Ketahui Barang Wajib Ada dalam Mobil. Pastikan Anda Punya

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Ban serep serta dongkrak mungkin adalah salah satu peralatan wajib dalam mobil nan umum diketahui oleh para pengendara. Namun jangan salah loh, rupanya peralatan wajib ada dalam mobil tidak hanya itu saja. Ada banyak lain nan krusial dan sebaiknya ada agar perjalanan Anda menjadi lebih kondusif dan nyaman.

Yang perlu diingat adalah tidak semua peralatan perlu Anda masukkan alias bawa, lantaran perihal ini malah bakal mengurangi kenyamanan berkendara. Barang – peralatan wajib ada dalam mobil ini jenisnya dapat meliputi peralatan alias aksesoris nan terdapat dalam kabin mobil ataupun perlengkapan lain nan terdapat dalam bagasi mobil. Umumnya peralatan ini berkarakter esensial dan krusial serta berfaedah baik dalam kondisi darurat ataupun tidak.

Pada tulisan ini bakal memberikan sedikit info dan tips mengenai peralatan – peralatan esensial apa saja nan wajib terdapat dalam mobil.

barang wajib ada dalam mobil

Barang Wajib Ada dalam Mobil

Berikut ini adalah sejumlah peralatan nan sifatnya esensial dan dapat Anda jadikan referensi apakah sudah ada dalam mobil Anda alias belum. Anda juga dapat mempertimbangkan apakah peralatan berikut ini perlu segera Anda lengkapi alias tidak:

Ban Serep / Ban Cadangan

Ban persediaan merupakan salah satu peralatan krusial nan wajib ada dan sifatnya krusial. Ban persediaan berfaedah andaikan ban utama Anda mengalami masalah di jalan, misalnya kempes alias pecah ban. Oleh karenanya, pastikan kondisi ban persediaan nan terdapat di mobil Anda tetap bagus dan mempunyai tekanan angin nan sesuai.

Dongkrak

Dongkrak merupakan peralatan esensial nan sifatnya melengkapi ban cadangan. Jika suatu saat Anda perlu mengganti ban utama dengan ban cadangan, maka Anda memerlukan dongkrak untuk mengangkat mobil dan mengganti ban. Dongkrak biasanya disertakan dan merupakan bawaan dari pabrik mobil. Untuk itu pastikan dongkrak selalu berada di mobil dan tidak diturunkan.

Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

APAR sekarang merupakan peralatan wajib ada dalam mobil sesuai dengan peraturan dari Dirjen Perhubungan. Setiap mobil baru keluaran pabrikan bakal dilengkapi dengan APAR. Pastikan Anda tidak menurunkan APAR dan memastikan APAR mudah dijangkau andaikan dalam kondisi darurat Anda memerlukan APAR ini.

Kotak P3K

Kotak P3K sama seperti APAR, juga merupakan peralatan wajib nan perlu ada dalam mobil. Kotak P3K dapat berfaedah sebagai perangkat pertolongan pertama andaikan terjadi kondisi darurat seperti kecelakaan ataupun misalnya terjadi luka pada pengendara selama mengendarai mobil. Selain untuk perangkat pertolongan kecelakaan, Anda juga dapat mengisinya dengan obat – obatan.

Lampu Senter

Salah satu peralatan nan sering dilupakan, adalah lampu senter. Lampu senter berfaedah untuk membantu penglihatan jika suatu saat terjadi kondisi darurat pada malam hari dimana Anda perlu mengecek bagian luar mobil hingga dalam kap mesin. Memang Anda dapat mengandalkan lampu flash pada smartphone, namun bakal lebih mudah dan membantu andaikan Anda juga menyediakan lampu senter untuk berjaga – jaga jika dibutuhkan.

Segitiga Pengaman

Segitiga pengaman adalah perangkat pengaman wajib nan kudu ada di dalam mobil dan biasanya juga turut disertakan berbareng dengan ban persediaan serta dongkrak. Anda memerlukan segitiga pengaman andaikan Anda mengalami kondisi darurat seperti mobil mogok. Anda dapat meletakkan safety triangle alias segitiga pengaman dengan jarak 3 meter di belakang mobil, dengan tujuan lampau lintas di belakang Anda dapat berhati – hati dan menghindari lajur tempat mobil Anda berakhir darurat.

segitiga pengaman

Tempat Sampah Kabin

Kabin nan bersih dapat membikin berkendara menjadi lebih nyaman. Untuk itu, pastikan Anda menyediakan satu buah tempat sampah mini untuk di dalam kabin mobil. Hal ini berfaedah agar sampah seperti tissue alias balut permen misalnya dapat dibuang ke dalam tempat sampah dan tidak berserakan.

Demikian sejumlah peralatan krusial dan esensial nan perlu ada dalam mobil agar berkendara lebih kondusif dan nyaman. Pastikan Anda berkendara mengikuti rambu lampau lintas nan bertindak dan sesuaikan kecepatan berkendara Anda dengan patokan nan berlaku.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka