Keuntungan Sistem Manajemen Armada untuk Bisnis & Usaha

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Keuntungan sistem manajemen armada nan diterapkan dengan tepat dan efektif dapat membantu suatu upaya alias upaya untuk mencapai efisiensi. Hal ini terutama dirasakan pada perusahaan alias upaya nan mempunyai armada kendaraan sendiri alias mengelola banyak armada kendaraan.

Manajemen armada nan tidak efisien dan tidak melangkah dengan baik bisa menyebabkan operasional kendaraan menjadi tidak produktif dan tidak jarang menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Dengan adanya sistem manajemen armada alias fleet management system nan terpadu dan intuitif, perusahaan dapat mengoptimalkan jasa armada serta mengefisiensikan jasa hingga memangkas biaya operasional.

Pada tulisan kali ini kita bakal membahas apa saja untung dan faedah bagi perusahaan nan menerapkan sistem manajemen armada nan terpadu dalam mengelola sejumlah armada kendaraan nan dimilikinya.

Pengertian Manajemen Armada

Manajemen armada merujuk pada aktivitas mengelola sejumlah armada kendaraan seperti mobil, truk, motor, kapal, dll dalam suatu perusahaan di beragam bagian industri dan bisnis. Manajemen armada seringkali dilakukan di perusahaan seperti perusahaan transportasi alias ekspedisi jasa pengiriman, pikulan umum.

Adapun aktivitas dalam manajemen armada mencakup banyak perihal seperti:

  1. Perencanaan rute armada
  2. Perencanaan utilisasi aset kendaraan
  3. Pengorganisasian aset kendaraan dan pengemudi
  4. Pemantauan operasional armada
  5. Penjadwalan pemeliharaan armada

Masih banyak lagi aktivitas – aktivitas nan terdapat dalam manajemen armada. Hal ini bermaksud untuk memastikan armada dapat beroperasional secara efektif dan efisien.

fleet management system

Keuntungan Sistem Manajemen Armada untuk Bisnis dan Usaha

Banyak jenis upaya dan upaya nan mempunyai armada kendaraan sendiri, misalnya saja perusahaan dalam bagian logistik, transportasi seperti taksi. Selain itu beberapa perusahaan juga mempunyai kendaraan operasional nan digunakan oleh karyawan.

Dalam mengelola sejumlah armada kendaraan tersebut, tentu bakal mengalami halangan dan masalah andaikan dilakukan secara manual dan tidak tersistem dengan baik. Masalah – masalah nan umum terjadi antara lain:

  1. Tidak bisanya perusahaan melacak posisi armada kendaraan secara real time
  2. Sulit memantau perilaku pengemudi saat membawa kendaraan
  3. Rute nan ditempuh oleh armada tidak efisien sehingga waktu terbuang dan konsumsi bahan bakar meningkat
  4. Kesulitan dalam melakukan pertimbangan berkala terhadap keahlian armada

Untuk mengatasi masalah tersebut, sistem manajemen armada alias fleet management system nan terpadu dan intuitif dapat membantu perusahaan dengan cara:

Kemudahan Memantau Armada

Sistem manajemen armada nan terintegrasi dapat membantu perusahaan untuk memantau posisi armada kendaraan secara real time alias aktual. Anda dapat memandang posisi kendaraan dimana serta dapat memandang rute nan ditempuh oleh armada tersebut.

Kemudahan Evaluasi Utilasasi Kendaraan

Dengan sistem manajemen armada, Anda dapat dengan mudah melakukan pertimbangan terhadap tingkat utilisasi alias pemakaian kendaraan. Misalnya saja berapa jam kendaraan tersebut digunakan beroperasi, berapa lama kendaraan tersebut tidak digunakan, berapa banyak konsumsi bahan bakar, serta apakah kendaraan tersebut sudah masuk masa perawatan berkala alias belum

Kemudahan Mengirim Kargo Sensitif

Sistem manajemen armada juga berfaedah untuk perusahaan dalam bagian logistik, khususnya dalam mengirimkan karga nan sensitif terhadap suhu udara dan kelembapan. Anda dapat dengan mudah memantau perubahan suhu dan kelembaban udara muatan peralatan sehingga tetap optimal.

Digitalasi Evaluasi dan Reporting

Dengan sistem manajemen armada, Anda dapat mengatur pengiriman report berkala secara otomatis. Anda dapat menjadwalkan jenis report dan kapan report tersebut dikirim. Selain itu Dapatkan notifikasi ketika suatu peristiwa krusial terjadi, seperti ketika terjadi kecelakaan pada armada, rem mendadak, kecepatan melampaui pemisah alias perubahan suhu pada kargo nan diangkut oleh armada.

Kelola Armada dengan Fleet Management System nan Intuitif

Bhinneka menawarkan sistem dan jasa manajemen armada untuk memudahkan Anda mengelola armada perusahaan. Dengan adanya Fleet Management System (FMS) nan ditawarkan Bhinneka, Anda bisa memantau dan mengelola operasional kendaraan untuk beragam upaya nan mempunyai alias mengelola moda transportasi darat dan laut dengan efisien dan optimal.

FMS Bhinneka dapat menyampaikan info berupa posisi armada, identitas pengemudi, perilaku pengemudi, tingkat konsumsi bahan bakar, delivery tracking serta info lain nan diperlukan untuk mengoptimalkan pengelolaan armada.

Fleet management system tersebut dapat digunakan untuk beragam bagian industri seperti:

  1. Logistik
  2. Sewa kendaraan
  3. Transportasi publik
  4. Layanan publik
  5. Agrikultur
  6. Pertambangan

Selain itu fleet management system tersebut juga bisa diterapkan pada beragam jenis armada kendaraan, antara lain:

  1. Mobil
  2. Motor
  3. Truk Tanker
  4. Kendaraan Pertambangan
  5. Kendaraan Umum seperti taxi, bus
  6. Kapal

Minimalisir akibat kecelakaan dan pangkas biaya operasional armada perusahaan Anda sekarang dengan Fleet Management System. Pelajari lebih lanjut dan hubungi kami pada laman berikut ini

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka