Ini 4 Macam Gaya Renang dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Sedang Trending 5 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Mengetahui serta menguasai beragam macam style renang serta rutin alias kegemaran berenang dapat mendatangkan banyak faedah untuk kesehatan tubuh. Berenang adalah salah satu golongan olahraga kardio nan cocok untuk segala usia.

Berenang meski merupakan olahraga kardio, namun mempunyai akibat cedera nan lebih rendah dibandingkan dengan olahraga kardio lainnya. Selain mempunyai banyak faedah kesehatan, olahraga renang juga dapat dijadikan salah satu sarana rekreasi alias aktivitas nan menyenangkan.

Dalam berenang terdapat beragam macam style renang. Tentu saja untuk memaksimalkan faedah untuk tubuh serta pembakaran kalori dari renang, Anda perlu berenang dengan pola alias form nan tepat dan sesuai untuk masing – masing style renang.

macam style renang

Bagi Anda nan sedang belajar berenang, pada tulisan ini bakal dibahas beragam macam style renang nan dapat Anda coba dan praktekkan di kolam renang. Masing – masing style renang ini mempunyai sejumlah faedah dan juga kesulitannya tersendiri.

Macam – Macam Gaya Renang

Gaya renang nan dasar dan umum terbagi menjadi 4 macam. Keempat style renang ini juga merupakan jenis style renang nan seringkali dilombakan dalam kontestasi olahraga. Gaya berenang nan umum antara lain:

  • Gaya Bebas (Freestyle alias front crawl)
  • Gaya Dada (Gaya katak alias breaststroke)
  • Gaya Punggung (Backstroke)
  • Gaya Kupu – Kupu (Butterfly Stroke)

Teknik Renang dan Manfaatnya

Keempat style renang di atas diurutkan mulai dari tingkat kesulitannya. Oleh karenanya, disarankan bagi Anda nan sedang belajar berenang dan mencoba menguasai beragam teknik style renang, untuk memulainya dengan style bebas terlebih dulu dan diteruskan dengan style berikutnya setelah menguasainya.

Gaya Bebas alias Freestyle

Gaya renang ini mudah untuk dipelajari dan aktivitas nan dilakukan pun cukup sederhana dan tidak rumit. Gaya renang ini juga merupakan style renang nan efisien dan juga cepat. Untuk mempelajari style ini, perenang pemula juga dapat mulai dengan mempelajari aktivitas meluncur terlebih dahulu.

Gaya renang ini melibatkan seluruh otot tubuh terutama otot inti, punggung, lengan, dada, hingga kaki. Berikut beberapa faedah dari style renang bebas:

  1. Gaya renang ini melibatkan beragam macam otot tubuh sehingga otot – otot tubuh dapat terlatih kekuatannya.
  2. Gaya renang ini juga dapat membantu menurunkan berat badan. Renang intensif dengan style renang ini dipercaya dapat membakar kalori hingga 400 – 500 kalori per jamnya
  3. Untuk anak – anak alias remaja nan dalam masa pertumbuhan, berenang dengan style renang ini dapat membantu meninggikan badan lantaran otot – otot tubuh tertarik saat melakukan aktivitas style renang bebas

Gaya Dada alias Gaya Katak

Gaya dada merupakan style renang nan mempunyai aktivitas unik dan berbeda dengan aktivitas pada style renang lainnya. Pada style ini, aktivitas tangan dan kaki terbilang lebih lambat dan santai. Gaya ini disebut juga dengan style katak, lantaran gerakannya menyerupai aktivitas katak saat berenang.

Teknik ini mengunakan dorongan dari tangan dan kaki, serta memungkinkan perenang untuk mengambil napas singkat dalam setiap gerakannya. Teknik ini condong santuy dan tidak banyak menghabiskan daya dibandingkan dengan style bebas maupun style kupu kupu.

Manfaat renang dengan style katak antara lain:

  1. Mengurangi stres. Hal ini dikarenakan aktivitas pada style dada nan relatif santuy dan lambat sehingga tubuh lebih rileks dan dapat menikmati renang dengan maksimal
  2. Menguatkan tulang dan otot terutama otot dada dan seluruh kaki.
  3. Untuk orang tua ataupun orang nan mempunyai sakit di sendi alias otot dapat menggunakan style ini lantaran lebih tidak memberikan beban untuk otot tubuh

Gaya Punggung

Renang style punggung menggunakan punggung sebagai tumpuan. Dapat dikatakan posisi style punggung merupakan kebalikan dari posisi style bebas. Pada style ini, Anda berebahan mengapung dengan posisi telentang dan aktivitas kaki dan tangan sama seperti style bebas, hanya saja posisi tangan mendayung ke belakang.

Gaya ini juga memungkinkan perenang untuk tetap bernapas selama berenang lantaran wajah tidak masuk ke dalam air. Berikut ini faedah dan kelebihan dari style punggung:

  1. Salah satu style nan mudah dipelajari juga untuk pemula
  2. Memungkinkan perenang untuk tetap bernapas saat berenang
  3. Dapat memperkuat otot punggung dan membantu orang – orang nan menderita masalah punggung

Gaya Kupu Kupu

Gaya kupu – kupu merupakan style renang tersulit dan banyak menguras tenaga. Hal ini dikarenakan seluruh bagian tubuh aktif bergerak. Meski tersulit, namun style renang ini mempunyai faedah antara lain:

  1. Membakar kalori lebih besar dibandingkan dengan style renang lainnya
  2. Seluruh otot tubuh aktif bergerak dan terlatih saat berenang dengan style ini, mulai dari otot dada, perut, punggung, dan lainnya
  3. Membentuk postur tubuh

Demikian pembahasan mengenai beragam macam style renang dan juga manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Anda dapat rutin berenang dengan pilihan style renang favorit Anda lantaran setiap style renang mempunyai faedah nan sama dan berfaedah untuk kesehatan tubuh Anda.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka