Lapas kelas IIA Cikarang gandeng Yayasan Rumah Sebaya di peringatan hari HIV sedunia

Sedang Trending 6 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Kabupaten Bekasi | SekitarKita.id,- Dalam rangka memperingati hari HIV/ AIDS Sedunia, lembaga permasyarakatan kelas IIA Cikarang dengan menggandeng Yayasan Rumah Sebaya dan Klinik Angsa Merah Jakarta melakukan Mobil VCT HIV/ AIDS pada penduduk bimbingan (WBP) di lapas tersebut.

Kegiatan tersebut menurunkan 10 petugas kesehatan dan satu derektur dan klinik angsa merah di bantu 4 tim serta satu derektur dari yayasan rumah sebaya di lakukan pada Selasa siang 5 Desember 2023 dan bertempat di Aula Gedung II Lapas Kelas IIA Cikarang.

Dalam giat tersebut di ikuti peserta sebanyak 164 orang WBP dan Tahanan nan berada di dalam lembaga permasyarakatan kelas IIA Cikarang, giat ini sendiri di lakukan dalam rangka hari HIV/AIDS sedunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam giat Mobil VCT HIV/ AIDS pada penduduk bimbingan (WBP) di lapas tersebut di lakukan pendataan dan skrining bagi peserta/WBP; dalam kesempatan tersebut juga mendengarkan sambutan Kalapas Kelas IIA Cikarang tentang HIV/AIDS dan penanganan penderita khusunya dilingkungan Lapas.

Selain itu juga sambutan di berikan Direktur Yayasan Rumah Sebaya,yang juga memberikan penyuluhan dari master Klinik Angsa Merah, perihal orang nan terjangkit virus HIV/AIDS serta pengaruh kontak dan penanganan secara VCT, serta dilakukan tanya kuis dengan para penduduk bimbingan dan tahanan mengenai pemahaman HIV/AIDS.

Adapun giat nan di ikuti 164 orang WBP 149 laki laki penduduk bimbingan dan 15 orang wanita nan juga penduduk bimbingan di lapas kelas IIA Cikarang kabupaten Bekasi.

“Diantara ratusan penduduk bimbingan nan mengikuti aktivitas tersebut di lakukan pengambilan sample darah dan pemeriksaan dan observasi selama 30 menit sampai menunggu hasil serta pertimbangan bagi penduduk bimbingan dalam program obat ARV,” ucap Kalapas kelas IIA Cikarang Imam Sapto Riadi.

“Alhamdulilah dalam aktivitas ini tidak ada WBP nan terinfeksi HIV/AIDS dan penyelenggaraan dilakukan dengan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan serta aktivitas terlaksana dengan baik, kondusif dan kondusif,” tandas Imam.

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita