Jenis Olahraga yang Membakar Kalori Paling Banyak

Sedang Trending 6 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Mengetahui jenis olahraga nan membakar kalori paling banyak merupakan salah satu perihal krusial nan perlu diketahui bagi Anda nan menerapkan diet alias menjalankan program penurunan berat badan maupun mau menjaga berat badan Anda nan sekarang.

Olahraga teratur selain menjaga kebugaran tubuh juga memberikan banyak faedah kesehatan. Akan tetapi untuk menurunkan berat badan alias menjaga berat badan ideal, tidak cukup hanya menjaga pola makan, namun Anda juga perlu memperhatikan jenis olahraga nan Anda lakukan.

Dalam tulisan ini bakal dibahas singkat mengenai beragam macam jenis olahraga nan dapat membakar kalori paling banyak serta membantu Anda untuk mencapai sasaran berat badan nan Anda inginkan.

Konsep Kalori

Kalori diperoleh oleh tubuh dari makanan nan kita konsumsi sehari – hari. Kalori dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsinya. Setidaknya ada tiga perihal esensial nan dilakukan oleh tubuh nan memerlukan kalori ialah metabolisme dasar, kegunaan pencernaan, serta aktivitas fisik.

Kalori dapat kita anggap seperti “bahan bakar” tubuh. Kurangnya asupan kalori nan masuk ke dalam tubuh, membikin Anda merasa lemas, tidak berkekuatan dan berakibat tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya secara optimal.

Terdapat istilah kalori masuk dan kalori keluar nan dikenal secara umum. Kalori masuk adalah seluruh kalori nan masuk ke dalam tubuh dari makanan nan kita konsumsi sehari – hari. Sedangkan kalori keluar adalah kalori nan dibutuhkan oleh tubuh alias dibakar oleh tubuh untuk menjalankan aktivitas bentuk dan beragam fungsinya.

kalori

Apabila kalori nan kita konsumsi lebih banyak dari kalori nan keluar alias dibakar tubuh, maka bakal terjadi surplus kalori, dimana kalori ini biasa disimpan dalam corak lemak dan juga berakibat pada naiknya berat badan di timbangan.

Sebaliknya andaikan kalori nan masuk lebih sedikit dari kalori keluar, maka bakal terjadi defisit kalori. Kondisi defisit kalori ini membikin tubuh membakar lemak untuk mencukupi kebutuhan daya dan dapat berakibat pada turunnya berat badan di timbangan.

Jenis Olahraga nan Membakar Kalori Paling Banyak

Jika mau menurunkan berat badan maka perlu tercipta kondisi defisit kalori. Sedangkan andaikan Anda mau menjaga berat badan ideal, maka kalori nan masuk kudu sama dengan kalori nan dibakar. Untuk itu Anda perlu mengetahui nomor kecukupan kalori Anda dan mengetahui beragam olahraga nan dapat membakar kalori paling banyak:

Lari

Lari merupakan olahraga nan mudah dan dapat Anda lakukan untuk membakar kalori. Besarnya kalori nan dibakar tergantung pada lama dan juga intensitas Anda lari. Semakin sigap Anda lari, semakin banyak kalori nan Anda bakar.

jenis olahraga nan membakar kalori

Umumnya berlari selama 30 menit dapat membakar sekitar 300 hingga 480 kalori

Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu olahraga nan juga membakar banyak kalori. Selain bersepeda di luar ruangan, Anda juga menggunakan sepeda tetap untuk olahraga bersepeda di dalam rumah. Bersepeda selama 30 menit dapat membakar sekitar 200 – 300 kalori

bersepeda

Renang

Renang merupakan jenis olahraga kardio dengan intensitas rendah. Meski begitu, sebagai salah satu jenis olahraga kardio, renang dapat membakar sekitar 198 – 294 kalori selama 30 menit. Salah satu kelebihan renang dibandingkan olahraga kardio lain seperti lari adalah, pada renang Anda menggunakan sekaligus melatih seluruh otot tubuh nan Anda miliki.

Untuk orang – orang nan mempunyai masalah persendian dan tidak dapat alias susah berlari juga dapat menjadikan renang sebagai olahraga alternatif.

Senam Aerobik

Senam Aerobik seperti zumba juga dapat dilakukan untuk membakar kalori. Selain menyenangkan jika dilakukan ramai – ramai, senam aerobik dapat membakar hingga 180 – 270 kalori per 30 menitnya.

HIIT

HIIT alias High Intensity Interval Training adalah latihan intensitas tinggi nan dapat Anda dengan mudah lakukan di rumah dengan mengikuti beragam pedoman video nan dapat Anda temukan di internet.

Pada dasarnya HIIT adalah olahraga dengan kecepatan alias intensitas tinggi selama selang waktu tertentu misalnya 30 detik, dan diselingi rehat selama 1 menit sebelum bersambung ke aktivitas berikutnya.

Gerakan – aktivitas pada HIIT cukup beragam misalnya saja lari di tempat, jumping jack, squat, sit up, plank, dan sebagainya

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka