Gitar Akustik Senar Nilon VS Senar Baja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Gitar akustik merupakan jenis gitar nan paling sering digunakan untuk mereka nan baru mulai belajar bermain gitar. Ada beberapa argumen kenapa gitar akustik cukup digemari, pertama gitar tersebut dijual dengan nilai lebih terjangkau dibanding gitar listrik, terutama bagi Anda berpikir belum saatnya memerlukan sebuah amplifier.

builders-reserve-v-taylor-guitars-amp-hero-1Alat Musik Gitar

Alasan kedua tetap ada hubunganya dengan argumen pertama,  ialah gitar akustik hanya butuh lebih sedikit aksesoris. Karena tidak memerlukan amplifier, membikin gitar akustik lebih mudah dibawa kemanapun sekaligus bisa langsung dimainkan. Pada dasarnya gitar akustik bisa disebut sebagai instrumen klasik, namun seiring meningkatnya skill Anda dalam memainkan gitar, ada baiknya Anda kemudian mentransfernya pada gitar listrik.

1426694Bermain Gitar

Hampir semua gitar akustik jika diperhatikan terlihat mempunyai luas dan besar nan sama dan tersedia dalam beragam macam model, semuanya dengan konstruksi, fitur dan dimaksudkan untuk tujuan penggunaan berbeda. Namun, gitar akustik ini terbagi dalam dua golongan utama, ialah gitar senar nilon alias terkadang disebut dengan gitar klasik alias spanyol dan gitar senar baja.

Gitar Senar Nilon

Gitar senar nilon nan disebut gitar klasik alias spanyol erat kaitannya dengan gitar enam senar. Gitar ini biasanya mempunyai tubuh nan lebih mini dari saudaranya nan menggunakan senar baja meski ada juga beberapa pengecualian.  Nama nilon merujuk pada bahan senar nan terbuat dari nilon nan lebih tipis dari senar baja.

Gitar Akustik Senar NilonGitar Akustik Senar Nilon

Getar senar nilon lebih disarankan sebagai gitar pertama bagi Anda nan baru mulai belajar bermain gitar. Salah satu argumen utama adalah lantaran gitar tersedia dalam beragam ukuran seperti setengah, tiga perempat alias empat perempat ukuran. Anak usia 8 tahun mungkin bakal kesulitan memainkan gitar ukuran penuh, lantaran body dan leher gitar bisa jadi lebih besar sehingga tidak bisa dijangkau tangan mereka. Sebaliknya orang dewasa bisa jadi kurang menyukai gitar separuh ukuran.

Alasan lain gitar senar nilon merupakan pilihan terbaik bagi pemula, lantaran senar nilon lebih lembut dibanding senar baja, sehingga lebih nyaman dimainkan jari pemain gitar pemula lantaran umumnya jarang dimainkan menggunakan pick gitar. Kelemahan gitar akustik dengan senar nilon adalah leher gitar nan condong menjadi sedikit lebih lebar dan gendut jika dibanding gitar senar baja, sehingga terkadang menyulitkan mereka dengan ukuran tangan nan kecil. Selain itu, gitar senar nilon kurang terkenal untuk jenis musik pop dan rock.

Gitar Senar Baja

Gitar senar baja sering disebut juga sebagai gitar folk dan tidak diragukan lagi merupakan jenis gitar akustik paling populer. Daya tarik utama dari gitar senar baja adalah sering digunakan sebagai instrumen musik pop dan rock. Jadi Anda bisa belajar memainkan lagu favorit dengan gitar tersebut sehingga menghasilkan suara  nan sama seperti rekaman asli. Selain itu, gitar akustik senar baja mempunyai leher ramping dengan jarak antara senar dengan fingerboard nan lebih dekat sehingga tidak perlu terlalu ditekan.

Taylor-Guitars-114ceGitar Senar Baja

Namun, senar baja gitar akustik umumnya mempunyai corak lebih tebal dari model tali nilon dan mungkin sedikit berat bagi anak-anak alias gitaris dengan ukuran tubuh nan mungil. Sebenarnya tersedia model nan lebih kecil, tapi harganya sedikit lebih mahal. Meski gitar senar baja bisa dimainkan langsung dengan jari tapi gitar tersebut lebih sering dimainkan dengan pick alias plectrum gitar.

See More: Gitar Akustik

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka