Jenis – Jenis AC dan Kelebihannya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Semakin majunya zaman, teknologi nan digunakan pada beragam jenis – jenis AC alias sistem pendinginan ruangan juga semakin berkembang. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya model dan teknologi nan digunakan pada AC.

Mengetahui apa saja jenis dari sistem pendingin ruangan alias AC serta kelebihannya, dapat membantu Anda untuk memilih jenis pendingin ruangan nan sesuai dengan kebutuhan pendinginan alias jenis ruangan secara tepat.

Pentingnya Memilih AC nan Sesuai

AC memungkinkan kita untuk tetap beraktivitas dengan nyaman dalam kondisi nan panas. Apabila AC nan tidak sesuai alias tidak cocok, pendinginan tidak bakal dapat dilakukan secara optimal. Akibatnya suhu ruangan tidak dapat dingin secara maksimal dan tetap terasa panas.

Hal ini bakal membikin kondisi terasa tidak nyaman. Misalnya saja di kantor, AC nan tidak dingin dan terasa panas seringkali dikeluhkan oleh karyawan. Suasana dan kondisi ruang instansi nan panas membikin tenaga kerja terasa tidak nyaman dan berakibat pada pekerjaan menjadi kurang produktif.

Dalam tulisan kali ini, kita bakal membahas mengenai apa saja jenis – jenis AC dan apa saja kelebihan masing – masing serta perutunkan dari masing – masing jenis AC.

Jenis  AC dan Kelebihannya

Untuk memilih AC terbaik untuk kebutuhan Anda, krusial untuk memahami macam macam AC nan tersedia. AC nan dipilih hendaknya disesuaikan dengan kegunaan dan jenis ruangan. Berikut ini beberapa jenis AC nan umum digunakan:

AC Split

AC Split adalah salah satu jenis AC nan sering ditemukan dan banyak digunakan di rumah maupun ruko alias perkantoran ukuran kecil. Sesuai dengan namanya, AC Split terdiri dari 2 komponen utama nan terpisah, yaitu:

  • Unit pendingin nan dipasang di dalam ruangan
  • Unit berbentuk kipas untuk pembuang panas nan berada di luar ruangan

AC Split

AC Split sendiri terbagi menjadi beberapa macam, antara lain:

  1. AC Low Watt
  2. AC Split Standard
  3. AC Inverter

Kelebihan dari AC Split ialah harganya nan cukup terjangkau, serta perawatan AC jenis ini nan cukup mudah dilakukan. Selain itu, AC ini juga terdiri dari beberapa ukuran, mulai dari ukuran 1/2 PK.

AC Cassette

AC Cassette adalah serupa dengan AC Split lantaran terdapat 2 unit, bedanya adalah AC Cassette terpasang pada bagian plafon ruangan. Berbeda dengan AC Split nan terpasang pada tembok ruangan.

AC jenis ini cocok untuk ruangan kerja alias ruangan meeting nan besar lantaran pendinginan bakal lebih optimal dibanding dengan memasang beberapa AC jenis Split. Selain itu AC jenis ini juga umum digunakan di mall.

AC Cassette

Kelebihan dari AC jenis Cassette adalah lebih efisien dalam mendinginkan ruangan. Pendinginan juga dapat dilakukan untuk 4 sisi sekaligus, berbeda dengan AC jenis split nan hanya 1 sisi.

AC Duct

AC j duct adalah jenis AC nan dipasang di dalam ducting alias saluran ventilasi / udara dari suatu gedung. AC ini biasanya digunakan pada gedung-gedung komersil seperti gedung perkantoran, rumah sakit, dan mall.

AC ducting biasanya digunakan di rumah besar alias gedung komersial lantaran kemampuannya untuk mendinginkan ruangan nan besar. Sistem AC duct alias AC central beraksi dengan mengedarkan udara sejuk melalui saluran.

Kelebihan dari AC duct adalah pemasangan nan lebih rapi lantaran umumnya menyatu dengan plafon. Selain itu AC jenis ini umumnya lebih senyap saat dinyalakan dan juga pendistribusian dingin lebih merata ke seluruh area gedung.

AC Floor Standing

AC dengan kreasi nan diberdirikan di lantai. Salah satu jenis nan termasuk dalam AC Floor Standing adalah AC Portable. AC portabel menarik udara hangat dari ruangan, menjalankannya melalui proses pendinginan, dan kemudian mendorong udara nan didinginkan kembali ke dalam ruangan.

Beberapa jenis AC Floor standing juga mempunyai kapabilitas pendinginan hingga 5PK.

Smart AC

Smart AC merujuk kepada teknologi nan dimiliki oleh unit pendinginan alias AC. Smart AC alias AC Pintar biasanya mempunyai fitur unik alias tambahan nan dapat terhubung dengan internet, Wi-Fi, dan bisa dikendalikan melalui aplikasi pada smartphone.

Smart AC sendiri dapat berupa AC jenis split, cassette, alias AC Duct hingga AC Floor Standing.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka