Manufaktur

Sistem ERP berfaedah menyederhanakan semua proses upaya dengan memastikan semua info dari setiap bagian terpusat, perubahan real time, dan bisa diakses siapa saja nan berwenang. Karyawan Anda bisa memantau data, laporan, alias statistik produksi secara mandiri. Sistem ERP nan mengotomatisasi upaya manufaktur mengurangi ketergantungan pada pekerjaan manual. Otomatisasi mempercepat proses produksi, menghindari human error, dan meningkatkan untung perusahaan.

ERP untuk industri manufaktur

2. Perencanaan dan Pelaporan Lebih Mudah

Permintaan nan mendadak dan tidak terduga jadi salah satu tantangan besar industri manufaktur. Sistem ERP membantu perusahaan menghindari situasi tersebut dengan menghasilkan perkiraan dan laporan penjualan berasas riwayat transaksi masa lalu. Kelebihan inilah nan membikin ERP dapat menghindari upaya Anda dari kekacauan akibat kelebihan persediaan alias kehabisan stok.

Selain itu, sistem ERP dapat membantu tenaga kerja membikin laporan tanpa kudu berjuntai pada tim IT. Setiap user bisa mengetahui prediksi permintaan dan kebutuhan material di masa depan. Antarmuka nan nyaman dilihat mudah untuk digunakan sekaligus mengurangi akibat kesalahan saat membikin laporan.

 3. Informasi Real Time Memudahkan Ambil Keputusan

Sistem ERP bantu industri manufaktur dengan langkah mengumpulkan dan mengurutkan setiap info krusial ke dalam satu tempat. Informasi tersebut kemudian disebarkan ke semua bagian mengenai secara real time. Siapapun bisa mengakses info dari proses alias departemen lain. Hal ini bakal memudahkan koordinasi, kolaborasi, dan komunikasi antar bagian dengan lebih efisien.

4. Efisiensi Kerja dengan Mobilitas dan Fleksibilitas

Setiap pengguna nan berkuasa bisa mengakses info dari hp, tablet, laptop, alias desktop PC. Pengguna bisa akses info secara praktis dari mana saja, baik di kantor, saat kerja di rumah, alias di gudang. Sistem ERP nan ramah pengguna mobile memungkinkan pengguna bisa akses arsip penting, edit, dan menyetujuinya saat berpergian. Seiring semakin dinamisnya pekerjaan, ERP bantu operasional tenaga kerja di level manajemen untuk meningkatkan produktivitas.

Manfaat sistem ERP untuk manufaktur

5. Tingkatkan Produktivitas Sambil Hemat Waktu dan Biaya

Kemampuan ERP untuk manufaktur nan bisa mengatur jadwal, menyederhanakan operasi keuangan, mengawasi proses penjualan, hasilkan info real time, dan keahlian mengurangi kesalahan info memastikan komunikasi lebih sigap antar divisi. Data lebih mudah diakses oleh siapa saja nan diberi wewenang. Kelebihan inilah nan membikin operasional perusahaan manufaktur Anda lebih irit waktu dan biaya.

6. Integrasi dengan Rantai Pasokan

Sistem ERP dapat terintegrasi dengan manajemen rantai pasokan Anda. Tujuannya untuk optimalkan alur masuk dan keluar material alias pengedaran ke satu letak alias ke banyak gudang. Tim Anda bisa melacak keahlian vendor dan memanfaatkan info dari sumber internal dan eksternal. Melalui support sistem ini, manajemen kemudian bisa membikin perencanaan dan merancang rantai pasokan nan lebih efisien.

Cara ERP bantu manufaktur

7. Mengelola Hubungan Baik dengan Pelanggan

Konsumen manufaktur pasti mengharapkan feedback dari pesanan dan mendapat pengiriman tepat waktu. Sistem ERP memungkinkan perusahaan memantau status pesanan mulai dari tahap produksi sampai pengiriman. Informasi real time meningkatkan loyalitas pengguna pada perusahaan. Ditambah lagi, ERP juga menyediakan perangkat analisa nan kuat sehingga perusahaan bisa memahami perilaku pelanggan, memahami preferensi, dan tahu kebutuhan mereka dengan lebih baik.

Kapan Bisnis Manufaktur Anda Butuh ERP ?

Sistem ERP adalah solusi terbaik untuk tingkatkan efisiensi industri manufaktur. Berikut ini beberapa ciri-ciri kapan upaya manufaktur Anda butuh ERP:

  • Anda pakai banyak software tapi tidak saling terintegrasi
  • Sulit mengumpulkan info lantaran info terbagi-bagi ke banyak sumber
  • Divisi IT kudu menyediakan support software nan terus bertambah
  • Sering menemui masalah inventaris nan tidak akurat
  • Semua pekerjaan tetap serba manual, termasuk integrasi info lintas divisi
  • Perusahaan mau lebih responsif menghadapi tantangan masa depan
  • Kepuasan pengguna terus menurun
  • Biaya operasional terus membengkak dan banyak ditemukan pemborosan.

Pengaruh ERP pada Kepatuhan Regulasi Manufaktur

Sistem ERP untuk manufaktur dirancang untuk membantu perusahaan mematuhi peraturan industri dengan beragam cara. Berikut ini adalah peran ERP untuk mendukung kepatuhan izin manufaktur:

  • Pemantauan dan Pelaporan. ERP memantau proses upaya agar sesuai dengan regulasi. Fitur pelaporan nan terintegrasi memungkinkan perusahaan menyusun laporan kepatuhan dengan sigap dan akurat.
  • Manajemen Dokumentasi. Semua arsip seperti: sertifikat, lisensi, dan persetujuan izin tersimpan dalam satu tempat. Ini memudahkan auditor untuk mengakses info nan diperlukan.
  • Melacak Perjalanan Produk. ERP memungkinkan pencarian produk mulai dari bahan baku hingga produk jadi. Untuk mematuhi persyaratan izin nan dibutuhkan sudah dilengkapi pengarsipan komplit tentang asal usul dan perjalanan produk. Pelacakan nan jeli membantu perusahaan merespon sigap ketika terjadi recall produk.
  • Manajemen Persediaan selalu Terkendali. Memastikan kesiapan bahan baku dan bahan kimia mematuhi izin nan ada. Tidak ada lagi kelebihan alias kekurangan stok bahan baku nan dibutuhkan.
  • Keamanan Data. ERP dilengkapi fitur keamanan tingkat tinggi untuk melindungi info sensitif dan mematuhi privasi info nan berlaku. Keamanan ERP didukung keahlian enkripsi info dan pengendalian kewenangan akses terhadap arsip penting.
  • Manajemen Kualitas. Membantu menyediakan pelaporan kualitas terintegrasi nan memudahkan audit dan memenuhi persyaratan regulasi. ERP bantu kelola proses pengendalian kualitas dan pengarsipan setiap langkah produksi.
  • Pemeliharaan Catatan Keuangan. Bantu perusahaan memelihara catatan finansial agar terdokumentasi dengan baik. Tujuannya untuk mematuhi izin finansial dan perpajakan nan berlaku.
  • Pelatihan dan Pemantauan Karyawan. ERP digunakan untuk melacak dan mencatat training nan diterima karyawan. Hal ini bakal memastikan bahwa setiap tenaga kerja di perusahaan sudah memahami dan mematuhi patokan dan prosedur nan berhubungan.

ERP membantu tingkatkan efisiensi operasional di industri manufaktur. Anda bisa optimalkan semua kegunaan departemen dengan info nan jeli dan real time. Jika Anda tertarik penerapan ERP di upaya Anda, segera hubungi tim kami di :
Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : corporate@bhinneka.com

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka