Intel memperkenalkan prosesor Xeon 6 dengan hingga 144 E-core

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Intel meluncurkan family prosesor server baru nan dijuluki Xeon 6. Secara khusus, seri 6700E hanya menggunakan E-core untuk tujuan menjejalkan sebanyak mungkin core dalam satu soket – dalam perihal ini hingga 144 core. Seri ini diberi kode nama Sierra Forrest. Intel juga mempunyai seri lain ialah Granite Rapids nan bakal menghadirkan prosesor Xeon 6 dengan P-core, namun bakal datang pada Q3 tahun ini.

Penawaran Sierra Forrest dimulai dengan Xeon 6 6710E, nan menampilkan 64 core Efisiensi nan melangkah pada pedoman 2,4GHz dan turbo all-core 3,2GHz. Lalu ada dua model dengan 96 core, masing-masing satu dengan 112 dan 128 core dan terakhir dua model teratas.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

6766E mempunyai 144 E-core dan TDP 250W, memungkinkannya melangkah pada gelombang dasar 1,9GHz dan turbo all-core 2,7GHz. Lalu ada 6780E, juga dengan 144 core, tetapi TDP lebih tinggi ialah 330W, sehingga mempunyai gelombang dasar 2,2GHz dan turbo all-core 3,0GHz.

Dua nan terakhir ini mempunyai cache L3 sebesar 108MB, tetapi apalagi 6710E nan rendahan pun mempunyai 96MB (sebenarnya, semua selain dua model inti 144 mempunyai 96MB). Semua prosesor Xeon 6 E-core juga mempunyai banyak jalur PCIe 5.0 – tepatnya 88.

Intel Xeon 6 E-core (Hutan Sierra)
Intel Xeon 6 E-core (Hutan Sierra)

Intel Xeon 6 E-core (Hutan Sierra)

Beberapa beban kerja mendapatkan faedah lantaran mempunyai banyak inti, bukan lantaran kecepatan inti individu. Untuk kasus penggunaan seperti itu, Intel mengatakan bahwa jumlah rak server dapat dikurangi sebanyak 3 kali lipat. Sebagai contoh, server farm dengan 200 rak nan menggunakan prosesor dari 5 tahun lampau sekarang dapat dikurangi menjadi 66 rak.

Bahkan nan lebih baik lagi, keahlian tingkat rak bakal meningkat hingga 4,2x dengan menggunakan lebih sedikit daya untuk melakukan booting – keahlian per watt bakal meningkat hingga 2,6x. Ada argumen kenapa ini disebut inti efisiensi. Bagaimanapun, ini dibandingkan dengan prosesor lama dari Intel. Dibandingkan pesaing saat ini, Intel menyatakan Xeon 6 dengan E-core mempunyai performa per watt 1,3x lebih baik.

Intel memperkenalkan prosesor Xeon 6 dengan hingga 144 E-core

Tugas komputasi lain nan lebih berat (AI, computer vision, dll.) bakal mendapat faedah dari seri Granite Rapids dengan P-core nan lebih berkekuatan (tetapi mungkin lebih sedikit).

PS. Intel mengatakan bahwa kesiapan umum akselerator AI Gaudi 3 berada di jalur nan tepat untuk Q3 tahun ini.

Sumber

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita