Kembali ribuan buruh Jabar demo di Gedung Sate, hindari ruas jalan ini

Sedang Trending 5 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Bandung | SekitarKita.id,- Ribuan demonstran pekerja dari campuran serikat pekerja/serikat pekerja di Jawa Barat dikabarkan kembali melakukan unjuk rasa pada Rabu, 20 Desember 2023, dan Kamis, 21 Desember 2023.

Sekretaris DPW Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jawa Barat, Dede Rahmat mengatakan, unjuk rasa kali ini dikonsentrasikan di dua lokasi, ialah Gedung Sate dan Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat.

“Ya, hari ini kami (buruh Jawa Barat) melakukan tindakan unjuk rasa kembali dipusatkan ke Gedung Sate, kebetulan saya sedang menghadiri rapat ketua Nasional (Rapimnas) FSPMI di Bogor, kebetulan tindakan dipimpin langsung ketua DPW FSPMI Jabar,” kata Dede Rahmat saat dihubungi instansi sekitarkita.id melalui aplikasi perpesanan Rabu pagi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ia menyebut, sebagai mana menindaklanjuti beberapa aktivitas tindakan unjuk rasa pada sebelumnya, dimana pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dalam perihal ini Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin dianggap sama sekali tidak mengakomodir serikat pekerja (serikat buruh) nan menjadi perwakilan mereka.

 Abdul Kholilulloh)Sekjen FSPMI Jabar, Dede Rahmat (foto ilustrasi: Abdul Kholilulloh)

di Jabar bakal terus melakukan tindakan unras sampai dengan tuntutan para pekerja di dipenuhi Pj Gubernur,” jelasnya.

Adapun tuntutan kali ini, kata dia, menolak besaran kenaikan UMK dan UMP Jabar tahun 2024, nan telah di sepakati oleh Pj Gubernur dan menuntut untuk dilakukan revisi  tentang besaran kenaikan UMP dan UMK dengan nilai kenaikan sebesar 15 persen dari nilai UMP dan UMK di tahun 2023.

“Menuntut Pj Gubernur Jabar untuk menertibkan surat keputusan tentang bayaran buruh/pekerja nan masa kerjanya sudah 1 tahun alias lebih dengan kenaikan 7,12 persen sampai dengan 14 persen dari UMK nan berlaku,” ujar Dede.

“Menolak Omnibus Law alias Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 beserta patokan turunannya termasuk peraturan pemerintah Nomor 51 Tahun 2023,” tandasnya.

Adapun route nan dilalui massa campuran serikat pekerja/serikat pekerja Jawa Barat nan bakal berpusat di Kantor Disnakertrans Provinsi Jabar dan Kantor Gubernur Jabar Gedung Sate pada Rabu-Kamis, 20-21 Desember 2023.

 Abdul Kholilulloh)Ilustrasi demo pekerja (foto: Abdul Kholilulloh)

Titik Kumpul Pemberangkatan

Wilayah Selatan

FSPMI, SPN, GOBSi Berangkat Dari Arah batujajar Bergabung Dengan Massa dari Pertigaan Industri II Laksana Mekar Desa Laksana Mekar Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB)

Route: Jln Raya Batujajar -Ciampel, Cimareme- Jln Gado Bangkong, Jln Raya Amir Machmud, Jembatan Pasopati-Kantor Disnakertrans Provinsi Jawa Barat dan Kantor Gubernur Jawa Barat (Gedung Sate)

Wilayah Barat

KEP SPSI KAHUT SPSi berangkat dari Kantor TSK SPSI berasosiasi Masa Dari Wil Cipatat

Route: Jln Ciburuy-Jln Tagog Padalarang-Tol Padalarang -Jln Caraingin -Cimareme- Jln Gado Bangkong, Jln Raya Amir Machmud, Jembatan Pasopati-Kantor Disnakertrans Provinsi Jawa Barat dan Kantor Gubernur Jawa Barat (Gedung Sate)

Wilayah Tengah

LEM SPSI, GOBSI, Berangkat dari Halaman HBS Cimareme Desa Cimareme Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Route: Jln Cimareme- Jln Gado Bangkong, Jln Raya Amir Machmud, Jembatan Pasopati-Kantor Disnakertrans Provinsi Jawa Barat dan Kantor Gubernur Jawa Barat (Gedung Sate)

Wilyah Timur

RTRM berangkat dari di Bawan Jembatan KCIC Gadobangkong Bersama Masa dari Ulta Indofood

Route: Jln Gado Bangkong, Jln Raya Amir Machmud, Jembatan Pasopati-Kantor Disnakertrans Provinsi Jawa Barat dan Kantor Gubernur Jawa Barat (Gedung Sate).

Sementara itu, Polrestabes Bandung mengimbau penduduk Bandung nan hendak beraktivitas hari ini dan besok untuk menghindari Jalan Diponegoro (Gedung Sate) dan Jalan Soekarno-Hatta (Disnakertrans).

“Kami imbau kepada pengguna jalan untuk menggunakan jalur pengganti lain, agar tidak terjadi penumpukan kendaraan,” tulis Satlantas Polrestabes Bandung dalam pernyataan resminya, Rabu, 20 Desember 2023.

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita