Manfaat Air Humidifier untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Sedang Trending 5 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Banyak faedah air humidifier untuk kesehatan nan tetap jarang diketahui. Humidifier alias air humidifier merupakan perangkat pelembap ruangan nan dapat membantu untuk menjaga kelembapan udara dalam suatu ruangan.

Cara kerja dari perangkat ini juga cukup sederhana ialah menyemprotkan uap air ke udara. Air humidifier sendiri cukup umum dipasang alias digunakan di ruang perkantoran, rumah, alias bilik tidur. Beberapa jenis humidifier juga dilengkapi hygrometer untuk mengukur kelembapan udara dan bakal otomatis bekerja untuk menyeimbangkan tingkat kelembapan dalam suatu ruangan.

manfaat air humidifier

Meski mempunyai banyak manfaat, namun beberapa dari kita mungkin kurang mengetahui bahwa udara dengan tingkat kelembapan nan seimbang sangat krusial untuk kesehatan tubuh. Bukan saja menghindarkan dari penyakit, namun juga dapat melegakan pernapasan.

Untuk itu, dalam tulisan kali ini bakal dibahas mengenai sejumlah faedah dari memasang alias menggunakan air humidifier di dalam ruangan.

Manfaat Humidifier untuk Kesehatan

Air humidifier andaikan digunakan dengan tepat, dapat melembapkan ruangan dengan udara nan cukup kering. Namun pemakaian hendaknya dalam pemisah wajar dan tidak berlebihan. Ruangan nan terlalu lembap juga dapat membahayakan kesehatan dan menjadi sarang tumbuhnya jamur dan lainnya.

Penggunaan humidifier secara tepat dapat menciptakan ruangan dengan tingkat kelembapan nan sesuai dan membawa faedah sebagai berikut:

Mencegah Sakit Tenggorokan

Kondisi udara nan terlalu kering alias tingkat kelembapan nan rendah dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit tenggorokan. Dengan humidifier, kondisi udara dapat terjaga sekaligus mempercepat pemulihan dan mencegah sakit tenggorokan

Menghindari Kulit Kering dan Bibir Pecah

Pemakaian AC dalam ruangan memang terasa nyaman lantaran menyejukkan. Namun penggunaan AC untuk jangka waktu nan lama dapat menyebabkan udara menjadi kering. Akibatnya kulit tubuh menjadi kering dan rawan pecah.

Untuk mengatasi perihal ini, Anda dapat mencoba memasang air humidifier dalam ruangan ber AC sehingga kelembapan ruangan bakal tetap terjaga.

Dapat Membantu Mencegah Asma

Penggunaan air humidifier dapat membantu orang nan menderita asma agar akibat serangan asma tidak kambuh.

Menghambat Penularan Penyakit

Beberapa jenis penyakit, virus alias kuman mudah menular dalam kondisi udara nan kering, misalnya saja virus influenza. Penggunaan air humidifier dapat membantu mencegah penularan penyakit lantaran udara bakal menjadi lebih lembab dan virus alias kuman menjadi meninggal alias tidak mudah menular

air humidifier

Mencegah Mimisan

Udara kering sering menjadi salah satu aspek pemicu terjadinya mimisan. Menggunakan air humidifier dapat menjadi salah satu langkah untuk mengatasi epistaksis nan dipicu oleh udara kering.

Tips Memakai Humidifier

Agar faedah kesehatan dari memakai air humidifier dapat Anda rasakan secara optimal, ada sejumlah tips nan dapat Anda lakukan, misalnya saja:

  1. Gunakan Air Humidifier untuk menjaga kelembapan udara dalam rentang 30 – 40%
  2. Anda dapat menggunakan air matang untuk humidifier
  3. Rutin membersihkan saringan dan juga filter dari air humidifier agar terhindar dari kuman dan lumut
  4. Jauhkan dari jangkauan anak – anak selama pemakaian
Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka