Hujan guyur Karawang, sejumlah rumah warga terendam banjir akibat drainase buruk

Sedang Trending 6 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Karawang | SekitarKita.id,- Wilayah Kabupaten Karawang tetap diguyur hujan sampai malam ini. Salah seorang penduduk Tanjung Mekar, Kecamatan Karawang Barat, Saeful mengatakan wilayahnya tetap tergenang air.

Ia menyebut, jumlah ini sudah berkurang lebih dari setengahnya jika dibanding sore tadi. Genangan air tersebut akibat dari buruknya saluran drainase nan mulai menyempit sehingga tidak kuat menampung debit air hujan terlalu tinggi.

“Banjirnya ya, mungkin lantaran dari saluran air dari bagian belakang rumah ataupun di bagian selokan selokan lainnya. Jadi pada meluap ke sini,” kata Saepul penduduk RW03, Kampung Buniaga Seri, Tanjung Mekar saat ditemui pewarta SekitarKita.id dilokasi Kamis (4/01/2024) sore.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

 Dyka)Sejumlah rumah penduduk Kampung Buniaga Seri, Tanjung Mekar, Kecamatan Karawang Barat, Karawang terendam banjir akibat drainase jelek (foto: Dyka)

Saeful menjelaskan, banjir selain merendam kampung Buniaga Seri juga merendam wilayah jalan proklamasi no 13 Kampung Krajan, Kelurahan Tanjung Mekar, akibat perbaikan drainase diduga asal-asalan dalam pengerjaannya.

“Dari dulu ga pernah banjir wilayah ini, ya ini gara-gara saluran kurang bener aja di buatnya itu di tahun 2021 sempat di perbaiki kurang rata, apalagi genangan air di jalan raya tidak terserap banjirnya,” tegasnya.

Pihaknya berharap, pemerintah wilayah setempat sigap tanggap dalam merespon keluhan masyarakat nan terdampak banjir, genangan air menyulitkan penduduk untuk beraktivitas.

“Ya saya minta support aja kepada pihak pihak nan bisa bantuin membantu untuk membenarkan saluran saluran air nan ada di Tanjung Mekar ini. Saya keberatannya gara gara lantaran rumah saya banjir semoga jadi perhatian,” tandasnya.

 Dyka)Drainase di jalan proklamasi no 13 Kampung Krajan, Kelurahan Tanjung Mekar, Kecamatan Karawang Barat tidak berfaedah normal sehingga mengakibatkan banjir merendam rumah penduduk (foto: Dyka)

Terpisah, Lurah Tanjung Mekar, Haris Suhendi membenarkan kejadian tersebut, pihaknya mengatakan sudah melakukan upaya untuk melaporkan kejadian itu ke Dinas PUPR Kabupaten Karawang.

“Harusnya drainase itu dilubangin, sudah saya share beritahu kepada bagian SDA PUPR Karawang,” kata Haris saat dihubungi melalui aplikasi perpesanan.

Pantauan dilokasi, sejumlah rumah penduduk terdampak genangan air imbas dari saluran drainase nan mulai menyempit, perlu adanya pembenahan, pasalnya, memasuki bulan Januari – Maret BPBD Kabupaten Karawang memprediksi curah hujan mulai tinggi.

Kontributor Karawang : Dyka

Editor: Abdul Kholilulloh

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita