Intel Ungkap Element Arsitektur Lunar Lake; Luncurkan Prosesor Xeon 6 Baru

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

<?xml encoding="UTF-8"???>

Intel mengungkap kemajuan barunya dalam bagian AI di Computex 2024. Intel telah mengungkap element arsitektur Lunar Lake untuk prosesor PC AI, beserta akselerator AI Gaudi 3. Perusahaan tersebut juga mempromosikan dua prosesor Xeon 6 baru dengan keahlian komputasi awan nan ditingkatkan. Berikut adalah element dari pengumuman paling kekinian Intel.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Element Arsitektur Danau Bulan Terungkap

Intel juga menyampaikan rincian arsitektur Lunar Lake terbarunya, nan bakal digunakan dalam prosesor nan bakal datang untuk PC AI. Prosesor ini bakal menawarkan peningkatan efisiensi daya sebesar 40% dan Peningkatan keahlian AI 3x lipatProsesor Lunar Lake bakal mempunyai aplikasi besar pada computer tipis dan ringan nan irit daya. Berikut adalah element teknis arsitektur Lunar Lake:

  • Inti keahlian baru (inti P) dan inti efisiensi (inti E) dengan keahlian dan konsumsi daya nan ditingkatkan.
  • Unit pemrosesan saraf (NPU) generasi keempat nan bisa melakukan 48 tera-operasi in line with detik (TOPS), menawarkan keahlian komputasi 4x lebih dalam jumlah besar dalam AI generatif daripada NPU generasi sebelumnya.
  • Desain GPU baru dengan nama kode Battlemage dengan Inti GPU X2 Dan Ekstensi Matriks X (XMX)Ini bakal menawarkan peningkatan keahlian 1,5x dalam permainan, dan array XMX bakal dapat hingga sampai 67 TOPS keahlian AI.
  • Sistem pulau berkekuatan rendah nan canggih nan menangani tugas latar belakang dan produktivitas secara lebih efisien, meningkatkan masa pakai baterai computer.

Intel telah berkolaborasi dengan sejumlah OEM komputer untuk CPU Lunar Lake mendatang. Perusahaan tersebut menyampaikan bahwa lebih dari 80 version PC AI nan dengan langkah nan lain bakal tersedia di pasar konsumen.

Prosesor Intel Xeon 6 Diumumkan

Prosesor Xeon 6 baru dari Intel dirancang untuk aplikasi komputasi awan kepadatan tinggi dengan support original untuk AI. Prosesor ini lebih irit daya dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Intel mempromosikan dua prosesor baru dalam jejeran ini, Xeon 6 E-inti dengan semua inti efisiensi nan diberi nama kode Sierra Woodland, dan Xeon 6 inti-P dengan semua inti keahlian diberi kode nama Granite Rapids.

Prosesor Xeon 6 nan baru menyediakan konsolidasi tingkat rak 3-ke-1 untuk meningkatkan efisiensi sistem umpama terjadi kegagalan perangkat keras. Mereka juga menawarkan peningkatan keahlian sampai 4,2x in line with watt dan peningkatan keahlian 2,6x dalam transcoding media. Mereka juga bisa dipasang pada sistem berukuran ringkas nan memerlukan lebih minim ruang rak.

Prosesor Xeon 6 nan baru bakal mengurangi biaya operasi server lantaran itu mengonsumsi daya nan lebih minim dengan keberlanjutan nan lebih tinggi. Xeon 6 E-Core bakal tersedia di pasar internasional mulai hari ini, sementara waktu prosesor P-Core bakal diluncurkan pada kuartal berikutnya.

Akselerator AI Gaudi Intel

Intel juga mempromosikan nilai Lukisan Gaudí 2 Dan Akselerator AI Gaudi 3Sistem ini memberikan peningkatan keahlian nan signifikan dalam tugas-tugas AI generatif, untuk version bahasa besar (LLM). Akselerator AI Gaudi oleh Intel secara langsung bersaing dengan GPU Nvidia H100 kelas unggulan namun dengan biaya nan lebih rendah.

intel gaudiintel gaudi

Akselerator AI Gaudi 3 juga lebih sigap dalam melatih knowledge besar pada version Llama2-70B dan Mistral 7B. Intel juga bekerja-sama dengan ASUS, Foxconn, Gigabyte, dan OEM besar lainnya untuk meningkatkan kesiapan sistem dengan akselerator AI Gaudi 3. Meski demikian sebagian besar solusi ini berorientasi pada perusahaan, solusi ini juga mempunyai aplikasi di pasar konsumen untuk pengguna berat.


Sumber: mysmartprice-com

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita