Kang Ace Sebut Golkar Jabar Akan Siapkan Pasukan Udara untuk Bangun Diksi Positif di Medsos

Sedang Trending 6 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Kang Ace saat menjadi pembicara pada Rapat Kooordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat

Politik, SekitarKita.id – Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat Tubagus Ace Hasan Syadzily , menyampaikan ke seluruh kadernya agar dapat bisa untuk membangun diksi dan narasi positif pada Media Sosial (Medsos) untuk Pemilu 2024 nan bakal datang.

Ungkapan tersebut disampaikan Kang Ace panggilan berkawan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini saat menjadi pemateri pada Rapat Kooordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat di Hotel Asrilia Kota Bandung, pada Kamis 14 Desember 2023.

“Politik itu tergantung dari persepsi. Kalau dipersepsikan positif maka bakal positif. Media sosial telah memoles banyak perihal termasuk politik dan pemimpin politik untuk menjadi sosok nan lebih dikenal publik,” kata Kang Ace.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kang Ace juga memaparkan, pada dasarnya tujuan partai politik ini dapat berkomunikasi dengan masyarakat baik itu secara langsung, maupun tidak tujuan untuk memberikan info positif.

Namun apapun corak informasinya tidak lepas dari info kebijakan, program kerja, mempersuasi, dan juga dapat membentuk opini publik untuk dapat mempengaruhi positif kepada masyarakat sesuai dengan tujuan kepartaian.

Untuk itu, Kang Ace menyebutkan,‘pasukan udara’ ini kehadiran bagi partai politik menjadi semakin krusial terutama dalam masa-masa kampanye saat ini.

Dimana Partai Golkar mempunyai corak sasaran meraih minimal 20 persen untuk bangku di legislatif dan juga dapat menjadi pemenang Pilpres serta Pilkada pada Pemilu 2024.

Ketua Biro Bidang Media dan Penggalangan Opini DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat, Saep Lukman, saat memandu aktivitas ikut menambahkan, dimana era kerakyatan partai politik tidak bisa dominan hanya menerapkan komunikasi satu arah.

“Feedback dari masyarakat sangat diperlukan untuk menjaring aspirasi dan info guna menyempurnakan kebijakan dan program kerja partai, sehingga terjadi keselarasan antara kepentingan partai dengan masyarakat,” papar Saep.

Karena itu, kata dia, kader Golkar kudu mempunyai keahlian menggalang kekuatan media. Bukan hanya media konvesional tetapi juga media sosial. Sebab sekarang setiap orang sekarang bisa menjadi pewarta dan membangun opini bagi dirinya maupun orang lain.

“Media sosial telah mempengaruhi banyak pola pikir masyarakat. Karena itu pembangunan diksi menjadi krusial dalam membangun komunikasi politik nan baik. Terutama ketika hendak menyampaikan pesan tentang hal-hal nan berangkaian dengan program aktivitas kepartaian,” tegasnya.

Pada aktivitas nan dihadiri para Pengurus Bidang MPO seluruh DPD Kabupaten/Kota Partai Golkar di Jawa Barat, pengurus Lembaga Komunikasi dan Informasi (LKI) Golkar Jabar itu.

Kang Ace kemudian mengungkap beragam info dan memaparkan sejumlah hasil survei mengenai penggunaan media sosial di Indonesia, termasuk hubungannya dengan kecenderungan pemilih saat ini.

Disebutkan Kang Ace, bahwa dari total populasi 276,4 juta masyarakat Indonesia ada 353,8 juta perangkat handphone nan digunakan alias 128 % dari jumlah masyarakat nan ada. Artinya setiap masyarakat mempunyai lebih dari satu handphone.

Sementara dari total masyarakat nan ada sekitar 167 juta orang adalah mereka nan aktif di sosial media alias sekitar 60,4 persen dari total populasi. Dimana setiap orang nyaris 4 jam 53 menit setiap harinya menggunakan internet di perangkat hp mereka.

“Itu alasannya kenapa sekarang sebuah buletin menyebar begitu sigap via media sosial. Ingat musuh punya materi negatif alias infirmasi hitam mengenai kita untuk disebarkan. Persoalnya sekarang. apakah kita punya materi buletin alias narasi positif untuk sebarkan alias tidak?,” ungkap Kang Ace.

Wakil rakyat asal Dapil Kabupaten Bandung dan Bandung Barat itu, lampau menyebut tentang sasaran nan kudu dilalukan para kadernya dalam merekrut pemilih sebanyak-banyaknya. Salah satunya dengan langkah mengelola media dan media sosial.

“Untuk itu lakukan tiga prinsip dalam bermedsos ialah tanam, tebar dan tuai. Tanam konten positif sebanyak mungkin di beragam media termasuk media sosial,” pesannya.

Kang Ace kemudian memberikan beberpa tips menggunakan media sosial untuk promosi. berbagi pengetahuan dan interaksi. “Konten serius diolah menjadi ringan dan menghibur. Isu apa nan mau dibahas?. Sesuaikan dengan rumor di dapil dengan jenis konten nan lezat disebar,” sebutnya.

Rakornis Bidang MPO DPD Partai Golkar Jawa Barat itu juga dihadiri Wakil Ketua Umum DPP Partai Gokar nan juga mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK).

Kemudian Wakil Ketua DPP Partai Golkar Bidang Komunikasi dan Informasi, Nurul Arifin, Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat, MQ Iswara.

Hadir pula Bendahara DPD Partai Gokar Provinsi Jawa Barat, Metty Triantika. Kemudian Wakil Ketua Bidang MPO DPD Partai Golkar Jawa Barat, Asep Suparma serta pengurus lainnya.

Kegiatan itu juga dimeriahkan oleh deklarasi tim siber milennial Partai Golkar dalam memenangkan pasangan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka.

Mereka menargetkan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden dari Partai Golkar itu bisa menang telak di Jawa Barat.***

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita