Hal-Hal yang Patut Diketahui Mengenai Andromax R2

Sedang Trending 6 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Smartfren baru mengeluarkan smartphone terbarunya lagi ialah Andromax R2, bagus tidak sih?

Hal-Hal nan Patut Diketahui Mengenai Andromax R2

Kalau sedang membicarakan smartphone biasanya tidak ada habis-habisnya. Semakin banyak merek-merek nan maju bersaing. Merek Smartfren asal Indonesia nan satu ini juga tidak mau kalah. Diiringi dengan kesuksesannya mengeluarkan ponsel Andromax R pada tahun 2015 lalu, Smartfren kembali merilis Andromax R2 pada bulan Februari 2016 kemarin.

Smartphone ini berukuran 142.2 x 70.6 x 7.7 mm. Ukuran layar (5.0 inci) nan ditawarkan juga lebih mini jika dibandingkan dengan rata-rata smartphone lainnya (5.5 inci). Harga dari ponsel ini juga hanya lebih mahal dua ratus ribuan dari smartphone pendahulunya, tepatnya nilai Smartfren Andromax R2 adalah Rp 1.699.000, namun kalian bisa mendapatkan promo lebih murah di Bhinneka.

Bagi kalian nan penasaran seperti apa spesifikasi, keunggulan, serta kelemahan dari Andromax R2 bisa langsung saja dicek di sini.

Spesifikasi Smartfren Andromax R2

Ukuran layar 5 inci IPS OGS
Resolusi layar 1280 x 720 dan kerapatan 294 ppi (piksel per inci)
Kamera belakang 13 MP f/2.0 dengan dual LED flash
Kamera depan 5 MP f/2.2 dengan LED flash
Prosesor Snapdragon 415, CPU octa-core 1.4 GHz Cortex A53, dan GPU Adreno 405
RAM 2 GB
Memori internal 16 GB (bisa ditambah hingga 32 GB)
Baterai 2320 mAh
Sistem operasi OS Android v5.0 (Lollipop)
Fitur lainnya 4G LTE, dual-SIM, Dolby Digital Plus
Harga (Mei 2016) Rp 1.699.000

Keunggulan Smartfren Andromax R2

(Gambar oleh Smartfren) (Gambar oleh Smartfren)

Desain dengan frame metal
Keunggulan Andromax R2 bisa terlihat dari material bentuk frame pada smartphone ini. Frame terbuat dari metal sungguhan, bukan plastik nan menyerupai metal. Desain keseluruhan juga terlihat sangat mewah dan tegas. Andromax R2 juga didesain untuk kenyamanan menggenggam pengguna.

Prosesor oke, speaker Dolby juga mantap
Dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 415 octa-core prosesor 1,4 GHz dan RAM sebesar 2 GB, serta dilengkapi dengan GPU Adreno 405, Andromax R2 bisa menjalani beberapa game HD berat seperti Asphalt 8 Airborne, dan memutar video berbobot HD.

Selain itu, speaker dari smartphone ini menggunakan Dolby Digital Plus nan menghasilkan output bunyi nan sinematik apalagi ketika kalian sedang menggunakan headset. Output bunyi juga tidak pecah andaikan volume ponsel dikencangkan hingga maksimal. Namun jika tanpa headset, volume speaker Andromax R2 termasuk kecil.

Kamera dengan tiga LED flash
Kamera belakang mempunyai resolusi 13 MP dengan dual LED flash dan kamera depannya mempunyai resolusi 5 MP dilengkapi dengan fitur wide angle. Keunikan dari sisi kamera pada smartphone ini adalah jumlah flashnya nan melampaui smartphone umumnya, ya Andromax R2 mempunyai tiga LED flash. Kualitas foto nan dihasilkan sangat jelas dengan ketajaman detil pada ruangan tertutup.

Konektivitas VoLTE 4G
Andromax R2 merupakan smartphone asal Indonesia pertama nan menyediakan VoLTE 4G (Voice Over LTE). Jaringan LTE ini memungkinkan kalian untuk menelepon dengan kualitas bunyi dan video call nan sangat jernih. Jauh lebih nyaman dibandingkan dengan menggunakan konektivitas 3G biasa.

Ukuran memori dan RAM sangat memadai
Smartfren menyediakan memori internal sebesar 16 GB dan kalian juga diberikan memori eksternal mencapai 128 GB. Selain itu, kapabilitas RAM 2 GB nan disediakan sangat luas untuk menampung aktivitas kalian menggunakan ponsel sehari-hari.

Kelemahan Smartfren Andromax R2

Web-R2-02_04_03(Gambar oleh Smartfren)

Bodi plastik dan layar kurang terang

Walaupun kreasi terlihat mewah dengan frame metal, namun Andromax R2 tetap mempunyai kecacatan di bagian kreasi khususnya di bagian belakang. Bagian belakang smartphone dilapisi permukaan kaca nan mudah menyebabkan pembekasan sidik jari. Di bawah terik sinar matahari, kalian juga bakal kesulitan memandang layar lantaran kurang terang.

Kapasitas baterai kecil
Kekurangan nan paling menonjol dari smartphone ini adalah jumlah kapabilitas baterainya nan tergolong sangat kecil, hanya 2320 mAH. Baterai Andromax R2 tidak bisa memperkuat seharian dan hanya bisa memperkuat beberapa jam saja andaikan kalian pakai untuk bermain game HD.

Cepat panas dan laggy
Smartphone menjadi overheat (panas) andaikan digunakan untuk bermain terlalu lama. Suhu awal smartphone ini adalah 41 derajat Celcius dan dapat meningkat seiring beratnya penggunaan. Selain itu, di beberapa game HD, Andromax R2 lumayan sering mengalami lagging nan mungkin bisa bikin kalian tidak nyaman jika belum terbiasa.

4G hanya untuk SIM Smartfren
Walaupun dilengkapi dengan dual SIM, namun SIM nan mendukung jaringan 4G LTE di smartphone ini hanyalah SIM CDMA Smartfren itu sendiri. Jika Anda tidak menggunakan SIM Smartfren, maka SIM lain hanya mendukung jaringan GSM saja.

Tidak ada NFC
Kekurangan lainnya pada ponsel ini adalah Andromax R2 belum mengenal teknologi NFC. NFC adalah Near Field Communication nan memungkinkan kalian untuk berbagi info secara langsung dengan smartphone lainnya nan mendukung NFC juga. Secara gamblangnya, NFC mirip dengan konsep Apple Airdrop dimana kalian bisa langsung mengirim alias menerima info tanpa medium aplikasi manapun.

Kesimpulan

Secara keseluruhan. Smartfren Andromax R2 sudah memberikan kualitas nan baik dan mencukupi dengan nilai dibawah 2 juta. Bisa dibandingkan dengan smartphone lain nan seharga seperti Lenovo A6000 dan Xiaomi Redmi 2 dimana mereka hanya mempunyai RAM sebesar 1 GB, chipset nan tetap kalah unggul dibandingkan Smartfren Andromax R2, dan kapabilitas baterai nan tetap di bawah Andromax R2. Namun nan kudu diperhatikan adalah jika mau kecepatan 4G LTE, maka jaringan nan bisa digunakan hanyalah Smartfren.

Jika spesifikasi dan fitur smartphone Smartfren Andromax R2 sudah sesuai dengan kebutuhanmu, Anda bisa membelinya dengan nilai potongan nilai loh!

Semoga bermanfaat!^^

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka